Review Hosting Indonesia, Ini Yang Perlu Anda Tahu

Ketika Anda ingin mempublikasikan konten Anda melalui blog atau website, maka Anda membutuhkan “rumah” sebagai tempat untuk menyimpan konten dan file. Disinilah users memerlukan web hosting yang terpercaya bagi website yang Anda miliki. Namun users wajib berhati-hati ketika memilih layanan hosting terbaik dan biasanya users mencari melalui review hosting Indonesia karena review berisi ulasan berbagai macam web hosting dan juga poin penting mengenai cara menemukan dan mendapatkan hosting terbaik.

review hosting Indonesia

Apa yang Perlu Dicek dan Dilihat Dalam Review Hosting Indonesia?

Terdapat banyak sekali review hosting Indonesia di internet dan masing-masing forum biasanya akan membahas tentang kelebihan maupun kekurangan layanan web hosting dari setiap brand terkenal di Indonesia. Ulasan itu bisa cukup banyak dan terkadang justru tidak membantu users sama sekali dan semakin membuat mereka bingung. Guna menemukan web hosting terbaik 2021 sesuai dengan review, cobalah untuk menyadari kebutuhan yang Anda inginkan lebih dulu akan website yang dibuat.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Fokus dengan hal penting yang menjadi prioritas bagi website Anda karena sesungguhnya, kebutuhan dasar untuk membuat website begitu banyak. Tapi karena Anda ingin mencari web hosting, maka cobalah untuk lebih spesifik tentang keinginan yang Anda mau antara lain:

  • Platform apa yang akan digunakan untuk dapat membuat website?
  • Seperti apa isi konten dari website yang Anda buat, apakah konten lebih banyak berisi video dengan kualitas resolusi tinggi pada gambarnya atau lebih banyak gambar animasi saja?
  • Dari mana asal visitor yang mengunjungi dan mampir pada website Anda?
  • Seberapa sering Anda membutuhkan backup untuk data file?
  • Apakah layanan pendukung lain yang Anda perlukan?
  • Apakah layanan web hosting itu akan mendukung selama 24 jam dengan komunikasi lengkap atau hanya melayani pada jam operasional saja?

Anda bisa menjadikan pertanyaan yang ada di atas sebagai bahan acuan sebelum memutuskan untuk menggunakan hosting tertentu demi website Anda. Bila semua daftar kebutuhan yang Anda inginkan sudah lengkap, maka Anda baru bisa mencari beragam review dan cari tahu tentang masing-masing brand web hosting yang Anda inginkan sesuai rekomendasi di dalamnya sehingga tidak perlu mencari satu per satu melainkan bisa fokus pada hosting yang berkualitas.

Poin Penting yang Harus Dilihat dari Review Hosting Indonesia

Memilih hosting terbaik melalui review hosting Indonesia 2021 bukan berarti hanya melihat harga yang murah saja. Banyak fitur yang harus Anda lihat dan cek. Harga murah tidak menjamin Anda memperoleh semuanya dengan lengkap dan belum tentu fiturnya berkualitas. Inilah beberapa poin penting dari review yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih hosting sebagai “rumah” yaitu:

  • Tidak ada setup fee sama sekali

Di dalam review tentang hosting, Anda pasti akan menemukan sebagian layanan hosting yang meminta biaya setup atau biaya pemasangan hostingnya ketika Anda membeli. Jangan pernah tertipu dan jangan pernah mau membayar sepeserpun sebab hampir semua penyedia layanan web hosting yang baik tidak akan memberikan setup fee sama sekali untuk seluruh konsumen. Dapat dikatakan bahwa setup fee ini merupakan biaya yang konyol dan seharusnya tidak perlu ada sama sekali.

  • Bandwidth dan storage atau disk space yang unlimited

Tidak ada yang suka dengan adanya kuota terbatas di dalam hosting mereka apalagi jika users memiliki banyak file yang mau mereka simpan. Bahkan Anda pasti akan sebal pula jika paket internet yang Anda pilih memiliki kuota tertentu dan Anda pasti akan mencoba menghemat sebelum masa berlaku periodenya habis.

Tapi paket internet tidak sama dengan paket web hosting. Saat ini, dapat dikatakan masing-masing brand web hosting berlomba dan bersaing menyediakan penyimpanan atau storage dan bandwidth yang unlimited atau tidak terbatas.

Namun bukan berarti unlimited itu bisa selalu tidak terbatas karena resource yang memiliki label unlimited tetap memiliki adanya batasan dan jika melampaui batas maksimumnya, maka website users akan disuspend. Bila Anda bingung dengan kata “unlimited” di dalam storage dan bandwidth, maka tanyakan pada CS di dalam web hosting atau baca aturan secara langsung sehingga memahami makna sesungguhnya dari unlimited.

  • Ada garansi uang kembali

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa jadi Anda merasa sudah menemukan layanan hosting terbaik dan menyewanya atau membelinya namun setelah menggunakannya selama beberapa waktu, Anda menyadari ada sesuatu yang mengecewakan dari fitur di dalamnya atau kecewa dengan seluruh pelayanan yang diberikan oleh provider tersebut.

Bila Anda tidak mau menyesal, maka cobalah mencari provider yang memberikan garansi uang kembali minimal 30 hari atau sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Jangan pernah langsung setuju hanya karena Anda melihat terdapat tulisan garansi sebab Anda harus membaca lebih dulu klausul mengenai pengembalian uang. Mayoritas provider yang memiliki garansi hanya akan mengembalikan biaya hosting sementara biaya domain tidak.

  • Carilah provider yang memiliki banyak review positif dari konsumen

Mengingat Anda mencari provider web hosting melalui review, maka cobalah menemukan testimoni yang positif dari para konsumen. Pilih provider yang paling banyak menerima ulasan paling baik dan feedback yang positif dari para penggunanya. Konsumen yang senang dan puas dengan pelayanan pasti akan memberikan pengalaman mereka secara langsung pada situs forum itu maupun sumber lain dan mengatakan apa saja poin positifnya.

Namun dari sekian banyak review yang ada, tidak semuanya menggunakan web hosting itu karena ada sebagian dari mereka yang “sengaja” dibayar untuk mengulas web hosting itu. Artinya, Anda harus benar-benar menemukan review yang dibuat asli oleh para pengguna.

  • Memilih harga pelayanan web hosting yang rasional

Meskipun tadi sekilas disebutkan bahwa jangan tergiur dengan harga murah, bukan berarti Anda harus mencari web hosting yang mahal. Tentu yang murah menjadi salah satu incaran terbaik. Jika berbicara mengenai paket shared hosting, biasanya harga rasional berkisar diantara 50ribu per bulan atau bisa lebih murah. Jikalau lebih mahal, maka harganya tidak terlalu jauh selisihnya dari rata-rata shared hosting yang lainnya.

Sementara bila memilih hosting yang asalnya dari luar negeri, harga rata-ratanya adalah sekitar $5 per bulan. Perhatikan pula tentang harga renewal atau harga perpanjangan dari web hosting tersebut. Saat ini, semua penyedia atau provider web hosting berlomba untuk memberikan potongan harga untuk Anda yang melakukan purchasing hosting kali pertama.

Namun diskon biasanya hanya untuk pembelian awal saja dan tidak akan berlaku untuk perpanjangan hostingnya. Provider yang terbaik akan sangat terbuka dan transparan mengenai harga. Mereka akan menginformasikan kepada Anda harga normal yang perlu dibayar ketika Anda melakukan renewal hosting.

Tapi bandingkan lagi harga renewal satu hosting dengan yang lain dan jangan sampai Anda diminta untuk membayar lebih mahal sebanyak 3 kali lipat atau lebih.

Untuk masalah fitur yang ada didalam cPanel itu sebenarnya relatif, karena yang paling penting ialah kehandalan server dalam menerima trafik besar, database, FTP, email, cron job. Selebihnya bisa dibilang tidak terlalu penting, walau beberapa kali kia membutuhkan fitur tersebut.

Apa Itu CPanel?

cPanel adalah salah satu alat pengaturan atau control panel untuk web hosting dengan basis linux yang menyuguhkan GUI (graphical user interface) serta tools otomatis, semua fitur yang tersedia pada cPanel akan sangat membantu dan memudahkan dalam proses mengontrol server hosting untuk keperluan website.

Perusahaan Web Hosting Indonesia

Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan web hosting terbaik yang sudah sangat berpengalaman sejak puluhan tahun. Review mengenai perusahaan tersebut pun sangat mudah Anda temui di internet. Penasaran dengan perusahaan web hosting di Indonesia? berikut ialah ulasan singkatnya.

1. Jagoan Hosting

Di Jagoan Hosting Anda bisa mendapatkan paket cloud hosting dengan harga sewa 45 ribu perbulan, harga tersebut juga sudah termasuk domain untuk alamat website. Selain hosting, Jagoan Hosting juga menyediakan beberapa paket VPS dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa membaca terlebih dahulu review tentang Jagoan Hosting.

2. Niagahoster

Harga suatu hosting tentu sangat mempengaruhi spesifikasi dari hosting itu sendiri, maka jangan heran jika di Niagahoster ada paket unlimited hosting yang dibandrol dengan harga 10 ribu perbulan. Paket tersebut hanya cocok untuk Anda yang mengelola website dengan skala kecil.

Apa Itu Niagahoster?

Niagahoster adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang penyedia server hosting dan domain yang mulai beroperasi pada tahun 2014, hingga saat ini niagahoster masih konsisten memberikan layanan terbaik yakni hosting murah 2021.

3. Idcloudhost

Meski belum terlalu lama di dunia web hosting, Idcloudhost merupakan perusahaan web hosting terbaik yang sudah dipercaya beberapa perusahaan besar seperti JNT, Baznas, Pertamina, dan masih banyak lagi. Ada banyak pilihan paket hosting yang bisa Anda sewa di website Idcloudhost.com.

Itulah ulasan tentang review hosting Indonesia dan tiga perusahaan web hosting yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda. Semoga Informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar