Rekomendasi Reksadana Syariah Terbaik Indonesia

Di zaman yang sekarang ini investasi menjadi simpanan penting untuk masa depan. Berbagai jenis investasi bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan reksadana menjadi salah satu jenis investasi yang menawarkan kemudahan bagi investornya. Nah, jika Anda tertarik untuk berinvestasi dengan reksadana, rekomendasi reksadana syariah terbaik berikut bisa membantu.

Reksadana syariah menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk berinvestasi. Kemudahan dan dana yang sangat terjangkau inilah yang menjadikan reksadana populer sebagai tabungan masa depan. Selain itu, konsep halal dan bebas riba menjadi keunggulan reksadana syariah dibandingkan produk reksadana lainnya.

reksadana syariah terbaik

Rekomendasi Reksadana Syariah Indonesia

Keinginan masyarakat untuk berinvestasi dengan konsep tanpa riba sedang populer di Indonesia. Hal inilah yang membuat berbagai perusahaan keuangan menyediakan produk reksadana syariah untuk menjadi pilihan para investor.

Berinvestasi dengan reksadana syariah memiliki risiko yang kecil dan pastinya keuntungan yang didapatkan bisa dijadikan simpanan masa depan. Menariknya, reksadana syariah sudah dijamin halal dan kesyariatannya oleh Dewan Pengawas Syariah Majelis Ulama Indonesia.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan reksadana syariah, ada beberapa rekomendasi reksadana syariah yang bisa dipilih. Ada baiknya, Anda juga memperhatikan track record perusahaan penyedia reksadana syariah. Nah, berikut ini reksadana syariah terbaik di Indonesia.

1. MNC Dana Syariah

Dirilis pada bulan Juni 2006, MNC Dana Syariah menjadi salah satu reksadana syariah Indonesia yang patut diperhitungkan. Dikelola oleh PT MNC Asset Management dan PT Bank Negara Indonesia (Persero), MNC Dana Syariah berhasil mencetak imbal hasil sebesar 4,52 persen dan 3 tahun 19,82 persen.

MNC Dana Syariah menjadi pilihan yang tepat karena memiliki pedoman bebas unsur riba dan gharar. Jenis investasi ini memiliki tujuan untuk menjaga pertumbuhan investasi tetap stabil.

2. Simas Syariah Unggulan

Simas Syariah Unggulan merupakan reksadana syariah milik PT Sinarmas Asset Management yang telah dirilis sejak bulan Agustus 2014. Reksadana ini Anda dapat berinvestasi dengan aman dan dapat memperoleh pendapatan jangka panjang yang menguntungkan.

Dalam 3 tahun terakhir, Simas Syariah Unggulan mampu memperoleh keuntungan sebesar 22,4 persen. Dalam perkembanganya, saham reksadana ini ada di Bank BRI Syariah Tbk, PT Integra Indocabinet Tbk, PT M Cash Integrasi Tbk, PT Multistrada Arah Sarana Tbk, dan PT HK Metals Utama Tbk sebagai top holding Simas Syariah Unggulan.

3. Simas Syariah Berkembang

Bersamaan dengan Simas Syariah Unggulan, Simas Syariah Berkembang juga diluncurkan pada bulan Agustus 2014. Dalam pengelolaannya, reksadana syariah terbaik ini bekerjasama dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk.
Keuntungan dari reksadana ini cukup lumayan jika Anda berinvestasi di sini.

Dalam kurun 3 tahun sendiri, imbal dari reksadana ini mencapai 14,39 persen. Dari keuntungan ini, reksadana Simas Syariah Berkembang menanamkan sahamnya di top holding PT Bank BRI Tbk, PT Astra Internasional Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Mandiri (Persero), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero).

4. Bahana Likuid Syariah

Bahana Likuid Syariah merupakan salah satu reksadana syariah Indonesia yang diluncurkan oleh PT Bahana TCW Investment Management pada bulan Januari 2015. Reksadana ini cukup menguntungkan karena pada 20 Mei 2019 telah mencetak imbal sebesar 5,87 persen. Reksadana syariah ini bekerjasama dengan bank kustodian Standard Chartered Bank yang labanya cukup untuk tabungan di masa depan.

Dalam perkembangannya, Bahana Likuid Syariah menanamkan deposito di Bank Sinarmas Syariah, Bank Sumut Syariah, BPD Riau Kepri Syariah, Bank Syariah Bukopin Syariah, dan Bank Muamalat. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di Bahana Likuid Syariah, Anda bisa membeli dan menjualannya kembali minimal Rp100.000,-.

5. Emco Barokah Syariah

Reksadana yang dirilis oleh PT Emco Asset Management. Bank kustodian terbesar dari reksadana ini adalah Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan nilai NAB terendah 1.208 dan tertinggi 1.264 yang membuat investasi cenderung stabil setiap tahunnya.

Dalam setahun terakhir, reksadana syariah terbaik ini mampu menghasilkan imbal hasil sebesar 4,57 persen. Nah, jika Anda tertarik untuk berinvestasi di sini, Anda bisa berinvestasi pada instrumen pasar Uang Syariah, Surat Berharga Syariah, dan Deposito Syariah.

6. BNP Paribas Pesona Syariah

Jika Anda ingin mencari reksadana syariah dengan imbal hasil lebih dari 5 persen, BNP Paribas Pesona Syariah bisa menjadi salah satu rekomendasinya. Dengan keuntungan mencapai 7,23 persen, reksadana ini memiliki nilai NAB sebesar 2.590,5.

Menariknya, untuk bisa berinvestasi di reksadana ini, tidak dicantumkan besaran menimal bagi yang ingin berinvestasi. Meski begitu, keuntungan yang didapatkan dapat menjadi investasi yang besar. sebagai portofolionya, BNP Paribas Pesona Syariah menanamkan sahamnya di PT Astra Internasional Tbk, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), dan PT Unilever Indonesia Tbk.

7. Batavia Dana Saham Syariah

Reksadana ini sudah diluncurkan sejak bulan Juli 2007. Telah mengelola dana lebih dari Rp139 miliar, Batavia Dana Saham Syariah ini menjadi rekomendasi investasi terbaik Indonesia.

Dalam pengelolaannya, Batavia Dana Syariah telah menanamkan saham investasi ke berbagai perusahaan ternama Indonesia. Portofolio salah satu reksadana syariah terbaik ini di antaranya PT Unilever Indonesia Tbk, PT Astra Internasional Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Hanya saja, untuk sekarang ini nilai imbasnya agak menurun, yaitu tidak lebih dari 2 persen.

8. TRIM Syariah Saham

Jika Anda mencari reksadana paling menguntungkan, TRIM Syariah Saham menjadi jawabannya. Diluncurkan oleh PT Trimegah Asset Management, TRIM Syariah Saham telah dirilis sejak tanggal 27 Desember 2006.

Nilai imbas dari reksadana ini cukup besar, yaitu sebesar 11,26 persen dan berjalan stabil di tiap tahunnya. Beberapa perusahaan yang menjadi tujuan sahamnya adalah PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT Excelcomindo Pratama, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, dan PT Unilever Indonesia Tbk. Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di reksadana ini, Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp100 ribu saja.

9. CIMB Principal Islamic Equity Growth Syariah

Reksadana syariah ini diluncurkan oleh PT Principal Asset Management pada bulan September 2007. Dengan nilai imbas mencapai 5,36 persen, CIMB Principal Islamic Equity Growth Syariah mampu mengelola dana lebih dari Rp136,464 miliar.

Sebagai portofolio investasi, reksadana ini telah menanamkan dananya di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT Astra Internasional Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, dan PT Unilever Indonesia Tbk. Hanya dengan dana Rp100 ribu saja, Anda sudah bisa berinvestasi di reksadana ini.

10. Sucorinvest Sharia Equity Fund

Dengan nilai imbas mencapai 15,45 persen, reksadana ini telah diluncurkan pada November 2007. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di reksadana ini, Anda bisa menyisihkan dana Rp100 ribu saja. Sebagai portofolio investasi reksadana ini, meliputi PT Buyung Poetra Sembada Tbk, PT Samindo Resources Tbk, dan PT Aneka Tambang Tbk.

Nah, melihat reksadana syariah terbaik di atas apakah Anda berniat untuk berinvestasi untuk tabungan masa depan? Semoga referensi di atas bisa membantu Anda.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar