Review Indodax, Jual Beli Koin Mudah Untuk Pemula

Baru-baru ini nampaknya investasi cryptocurrency sedang digandrungi oleh banyak orang, termasuk bagi mereka yang masih awam di dunia investasi sekalipun. Kripto mejadi primadona sebab jika tepat maka keuntungan yang diperoleh bisa ratusan persen hanya dalam jangka waktu beberapa hari saja, bahkan bisa jadi dalam hitungan jam. Namun bagimanakah cara memulai investasi tersebut? kamu bisa mencobanya di salah satu platform exchange kripto seperti Indodax. Dan inilah review Indodax yang bisa kamu pelajari terlebih dahulu.

Indodax sendiri mulanya bernama Bitcoin Indonesia yang berdiri pada tahun 2014 oleh Oscar Darmawan dan William Sutanto, kemudia pada tahun 2018 resmi berganti nama menjadi Indodax (Indonesia Digital Asset Exchange). Sebagai marketplace aset kripto, Indodax pernah menempati posisi keempat terbaik se dunia.

Secara sederhana dapat diartikan bahwa Indodax adalah sebuah markerplacenya aset kripto, disana kamu bisa dengan bebas membeli atau menjual salah satu jenis kripto tersebut. Di Indodax sendiri setidaknya ada 190 lebih aset digital yang diperdagangkan mulai dari bitcoin, ethereum, binance, dan lain sebagainya. Untuk melakukan registrasi atau pembuatan akun Indodax memang sedikit rumit, ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapakan misalnya yakni foto KTP.

review indodax

Review Indodax : Mudah dan Aman

Selain registrasinya yang memang cukup rumit serta harus didukung dengan identitas asli, Indodax sebagai platform investasi keuangan juga sudah terdaftar di Bappebti sehingga soal jaminan keamanan tidak diragukan lagi. Bagi kamu yang penasaran, berikut ulasan atau review Indodax secara singkat, termasuk tentang bagaimana cara mudah membuat akun Indodax.

Cara membuat akun di Indodax

Untuk membuat akun di Indodax kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya di www.Indodax.com atau menggunakan aplikasi yang bisa di download di playstore. Sebelum proses verifikasi tahap awal yang harus kamu lakukan ialah mengisi data yang meliputi username, alamat email, nomor handphone, dan kata sandi. Selanjutnya jika semua data tersebut sudah benar silahkan cek email masuk untuk mengaktivkan akun Indodax.

Kini kamu sudah memiliki akun di Indodax, namun yang perlu diperhatikan ialah selama akun tersebut belum terverifikasi maka kamu tidak bisa melakukan deposit, withdrawal, dan membeli atau menjual koin. Adapun cara atau langkah untuk melakukan verifikasi akun ialah seperti berikut ini.

  1. Jika kamu menggunakan aplikasi silahkan pilih menu akun maka akan muncul menu verifikasi, namun jika menggunakan browser di internet menu verifikasi ada dibagian kiri.
  2. Upload foto KTP dan foto wajah dengan ukuran maksimal 3 Mb.
  3. Lengkapi data diri dengan benar.
  4. Jika sudah terisi semua silahkan klik tombol “kirim data” di bagian paling bawah.

Kemudian kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa verifikasi data tersebut diterima atau ditolak melalui email. Proses verifikasi biasanya membutuhkan waktu kurang dari 12 jam. Sebagai catatan bahwa pengguna Indodax yang terverifikasi harus berusia minimal 18 tahun.

Cara deposit dan membeli koin

Setelah proses verifikasi disetujui maka secara otomatis kamu sudah bisa melakukan deposit. Ada beberapa metode untuk melakukan deposti, diantaranya ialah dengan melalui e-wallet seperti OVO, ShopeePay, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa melakukan deposti melalui transfer bank dan ritel alfamart. Agar lebih mudah sebaiknya gunakan rekening bank virtual account BCA atau Mandiri, dengan menggunakan metode ini kamu juga tidak dikenakan biaya tambahan.

