Rekomendasi Stabilizer HP Dibawah 1 Hingga 3 Juta

Pernah bermimpi menjadi seorang videografer profesional? Berkhayal menjadi vlogger terkenal? Namun tidak punya kamera bagus dan mahal? Jangan risau karena sekarang smartphone memiliki kamera yang tak kalah bagus dengan kamera mirrorles atau DSLR. Tapi, video yang dihasilkan dengan kamera HP mungkin akan lebih shaky ataupun bergoyang-goyang seperti gempa. Untuk itulah diperlukan yang namanya Stabilizer HP ataupun yang biasa disebut gimbal.

Stabilizer terlalu mahal? Jangan risau, karena artikel kali ini akan memberikan rekomendasi stabilizer HP yang pastinya sesuai dengan budget. Mulai dari stabilizer HP murah, hingga stabilizer yang cukup mahal semuanya akan diulas disini. Langsung simak saja artikelnya.

Stabilizer hp

HargaDibawah 1 Juta Rupiah

Untuk para vlogger pemula, beberapa stabilizer HP murah dibawah ini wajib dicoba karena harganya sesuai dengan budget, yaitu hanya dibawah 1 jutaan saja. Berikut ulasannya:

  • FunSnap Capture 2

Di daftar pertama untuk gimbal atau stabilizer HP dengan kisaran harga dibawah 1 juta rupiah ada merk FunSnap Capture 2. Dengan harga yang tidak sampai sejuta, gimbal ini memiliki fitur fitur unggulan seperti fitur face tracking, long exposure, panorama, hingga efek filter beauty pun ada dalam gimbal satu ini. Build quality dari stabilizer ini pun tidak boleh diremehkan.

Keunggulan lain dari gimbal ini adalah kompatibel dengan semua jenis smartphone, baik itu Android maupun iOS. Cara menggunakannya pun sangat mudah, tinggal letakkan smartphone ke dalam penjepit dan sesuaikan. Gimbal ini memiliki 3 mode yaitu Walk, Sport, dan Extreme. Dengan baterai 4000 mAh, stabilizer ini diklaim dapat digunakan hingga 12 jam lamanya.

  • Moza Mini S

Penantang selanjutnya di segmentasi harga dibawah 1 juta rupiah adalah Moza Mini S. Dengan harga murah meriah, gimbal ini begitu populer di kalangan videografer pemula. Stabilizer smartphone yang satu ini memberikan kemudahan dalam memakainya, yaitu cukup letakkan HP ke dalam penjepit kemudian hidupkan gimbal, maka secara otomatis gimbal akan menyesuaikan posisi smartphone.

Kaya akan fitur merupakan salah satu kelebihan gimbal ini. Mulai dari macro focus, timelapse, auto-follow, dan masih banyak lagi. Kontrol gimbal ini juga mudah karena menggunakan joystick. Kekurangannya mungkin hanya pada kapasitas baterainya yang hanya bisa digunakan selama 3-4 jam.

  • Brica B-Steady

Stabilizer HP dibawah 1 jutaan berikutnya ada Brica B-Steady. Merek asal Taiwan ini cocok digunakan para vlogger pemula karena ukuran yang ringkas dan simpel. Selain untuk HP, stabilizer ini juga bisa digunakan untuk action cam. Gimbal ini cukup fleksibel karena bisa melakukan panning hingga 330 derajat, tilting hingga 325 derajat serta kemampuan rolling hingga 180 derajat.

Stabilizer HP ini juga bisa melakukan auto track face atau object yang sedang direkam. Dengan baterai 4000 mAh, gimbal ini bisa bertahan hingga 12 jam serta mampu menampung beban hingga 250 gram.

Harga Antara 1-2 Juta rupiah

Jika daftar diatas tadi ditujukan bagi para vlogger yang baru terjun, deretan gimbal dibawah ini merupakan gimbal yang wajib dicoba bagi para vlogger yang menginginkan fitur lebih. Berikut ulasannya:

  • Zhiyun Smooth 4

Datang dari brand yang cukup ternama dalam pasar persaingan stabilizer HP, Zhiyun Smooth 4 dibanderol dengan harga yang sangat murah dibandingkan brand sejenisnya dengan harga yang sama. Zhiyun Smooth 4 hadir dengan desain yang terlihat premium dan nyaman saat digenggam. Gimbal yang satu ini cukup fleksibel dibawa bepergian karena bisa dilipat dan dimasukkan ke saku.

Fitur baru yang hadir dalam gimbal ini adalah dengan adanya focus wheel yang memudahkan dalam melakukan zoom in serta zoom out serta menciptakan efek dolly zoom dengan lebih mudah. Fitur object tracking gimbal ini juga sudah lebih presisi dan akurat. Disamping itu mode yang ditawarkan juga sangat beragam. Baterai gimbal ini bisa tahan digunakan hingga 10 jam lamanya.

  • DJI Osmo Mobile 2

Tak ketinggalan brand terkenal DJI juga ikut meramaikan pasar. Adalah DJI Osmo Mobile 2 yang merupakan upgrade dari DJI Osmo Mobile generasi pertama. Sekilas penampilannya tak jauh beda dengan pendahulunya. Namun, DJI mengklaim bahwa gimbal ini merupakan versi lebih baik dari versi sebelumnya. Ini dibuktikan dengan banyaknya fitur baru yang ditambahkan dalam gimbal ini.

Mode baru yang ada didalam gimbal ini diantaranya adalah Timelapse, Motion Lapse, dan Hyperlapse. Tak usah khawatir akan masalah daya, karena stabilizer HP ini bisa bertahan hingga 15 jam pemakaian. Gimbal ini bahkan bisa digunakan sebagai power bank untuk mengisi daya perangkat lain.

  • Moza Mini Mi

Selanjutnya ada Moza Mini Mi yang mempunyai build quality terbaik serta fitur wireless charging yang bahkan tidak dimiliki banyak gimbal lain. Gimbal ini bisa melakukan Rolling 310 derajat, Panning 360 derajat, dan Tilting 165 derajat. Moza Mini Mi mempunyai controller lengkap, ada joystick yang bisa dipakai untuk menggerakkan smartphone, lalu ada juga dial wheel, bisa digunakan untuk zoom-in zoom-out.

  • Brica B-Steady Pro

Sesuai namanya Brica B-Steady Pro merupakan versi upgrade dari Brica B-Steady. Dilengkapi dengan 3-axis motor, baterai tahan lama, dan mini tripod, menjadikan stabilizer gimbal ini begitu menarik. Stabilizer gimbal dapat dengan mudah melacak wajah dengan fitur face tracking, melacak gerakan dengan motion tracking dan melacak objek dengan object tracking.

Pengguna juga dapat dengan mudah melakukan zoom in dan zoom out hanya dengan satu sentuhan tombol dari stabilizer. Gimbal ini memiliki baterai sebesar 3600 mAh yang bisa digunakan hingga 12 jam. Gimbal ini bisa melakukan 600° panning, 320° tilting, dan 320° rolling.

Harga 2-3 jutaan

Nah, jika dua list di atas ditujukan untuk para pemula, maka untuk list yang ketiga ini ditujukan bagi para vlogger yang sudah benar benar serius menekuni dunia vlogging. Berikut ulasannya:

  • Feiyu Tech G6 Plus

Untuk kisaran harga 2-3 juta, salah satu gimbal yang paling bagus adalah Feiyu Tech G6 Plus. Tak hanya bisa digunakan di smartphone, gimbal ini juga bisa digunakan untuk kamera mirrorless dengan bobot yang tidak terlalu berat. Bodi yang solid serta kemampuan splashproof membuat gimbal ini tahan digunakan di segala kondisi. Motor yang halus serta aplikasi yang optimal sangat cocok untuk digunakan berlama-lama.

Yang membuat stabilizer ini semakin mudah digunakan adalah karena adanya monitor OLED di bagian handle yang berguna untuk melihat informasi ataupun status gimbal. Dilengkapi juga dengan wifi dan bluetooth yang bisa digunakan secara bersamaan. Gimbal ini memiliki kapasitas baterai yang sangat besar yaitu 5000 mAh yang dapat dipakai hingga 12 jam non-stop.

  • Zhiyun Crane M2

Terakhir ada Zhiyun Crane M2 di kategori 2-3 jutaan. Gimbal ini juga termasuk kedalam gimbal all-in-one yang dimana bisa digunakan untuk kamera saku, action cam, smartphone, serta kamera mirrorless. Zhiyun Crane M2 bisa menampung beban hingga 720 gram dengan bobotnya sendiri yaitu 500 gram. Stabilizer ini sangat compact untuk dibawa travelling karena ukurannya yang pas di tangan.

Zhiyun Crane M2 memiliki 6 mode perekaman yaitu, Pan Follow (PF), Full Follow (F), Lock (L), Point-of-View (POV), Vortex, Selfie, dan GO mode. Tak ketinggalan pula fitur-fitur keren lain seperti efek video time-lapse, panorama, slow-motion, vertigo, maupun dolly zoom. Kapasitas baterai gimbal ini bisa dipakai hingga 7 jam dan dapat dicas dengan powerbank. Simpel sekali bukan?

Jadi, itulah tadi beberapa rekomendasi stabilizer HP dengan harga murah dan cukup mahal yang dapat digunakan untuk menstabilkan video pada smartphone. Semoga dengan membaca artikel ini semakin menambah referensi dan menambah pengetahuan. Selamat mencoba!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar