Rekomendasi Software Anti Malware Dari yang Gratis dan Berbayar

Rekomendasi Software Anti Malware Dari yang Gratis dan Berbayar

Ada banyak motif yang berbeda-beda mengapa seseorang menciptakan malware, namun yang pasti mereka bertujuan ingin merusak sistem komputer atau leptop orang lain. Itulah alasan mengapa software anti malware harus Anda gunakan, apa lagi jika terdapat data penting yang tersimpan di dalam laptop tersebut.

Jika suatu laptop atau komputer sudah terserang malware, ini akan cukup merepotkan dan sangat berbahaya. Tindakan yang tidak bertanggung jawab tersebut seringkali berdampak pada sistem perangkat yang menjadi eror atau pencurian data.

Malware sendiri biasanya bisa masuk saat perangkat yang Anda gunakan terhubung dengan koneksi internet. Misalnya yakni ketika mendownload sesuatu seperti aplikasi, video, atau jenis file yang lain. Selain itu malware juga bisa menyerang dengan memanfaatkan email untuk mengirim link atau menggunakan web phising.

software anti malware

Bagamima Menghindari Malware?

Faktor yang paling penting agar komputer terhindar dari malware ialah dengan membiasakan beberapa hal misalnya seperti memperbaharui perangkat lunak, mengupdate anti virus, dan menghindari klik hyperlink saat menggunakan browser di internet. Selain itu Anda juga perlu membackup file-file penting, agar file tersebut tetap aman meskipun perangkat komputer yang digunakan terserang malware.

Membuka browser di internet atau mengunjungi suatu website memang menjadi pintu utama masuknya malware. Oleh sebab itu untuk menghindari serangan malware, ada baiknya Anda juga harus lebih berhati-hati sebelum mengunjungi website yang tidak familiar atau mendownload apa pun. Jika tidak tahu bagaimana cara mengidentifikasi situs yang mencurigakan, Anda bisa menanyakan ke teman atau mengunjungi situs Google Transparency Report.

Selain menggunakan beberapa cara seperti di atas untuk menghindari malware, Anda juga bisa memanfaatkan software anti malware untuk pencegahan masuknya malware ke laptop atau komputer. Dan berikut ialah contoh software anti malware yang bisa Anda gunakan.

7 Rekomendasi Software Anti Malware

Nah, untuk menjaga laptop atau komputer agar tetap aman, Anda perlu menggunakan software anti malware yang tepat. Apa sajakah software tersebut? Berikut rekomendasinya yang terangkum dalam 7 software anti malware terbaik.

MalwareBytes

Diurutan pertama untuk mengatasi serangan malware Anda bisa menggunakan MalwareBytes. Software yang satu ini memang terbukti sangat mampu mengatasai serangan malware, bahkan lebih sering digunakan untuk memperbaiki perangkat komputer/laptop yang sudah terserang. Bagi pelaku bisnis atau untuk keperluan komputer di perusahaan tentu tidak ragu menggunakan software ini.

MalwareBytes sendiri tersedia dalam dua versi yakni untuk personal dan business. Anda juga bisa memilih menggunakan MalwareBytes secara gratis maupun berbayar, namun tentu jika memilih yang gratis ada beberapa keterbatasan. Untuk hasil yang lebih maksimal Anda bisa memilih yang versi berbayar saja.

Norman Malware Cleaner

Software anti malware berikutnya yang bisa Anda andalkan ialah Norman Malware Cleaner. Ada banyak fungsi dari software yang satu ini, diantaranya ialah untuk meperbaiki fungsi firewall, mengamankan komputer/laptop dari malware, memperbaiki registry yang rusak, dan masih banyak lagi.

Software anti malware yang satu ini memang memiliki banyak kelebihan, yang paling terasa ialah kemapuan untuk medeteksi secara otomatis ketika terjadi serangan malware pada komputer. Dengan menggunakan software ini Anda juga tidak perlu khawatir dengan kerusakan file akibat malware atau virus, sebab Norman Malware Cleaner mampu mengembalikan file seperti semula.

Emsisoft

Meskipun bisa digunakan secara gratis, namun beberapa fitur yang ada di Emosoft juga tidak kalah menariknya dengan software berbayar. Bahkan dengan menggunakan software yang satu ini komputer/laptop yang Anda gunakan bisa terkontrol kemanaanya secara realtime. Selain untuk mencegah serangan malware, Emsisoft juga bisa di andalkan untuk menangkal virus.

Emsifoft sendiri memiliki berbagai macam produk dan layanan, diantaranya ialah Emsisoft Anti-Malware Home, Emsisoft Business/Enterprise Security, Emsisoft Management Console, Emsisoft Commandline Scanner, Emsisoft Emergency Kit, dan Emsisoft Mobile Security. Anda bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan kebutuhan.

Cybereason Ransom

Software anti malware dengan logo yang menyerupai kepala burung hantu ini juga sudah terbukti mampu melindungi perangkat komputer/laptop dari berbagai tidak kejahatan, terutama serangan virus maupun malware. Apa lagi di era yang serba digital seperti saat ini, bagi Anda yang terbiasa melakukan transaksi keuangan secara online, memasang softrware anti malware seperti Cybereason merupakan hal yang sangat penting.

Cybereason Ransom sendiri merupakan salah satu program yang sangat spesialis menangani virus trojan dan serangan yang berbahaya dari ransomware. Bagi Anda yang ingin menggunakan Cybereason, bisa menggunakan akun demo terlebih dahulu agar lebih familiar. Yang terpenting Anda sudah menyiapkan alamat email dan nomor telepon yang masih aktif, untuk proses registrasi.

Sophos Home

Anti malware berbayar yang satu ini sudah cukup familiar di kalangan para penggiat cyber security. Namanya menjadi sangat populer sebab kemampuannya yang memang tidak diragukan lagi. Dan yang lebih menarik meskipun terdapat piihan berbayar, Anda tetap masih bisa mendownload dan menggunakan Sophos Home secara gratis.

Kelebihan yang paling terlihat dari Sophos Home ialah kemampuannya untuk mendeteksi web phising secara cepat. Selain itu Sophos Home juga sangat tanggap dengan aktivitas yang mencurigakan, sehingga keamanan laptop saat terkoneksi dengan internet lebih terjamin. Meskipun demikian Anda juga harus tetap waspada saat mengklik tautan atau link yang terlihat tidak wajar.

BitDefender

Rekomendasi untuk menangkal malware selanjutnya ialah Anda bisa menggunakan BitDefender. Selain untuk mengatasi malware, software ini juga bisa berfungsi sebagai scaning virus serta menghapusnya secara berkala di perangkat komputer/laptop yang Anda gunakan. Seperti virus trojan maupun spyware.

Seperti beberapa rekomendasi software anti malware yang lain, BitDefender selain bisa digunakan dengan gratis Anda juga bisa memilih versi yang berbayar. Khusus untuk versi yang berbayar tentu memiliki banyak fitur tambahan, misalnya yakni fitur keamanan browsing menggunakan Add-in Search Advisor dan melindungi dari ransomware.

Iobit

Menggunakan teknologi serupa dengan yang digunakan BitDefender menjadikan software ini memiliki kemampuan yang menarik untuk Anda coba. Namun sepertinya Anda juga harus memasang anti virus lain, sebab Iobit lebih fokus dan pada serangan malware saja. Dengan menggunakan Iobit maka file di komputer/laptop bisa terkunci secara aman.

Anda bisa membeli atau menikmati secara gratis software ini di website resminya yakni dengan mengunjungi situs www.iobit.com.com. Dan untuk versi terbaru dari software ini sudah support digunakan di berbagai seri Windows, bahkan hingga Vista dan XP.

Itulah ulasan tentang rekomendasi software anti malware yang bisa Anda gunakan, selain dari 7 software di atas tentu ada beberapa lagi yang menarik untuk diulas. Namun diantaranya itulah yang terbaik dan yang banyak direkomendasikan oleh website lain juga. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda. Tetaplah waspada dengan kejahatan di dunia maya, agar data atau file penting tetap tersimpan dengan aman.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Rekomendasi Software Anti Malware Dari yang Gratis dan Berbayar