Untuk deposit atau setor rupiah ke akun Indodax minimalnya ialah 10 ribu rupiah. Sedangkan agar tidak terkena fee saat melakukan deposit menggunakan virtual account minimal yang harus disetorkan ialah 500 ribu rupiah. Dan yang perlu diperhatikan ialah nama pemilik rekening sebaiknya sama dengan data diri yang ada di akun Indodax.

Jika kamu sudah memiliki saldo di dompet Indodax maka dengan sangat mudah kamu sudah bisa membeli salah satu atau lebih dari jenis kripto yang diperdagangkan. Ada beberapa fitur menarik saat kamu melakukan trading kripto di Indodax, misalnya yakni terdapat fitur analisa chart untuk menganalisa harga dan stop loss sehingga kamu tidak harus selalu memantau perkembangan harga. Kamu bisa menentukan sendiri diharga berapa secara otomatis membeli atau menjual koin-koin tersebut.

Biaya di Indodax

Beberapa jenis transaksi di Indodax ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk yang gratis yakni deposit rupiah dan jual beli aset digital dengan sistem maker, sedangkan untuk penarikan saldo rupiah ke rekening dan jual beli aset digital menggunakan sistem taker kamu akan dikenakan fee.

Fee atau biaya yang harus kamu keluarkan untuk satu kali penarikan saldo ke rekening minimalnya ialah 25 ribu, sedangkan untuk jual beli aset digital atau koin yang kamu miliki menggunakan sistem taker ialah 0,3%.

Bagi kamu yang masih awam di dunia trading kripto mungkin masih belum paham tentang apa itu maker dan taker. Maker ialah proses jual beli koin dengan harga yang ditentukan sendiri, sedangkan taker ialah proses jual beli koin dengan harga menyesuaikan apa yang ada di situs atau aplikasi Indodax.

Keunggulan Indodax

Diantara platform marketplace aset kripto yang lain Indodax termasuk dalam kategori bagus dan sangat direkomendasikan. Ini tak lain sebab hanya memiliki minim ulasan negatif dan justru Indodax sendiri memiliki beberapa kelebihan, diantaranya ialah seperti dibawah ini.

  1. Sistem keamanan menggunakan kode OTP sms dan Google Authenticator.
  2. Proses deposit dan withdraw tergolong sangat cepat, jika tidak ada kendalan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.
  3. Diawasi oleh negara dalam hal ini ialah Bappebti.
  4. Customer service ramah dan siap menjawab segala permasalahan atau kendala yang ada.
  5. Ada banyak pilihan koin yang bisa dijual belikan.

Kesimpulan

Sejauh ini Indodax merupakan marketplace asaet digital yang paling aman dan memiliki berbagai macam fitur dengan cara penggunaan yang sangat mudah. Bagi kamu yang masih awam di dunia investasi kripto tentu tidak begitu mengalami kesulitan, apa lagi didukung dengan komunitas yang sangat besar sehingga di sana kamu bisa saling sharing dan tukar pengalaman.

Beberapa kerugian atau kesalahan biasanya disebabkan oleh ketidak tahuan user terkait dengan investasi kripto. Maka sebaiknya sebelum melakukan aktivitas jual beli aset digital kamu pelajari terlebih dahulu hal tersebut, termasuk yang terkait dengan beberapa istilah yang sering digunakan seperti hold, chart, blockchain, dan lain sebagainya.

Dan inilah bagian penting yang harus kamu perhatikan. Meskipun berpotensi mendapat profit dengan jumlah banyak, namun investasi kripto termasuk jenis investasi yang sangat beresiko. Maka kamu wajib menggunakan uang dingin, sehingga saat nilai aset digital tersebut turun kamu bisa tetap tenang melakukan trading dan tidak menggangu kebutuhan lain.

Itulah sedikit ulasan atau review Indodax secara singkat. Sebagai saran tambahan mulailah investasi dengan angka yang tidak terlalu banyak terlebih dahulu. Semoga informasi ini bermanfaat dan kamu menjadi trader kripto yang sukses.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar