Rekomendasi Payment Gateway Indonesia

Rekomendasi Payment Gateway Indonesia

Trend belanja online yang semakin marak, terutama bagi masyarakat Indonesia yang diketahui sebagai salah satu pembelanja online paling banyak di dunia, juga mendukung perkembangan online payment gateway Indonesia. Belanja online memang solusi praktis untuk mendapatkan produk idaman Anda tanpa perlu bersusah payah berkunjung ke setiap toko atau mall. Cukup dengan gadget, Anda bisa mencari produk yang dikehendaki pada media social online shop atau marketplace.

Tetapi sayangnya system belanja modern ini masih mempunyai kelemahan yaitu menyulitkan mereka yang tak mempunyai rekening bank atau mbanking untuk melakukan pembayaran. Inilah yang membuat beberapa orang enggan berbelanja online karena harus transfer melalui bank atau atm.

Seller juga harus menunggu bukti transfer untuk dapat memproses pengiriman dan ini bisa memakan waktu cukup banyak. Untuk mengatasi hal ini dibuat platform pembayaran digital atau e-payment gateway. Simak ulasannya.

Rekomendasi Payment Gateway Indonesia

Apa yang dimaksud payment gateway Indonesia?

Yang dimaksud payment gateway adalah platform perantara jual beli online menggunakan aplikasi yang memungkinkan untuk melakukan otorisasi proses pembayaran. Proses ini dapat dilakukan dengan pembayaran secara langsung, transfer antar bank, atau menggunakan kartu kredit.

Payment gateway merancang suatu system ekskripsi kode tunggal untuk mengamankan jual beli e-commerce. Umumnya system ini menerapkan system keamanan Address Verification System (AVS) dengan menyesuaikan data alamat pemegang kartu. Selain itu ada pula system pengamanan Card security code (CV2) dengan meminta kode tiga nomor terakhir kartu kredit atau debit Anda.

Lalu terakhir adalah 3D secure password yang memastikan setiap pembayaran menggunakan kode unik. Aplikasi ini akan memudahkan pembeli atau seller dengan fitur-fiturnya yang tersedia. Aktivitas transaksi pun dapat berjalan lebih efisien serta efektif. Inilah sebabnya platform ini kian popular di tanah air.

System kerja dan rekomendasi payment gateway Indonesia

Misalnya customer melakukan order pada website online shop Anda, berikutnya pemesanan serta system pembayaran akan berlanjut pada proses verifikasi pada bank seller. Proses ini umumnya berjalan dalam hitungan detik saja dan setelah melakukan pembayaran kedua belah pihak akan mendapatkan notifikasi pembayaran berhasil.
Inilah beberapa platform payment gateway yang bisa menjadi referensi Anda dalam menjalankan bisnis online.

1. Doku

Doku dapat dibilang perintis platform payment gateway di tanah air. Saat ini startup dimaksud telah bermitra dengan lebih dari 150.000 merchant yang menyediakan beragam system pembayaran.

Anda dapat memilih metode transfer antar bank, internet banking, DOKU e-wallet, atau mini market yang gampang ditemukan. Doku telah terhubung dengan bank-bank terkemuka di tanah air dan dilengkapi fitur pencarian transaksi dengan berbagai valuta asing.

Aplikasi Doku dapat diundung pada gadget Android atai iOS tanpa biaya bulanan. Untuk setiap transaksi ada fee yang dibebankan. Perusahaan yang telah memulai operasi bisnisnya sejak 12 tahun yang lalu ini dijamin aman dan nyaman digunakan.

2. iPaymu

Aplikasi ini menyediakan aneka fitur pembayaran hingga setoran tunai. iPaymu hingga kini bekerja sama dengan sekitar 50.000 merchant dan menyediakan 26 sistem pembayaran yang dapat menunjang beragam transaksi bisnis Anda.

3. Midtrans

Platform ini dulu bernama Veritrans Indonesia, yang berkonsentrasi dalam pengembangan usaha para pebisnis online dengan system yang terintegrasi pada sebuah dashboard sehingga lebih mudah. Midtrans menyediakan hingga 20 jenis system pembayaran serta metode anti fraud sehingga keamanan kedua belah pihak, seller dan customer lebih terjamin.

4. Winpay

Perusahaan digital ini telah mengantongi perizinan resmi sejak tahun 2018 dari Bank Indonesia serta dipercaya dan digunakan oleh ribuan merchant serta online shop. Winpay merupakan unit usaha dari PT Bimasakti Multi Sinergi yang tergolong pendatang baru. Meski demikian fitur yang tersedia sudah sangat komplit untuk mendukung lancarnya aktivitas transaksi.

5. Finpay

Platform payment gateway Indonesia yang kelima ini didirikan sejak tahun 2006 dan merupakan anak dari PT Telekomunikasi Indonesia. Saat ini Finpay menyediakan beragam fitur yang semakin komplit. Di tahun 2018 saja Finpay sudah menjalin kemitraan dengan lebih dari 90 bank, 800 online merchant, 100 ribu outlet, dan 122 biller.

6. KasPay

Payment gateway ini bernaung di bawah PT Darta Media Indonesia yang dalam operasi bisnisnya menjadi perantara antara pembeli dan seller yang melakukan jual beli pada platform komunitas online terbesar di tanah air, KasKus.

7. FirstPay

Platform ini menyediakan layanan via kartu kredit, e-money, ATM Bersama, serta virtual account. Di sini keunggulannya adalah Anda dimungkinkan untuk melakukan pengecekan pembayaran secara realtime.

8. Xendit

Perusahaan fintech ini didirikan dengan visi sederhana, aman, serta mudah bagi para pelaku bisnis online atau e-commerce. Aplikasi ini memungkinkan untuk menerima pembayaran, melakukan transfer dana, serta menyediakan layanan berbagai fitur transaksi keuangan untuk Anda.

Keuntungan menggunakan payment gateway Indonesia

Untuk Anda yang masih ragu menggunakan aplikasi payment gateway, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan!

1. Seller atau pebisnis online tak perlu membuka banyak rekening bank

System ini memungkinkan seller tidak perlu membuka banyak akun rekening bank. System payment gateway ini telah menyediakan semua rekening dari bank-bank besar Indonesia yang dapat memudahkan customer untuk melakukan transaksi pembayaran untuk tiap order yang dilakukan.

2. Memudahkan perekapan dalam transaksi

Untuk mengetahui profit yang didapatkan dari bisnis yang Anda jalankan tentu setiap periode tertentu Anda melakukan perekapan transaksi dari setiap produk yang dipasarkan. Aktifitas ini dapat dilakukan dengan semakin mudah karena system payment gateway secara otomatis langsung mencatat jumlah produk yang terjual, harga, waktu transaksi, dan sebagainya. Pekerjaan Anda pun akan semakin ringan.

3. Jangkauan sampai ke luar negeri

Inilah aplikasi yang cocok untuk Anda yang sudah siap melebarkan sayap bisnis hingga ke mancanegara. payment gateway ini memungkinkan konsumen Anda untuk membeli produk yang berada di toko luar negeri dengan lebih mudah.

4. Keamanannya terjamin

Seringkali kita lihat dan dengar di berbagai media kasus-kasus kejahatan yang terjadi dengan kedok online shop. Akibatnya konsumen merugi dan trauma berbelanja online. Tentu saja tak semua seller demikian dan keberadaan para penjahat digital ini jelas membuat kesan seller online menjadi buruk.

Untunglah ada fasilitas payment gateway dengan keamanan yang telah teruji dan terjamin. System pengaplikasiannya pun mudah dimonitor dan dilacak secara online. Dengan begitu customer akan lebih mempercayai Anda sebagai online shop yang amanah.

5. Berbelanja praktis tanpa keluar rumah

Keuntungan lainnya dari aplikasi ini adalah memberikan keleluasaan belanja yang lebih praktis dan mudah bagi konsumen, bahkan tanpa perlu keluar rumah. Pelanggan juga tak perlu berdesak-desakan memilih produk yang diinginkan. Keberadaan payment gateway ini kian menunjang eksistensi system belanja masa depan apalagi di masa-masa demikian ini, saat masyarakat dianjurkan untuk tidak keluar rumah.

Untuk mempermudah transaksi online, selain menggunakan beberapa payment gateway seperti di atas kamu juga bisa memanfaatakan beberapa aplikasi kredit tanpa menggunakan kartu.

Nah, semoga informasi tentang payment gateway Indonesia dapat menambah wawasan Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Rekomendasi Payment Gateway Indonesia