Rekomendasi Speaker Bluetooth Portable Praktis Digunakan

Ada kalanya anda harus mengadakan kegiatan outdoor dan membutuhkan pengeras suara, bukan? Mungkin, anda juga perlu menghubungkan perangkat atau gadget seperti ponsel ke speaker, namun tidak ada jaminan kalau ada kabel penghubung yang sesuai antara perangkat anda dengan speaker. Oleh sebab itu, menggunakan speaker bluetooth portable adalah pilihan yang cerdas, karena ponsel anda bisa terhubung dengan speaker kapan saja dan di mana saja.

Jika anda kerap melakukan kegiatan di luar ruangan dan jauh dari rumah, maka jenis speaker yang anda butuhkan juga berbeda. Misalnya adalah speaker bluetooth portable. Seperti namanya, speaker ini mudah dibawa ke mana-mana karena ukurannya yang kecil, namun fungsinya tetap sama dengan speaker yang digunakan saat berada di rumah.

Rekomendasi Speaker bluetooth

Speaker Bluetooth : Memilih Sesuai Kebutuhan Anda

Terkait teknologi speaker, ada beberapa brand yang sudah cukup terkenal di pasaran. Di antaranya adalah JBL, Sony, Samsung, Denon, Anker, dan sebagainya. Masing-masing brand hadir dengan spesifikasi yang berbeda dan kisaran harga yang berbeda pula. Tentunya, tidak mudah memilih satu dari sekian banyak pilihan yang ada di pasaran.

Namun setidaknya, ada beberapa faktor yang perlu anda pertimbangkan saat memilih speaker bluetooth, baik yang tipe portable maupun yang biasa. Kecuali dicobakan secara langsung, anda tidak bisa mengetahui kualitas suara speaker. Jika anda melakukan pembelian secara online, maka sebaiknya perhatikan beberap aspek yang mempengaruhi kualitas suara, antara lain:

  • Codec

Yakni sistem yang bekerja mengubah atau memadatkan sumber suara. Fitur codec sangat penting karena sumber sara dikirim melalui bluetooth dari smartphone. Ada beberapa codec yang dikenal, seperti SBC, apt-X, LDAC, dan AAC. Jika anda menginginkan speaker bluetooth portable yang memiliki kualitas suara baik, sebaiknya pilih speaker yang compatible dengan codec. Namun sebagus apapun codec tersebut, tidak ada artinya jika tidak didukung oleh perangkat pengirimnya. Jadi pastikan codec pada speaker tersebut kompatibel dengan perangkat anda.

  • Radiator pasif

Fitur ini perlu diperhatikan jika anda menginginkan speaker yang menghasilkan suara bass. Ada yang menyatakan bahwa 80% dari kualitas suara pada bluetooth speaker dipengaruhi oleh radiator pasif.

  • Pemakaian tenaga listrik

Aspek ini perlu diperhatikan jika anda akan menggunakan speaker di luar ruangan. Semakin besar watt yang menunjukkan output speaker, semakin besar suara bass yang dihasilkan. Pilihlah speaker dengan output minimal 5 watt, atau bahka 20 watt jika akan digunakan untuk acara seperti live house atau pertunjukan outdoor.

  • Pilihlah speaker dengan profil stereo

Untuk menghasilkan suara 3 dimensi, speaker jenis stereo memang lebih mahal. Namun harganya sebanding dengan kualitas suara yang dihasilkan.

  • Tahan air dan debu

Fitur tambahan seperti spesifikasi tahan air dan debu, terutama jika speaker digunakan untuk keperluan outdoor. Speaker dengan fitur IPX5 cukup tahan, misalnya, jika terkena gerimis kecil, namun tentunya tidak untuk air mengalir.

  • Daya tahan baterai

Aspek ini penting untuk speaker portable penggunaan outdoor, karena adakalanya acara yang anda adakan berlangsung lebih lama dari perkiraan.

  • Versi Bluetooth

Ini juga penting diperhatikan. Disarankan anda memilih speaker yang didukung Bluetooth minimal Versi 4.0.

Mungkin tidak semua fitur di atas anda butuhkan. Sekali lagi, pastikan speaker bluetooth portable yang anda pilih sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

4 Rekomendasi Speaker Bluetooth Portable

Jika anda sedang mencari speaker bluetooth portable yang menghasilkan kualitas suara baik, beberapa opsi berikut mungkin dapat menjadi pertimbangan:

1. JBL Flip 4

Kapabilitas brand JBL tentunya tidak diragukan lagi dalam hal teknologi audio. Salah satu rekomendasi speaker Bluetooth yang harganya cukup terjangkau adalah JBL Flip 4. Speaker ini dibandrol kurang dari Rp. 1.650.000. Beberapa kelebihan yang diitawarkan, antara lain:

  • Terdapat fitur anti-air, anti-pasir, dan anti-debu, dibuktikan dengan sertifikat IPX8. Jadi, JBL Flip 4 adalah pilihan yang ideal untuk keperluan outdoor. Bahkan, speaker ini diklaim bisa tahan dalam air selama 30 menit, kedalaman 1 meter!
  • Desain sederhana, cocok untuk penggunaan mobile
  • Nilai daya 8 watt
  • Konektivitas Bluetooth versi 4.2
  • Daya tahan baterai hingga 12 jam
  • Meminimalisir noise

Namun, speaker ini juga masih memiliki kekurangan, yakni tidak ‘bekerja sama’ dengan speaker JBL lain. JBL Flip 4 dilengkapi fitur JBL Connect+, jadi tidak bisa digunakan bersamaan dengan speaker versi sebelumnya yang menggunakan JBL Connect.

2. JBL Charge 4

Masih dari brand JBL, pilihan berikutnya adalah JBL Charge 4. Speaker portable ini dibanderol lebih mahal, namun masih di bawah Rp. 3 juta. Jika anda mencari speaker dengan baterai yang lebih awet dan ketahanan lebih, maka inilah rekomendasinya.  Speaker ini memiliki baterai yang cukup awet, yakni sekitar 20 jam bermain. Protek anti-air juga dilengkapi sertifikat IPX7. JBL Charge 4 bisa disambung tanpa kabel (nirkabel) dengan 2 perangkat sekaligus.

3. Sony SRS XB40 Powerful Bass

Siapa sih yang meragukan kualitas produk-produk dari Sony? Jika anda sedang mencari speaker Bluetooth dengan output bass berkualitas tinggi untuk penggunaan outdoor dalam waktu lama, maka inilah salah satu rekomendasi terbaiknya.  Sony SRS XB40 Powerful Bass didukung teknologi LDAC, yang sangat handal dalam hal kualitas audio. Fitur lainnya adalah:

  • Anti-air, berkat dukungan desain IPX5.
  • Konektivitas Bluetooth versi 4.2, NFC
  • Baterai tahan lama, hingga durasi pemakaian selama 24 jam

Namun, kelemahannya adalah tidak dilengkapi fitur pengendali jarak jauh. Jadi, pengaturan musik tetap dilakukan manual. Selebihnya, speaker Bluetooth ini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan anda, termasuk untuk mini-party di rumah. Dengan banderol harga kurang dari Rp. 4 juta, anda bisa mendapatkan speaker berkualitas dari brand ternama dunia.

4. Sharp Pro Series

Bagi anda pecinta karaoke, maka Sharp Pro Series CBOXPRO10UBB dapat menjadi pilihan. Speaker ini dilengkapi 2 port untuk microphone, sehingga anda bisa karaoke duet dengan keluarga atau teman. Kualitas suara yang dihasilkan juga lebih akurat dan seimbang, berkat dukungan teknologi Carbon Kevlar dan MDF material. Fitur lainnya adalah:

  • Konektivitas Bluetooth, USB, dan SD Card. Jadi, speaker ini bisa terkoneksi dengan berbagai jenis perangkat.
  • Fitur dancing light, untuk menambahkan kesenangan saat berkaraoke.

Kekurangan dari speaker bluetooth ini adalah desainnya yang bongsor, sehingga kurang cocok dibawa kemana-mana. Dengan banderol harga sekitar Rp. 1,9 juta hingga Rp. 2,2 juta, anda bisa menghadirkan kebahagiaan dan kekompakan di rumah melalui karaoke bersama.

Pada kenyatannya, masih banyak speaker bluetooth yang bisa anda pilih, baik tipe portable maupun tidak. Speaker portable cocok untuk anda yang mobile, namun anda harus benar-benar memperhatikan fitur dan teknologi di belakangnya sebelum menjatuhkan pilihan. Demikian juga dengan speaker Bluetooth untuk keperluan indoor. Sekali lagi, perhatikan betul kegunaannya, sehingga anda bisa mengambil keputusan dengan bijak.

Itulah ulasan tentang rekomendasi speaker bluetooth

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar