Rekomendsi Template Untuk Website Sekolah Berbayar yang Profesional

Sekolah merupakan salah satu institusi pendidikan yang akan menciptakan generasi penerus bangsa. Sebagai salah satu tempat untuk mendidik para siswa, tentu saja sekolah sebaiknya memiliki situs resmi atau websitenya sendiri. Apalagi sekarang merupakan zaman digital dan berbagai informasi diperoleh masyarakat melalui internet. Selain cara membuat website sekolah memang cukup mudah, ada pula template untuk website sekolah yang bahkan dapat dimiliki secara gratis untuk mendesain website sehingga menarik untuk dilihat.

Template Untuk Website Sekolah

Pentingnya Template Untuk Website Sekolah yang Profesional

Website sekolah biasanya berisi mengenai profil sekolah, guru-gurunya, prestasi akademisnya, sejarah sekolah, informasi akademis hingga kegiatan yang digelar di sekolah. Website ini bukan hanya diperuntukkan untuk dapat menunjukkan sebaik apa kualitas akademik yang sekolah itu miliki saja melainkan juga menjadi brand atau wajah dari sekolah itu supaya lebih dikenal masyarakat dan menjadi kepercayaan. Dengan kata lain, masyarakat bisa menilai sendiri dari website tersebut.

Belum lagi sekarang ini masih marak belajar di rumah secara online mengingat virus Covid-19 yang masih belum mereda sehingga website tentu diperlukan oleh sekolah guna menjadi sarana komunikasi dan informasi untuk para murid dan orang tua.

Sekarang ini website juga dapat dibuat dengan lebih profesional dan mampu mewakili sekolah sehingga ketika memasuki website itu, masyarakat tahu bahwa ini merupakan sekolah yang dimaksud karena terdapat perbedaan.

Gunakan template untuk website sekolah apabila ingin memperoleh tampilan yang profesional. Mungkin Anda merasa bingung karena di internet memiliki banyak sekali jenis template profesional yang dapat diterapkan ke dalam website yang mereka bangun.

Akan tetapi, tidak semua template itu rupanya kompatibel dengan kebutuhan maupun desain dari website sekolah yang Anda bangun sehingga cobalah untuk menggunakan aplikasi maupun mengunjungi website khusus template.

Memilih Template Untuk Website Sekolah Lengkap Dengan Keunggulannya

Hanya dengan mengetikkan template untuk website sekolah saja di kolom kata kunci mesin pencari Google, Anda sudah bisa menemukan banyak referensi yang dapat digunakan dalam mendesain website sekolah yang profesional dan terlebih lagi, ada beberapa pilihan entah itu berbayar atau yang gratis. Pilihan manapun boleh saja Anda gunakan selama itu sesuai dengan keinginan dan inilah beberapa referensi template yang dapat Anda pilih dengan tema yang profesional antara lain:

  • Pearson dari Astra

Salah satu tema atau template yang cocok untuk website sekolah yang profesional dengan tampilan elegan adalah Pearson dari Astra. Bahkan tema yang satu ini telah diunduh dan dipasang di sekitar 1,3 miliar website yang ada di seluruh dunia. Template yang satu ini memiliki fitur yang cukup memukau dan dapat dikatakan bahwa template yang berasal dari Astra ini dikategorikan sebagai template berbayar yang terpopuler di Indonesia nomor tiga.

Salah satu penyebab mengapa tema yang satu ini selalu terkenal dan banyak digunakan adalah karena mempunyai performa yang tidak ada tandingannya khususnya jika berbicara mengenai kecepatan dalam mengakses websitenya dan tidak berat sama sekali sehingga kinerja website pun juga lebih baik.

Kemudian keunggulan lainnya juga muncul di dalam penggunaan termasuk kustomisasi dari plugin yang fleksibel bahkan banyak pula template lain yang dapat diedit sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Ada empat pilihan template yang cocok untuk dijadikan template website sekolah. Tampilannya lebih ringan, bersih dan juga responsif. Inilah beberapa keuntungan lain menggunakan template Astra yaitu:

  1. Bisa mengaplikasikan page builder
  2. Tidak membutuhkan kode HTML sama sekali untuk kustomisasi menggunakan WordPress Customizer
  3. Cocok untuk SEO
  4. Website memiliki kecepatan yang begitu maksimal
  5. Bisa diintegrasikan dengan menggunakan Yoast, Toolset, LearnDash, WooCommerce, Beaver Builder maupun Elementor
  6. Bisa pula diintegrasikan dengan mengguakan LifterLMS untuk dapat menjangkau murid lebih banyak lagi
  7. CS yang support dan juga banyak informasi ditemukan di bagian FAQ
  8. Akses menuju fitur yang mudah mengikuti panduan dari WCAG 2.0 yang cocok pula digunakan untuk mereka para penyandang disabilitas
  9. Terdapat garansi 14 hari uang kembali ketika pertama kali memakainya
  10. Open Source bahkan 100% sehingga bisa dikembangkan lebih transparan lagi di Github
  • University dari Neve

Neve dikenal memiliki beragam jenis tema untuk edukasi termasuk sekolah. Akan tetapi, jika Anda ingin website sekolah yang dibangun itu memiliki tampilan yang terlihat cerdas, bersih namun tetap elegan, maka University ini menjadi rekomendasi yang cocok untuk Anda gunakan.

Di dalam tema yang satu ini, telah tersedia beragam jenis halaman yang lengkap mengenai website untuk pendidikan atau sekolah. Contohnya terdapat halaman informasi mengenai jenjang dari pendidikan, registrasi, tour video, jurusan bahkan testimoni atau pendapat dari para alumni disana pun juga bisa terpampang.

Untuk segi responsif dari template ini, tidak perlu diragukan lagi karena tema ini benar-benar mendukung beragam tampilan untuk jenis device yang berbeda-beda baik itu horizontal maupun vertikal. Ini dikarenakan Neve begitu kompatibel dengan sistem AMP sehingga performa dari website itu pun di Googel dinilai lebih baik lagi. Berikut beberapa keunggulan dari template Neve:

  1. Selain kompatibel untuk AMP, template ini pun dikatakan mobile friendly
  2. Memiliki kustomisasi dari layout yang cukup fleksibel untuk memudahkan setting atau pengaturan di dalamnya
  3. Memiliki tema yang ringan dan tidak membebani website ketika diakses sehingga performa dari website pun juga jauh lebih cepat lagi dibandingkan sebelumnya
  4. Bisa diintegrasikan pula dengan menggunakan WooCommerce
  5. Kompatibel pula dengan plugin editor layaknya Divi, SiteOrigin, Visual Composer, Beaver Builder, Brizy, Elementor dan lainnya
  6. Terdapat while label yang digunakan untuk branding situs itu dan memiliki fitur multilingual di dalamnya
  7. Bisa mendeteksi adanya kesalahan atau error sebelum melakukan update untuk dapat meminimalisir adanya kerusakan yang mungkin disebabkan oleh perubahan versi
  8. Cocok untuk SEO atau SEO friendly
  9. Terdapat bantuan langsung dari email bahkan hanya dapat waktu satu hari saja dan memiliki prioritas dukungan atau support yang tinggi untuk member pro
  10. Panduan dokumen lengkap plus memiliki jumlah video tutorial lebih dari 200
  11. 30 hari garansi uang kembali setelah pemakaian pertama apabila ada kerusakan
  • Eikra dari Radius Theme

Tampilan tema ini cukup profesional dan intuitif dimana semua jenjang dan siapapun Anda bisa menggunakan tema yang satu ini mulai dari universitas, sekolah, kursus online hingga e-learning website. Ini dikarenakan Eikra itu bisa diintegrasikan pada LMS LearnPress.

Untuk dapat mengkustom tampilannya, maka Anda akan memperoleh fitur yang dikenal dengan Redux dan Visual Composer. Selain itu keunggulan lain yang ada di dalam tema ini yaitu:

  1. Tema sangat kompatibel untuk WooCommerce, Contact Form 7, Layer Slider, Visual Composer dan Elementor
  2. Proses instalasinya begitu mudah bahkan cukup dengan 1 kali tekan saja dan templat demo ini pun akan langsung terpasang di dalam website WordPress milik Anda
  3. Terdapat pula lebih dari 20 add ons dari Visual Composer
  4. Bantuan CS selama 15 jam setiap harinya melalui Skype dan email
  5. Terdapat homepage dengan 12 pilihan plus page layout lebih dari 30
  6. Cocok untuk semua device ditambah lagi begitu responsif dengan lebih dari 20 header website yang dapat dipilih
  7. SEO Friendly dan juga bisa dipasangkan dengan aplikasi zoom meeting

Jadi, manakah template untuk website sekolah yang Anda pilih? Semuanya mungkin berbayar namun untuk kualitas situs sekolah yang profesional di mata masyarakat, tentu saja Anda harus menciptakan situs terbaik.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar