Rekomendasi Monitor Gaming dan Tips Memilih yang Terbaik

Rekomendasi Monitor Gaming dan Tips Memilih yang Terbaik

Ada banyak alasan mengapa monitor khusus gaming sangat dibutuhkan bagi Anda yang hobi bermain game menggunakan komputer atau PC. Bukan hanya desain dan tampilan visualnya saja yang nampak lebih menarik, namun terbukti hal tersebut juga mampu membantu meningkatkan performa terbaik bagi seorang gaming.

Beberapa monitor gaming hadir dari brand ternama yang sudah lama terjun di pasar elektronik dan teknologi. Anda bisa memilih salah satu produk dari Samsung, Acer, Dell, LG, atau yang lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Namun tentu dari sekian banyak monitor gaming yang beredar di pasaran, memiliki harga dan kualitas yang berbeda-beda. Lalu, bagaimakah tips memilihnya agar memperoleh yang tebaik? Nah, sebelum membahas tentang rekomendasi monitor gaming terbaik. Kita ulas terlebih dahulu tentang beberapa tips memilih sebelum memutuskan untuk membeli.

Poin Penting Yang Harus Diperhatikan

  • Pertimbangkan ukuran monitor, pilih monitor yang sesuai dengan kebutuhan. Idealnya monitor gaming tidak telalu besar yakni diantara 24 inci atau 32 inci.
  • Minimal beresolusi full HD (1920 x 1080), namun jika Anda memilih monitor yang 32 inci maka pilihlah resolusi yang lebih tinggi juga.
  • Sesuaikan refresh rate dengan platform game yang akan digunakan.
  • Perhatikan skor response time yang diperoleh, semakin kecil ukurannya maka bayangan yang muncul pada layar monitor juga semakin kecil, dan itu sangat membantu performa seorang gaming.
  • Cek jumlah dan tipe terminal input yang digunakan, selaian sudah menggunakan terminal input DVI dan HDMI, Anda juga juga bisa cek kelengkapatan tambahan misalnya seperti ketersediaan DisplayPort dan USB.

Rekomendasi Monitor Gaming

Nah, agar lebih mempermudah Anda memperoleh monitor gaming terbaik dengan berbagaimacam kelebihan dan spesifikasi yang mumpuni, berikut ialah rekomendasi monitor gaming yang bisa dijadikan pilihan.

Samsung ODYSSEY G7

Diurutan pertama Anda bisa memilih salah satu produk dari Samsung, monitor gaming yang satu ini memiliki dua pilihan ukuran yakni 27 inci dan 32 inci. Untuk menghasilkan gambar yang sangat jelas dan lebih detail, Samsung ODYSSEY G7 ini beresolusi 2560×1440 WQHD. Dan tentunya dengan tingkat response speed 1 ms.

Selain itu monitor Samsung ODYSSEY G7 ini juga sudah didukung dengan berbagaimacam fitur andalan, misalnya seperti fitur NVIDIA G-Sync, 1000R Curved Screen, 240hz Refresh rate, dan QLED with Quantum dot.

Dengan berbagaimacam fitur yang menarik dan spesifikasi yang sangat mumpuni, monitor gaming yang satu ini sangat cocok untuk Anda pilih. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun tak jadi masalah jika sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Asus ROG Swift PG259QN

Untuk urusan gaming, kualitas dari Asus ROG memang tak bisa diragukan lagi. Begitu juga dengan Asus ROG Swift PG259QN, sebuah monitor gaming dengan ukuran 24 inci ini yang mengklaim sebagai monitor tercepat di dunia.

Dibekali dengan prosesor NVIDIA G-SYNC menjadikan permainan terasa lebih lancar dan ditambah dengan refresh rate hingga 360 Hz, maka ini tentu sebuah kesempurnaan bermain game bagi para gaming sejati.

Tak puas disektor itu saja, Asus ROG Swift PG259QN juga sudah menggunakan teknologi terbaru yakni ASUS Fast IPS, sehingga mampu memperoleh skor respons 1 mdtk untuk tampilan gambar yang lebih detail dan tajam. Monitor ini juga mengklaim bisa menghasilkan warna yang berbeda dengan monitor game lainnya, tak lain sebab sudah kompatibel dengan HDR10.

AOC 24G2

Pilihan harga yang lebih murah mungkin Anda perlu mempertimbangkan monitor gaming yang satu ini. Meskipun dibandrol dengan harga yang jauh berbeda dengan dua monitor gaming di atas, namun kualitas darii AOC 24G2 juga termasuk sudah lebih dari cukup. Apa lagi jika Anda termasuk gaming pemula.

Dengan ukuran 24 inci dan resolusi full HD menjadikan layar monitor AOC 24G2 ini mampu menyajikan visual yang lebih nyata dan tajam. Belum lagi didukung dengan response time 1 ms dan refresh rate 144Hz.

Anda juga akan terasa lebih nyaman dan betah berjam-jam didepan layar monitro ini, sebab dengan dukungan fitur flicker free technology mata Anda mejadi lebih terlindungi. Beberapa fitur yang lain juga sangat menarik untuk Anda ketahui. Bagaimana, tertarik dengan monitor gaming AOC 24G2?

Dell S2721DGF

Rekomendasi monitor gaming berikutnya yang juga layak untuk Anda pertimbangkan ialah Dell S2721DGF. Monitor ini sangat cocok untuk Anda yang tidak begitu suka dengan layar kecil maupun yang terlalu besar. Pasalnya, Dell S2721DGF memiliki ukuran yang sangat ideal yakni 27 inci. Dengan tambahan vents pada bagian belakangnya.

Untuk menghasilkan performa terbaik saat bermain game, Dell S2721DGF ini juga sudah memiliki response time 1 ms dan refresh rate 165 Hz. Dan tentunya selain sudah included dengan AMD FreeSync Premium, monitor ini juga mendukung NVIDIA G-Sync.

Spesifikasi lainnya ialah seperti panel layar yang menggunakan IPS, resolution 2560 x 1440 at 144 Hz, LED edgelight system, dan lain sebagainya. Soal harga juga tergolong tidak terlalu mahal, yakni dibandrol dengan harga kisaran $360.00 atau setara dengan 5 jutaan.

LG 24UD58-B

LG 24UD58-B merupakan salah satu monitor gaming yang sudah menggunakan layar beresolusi 3840×2160 px dengan harga yang masih sangat terjangkau. Meskipun hanya berukuran 23,8 inci namun Anda tetap bisa menikmati kualitas gambar yang begitu detail dan tajam.

Spesifikasi lain yang perlu Anda pertimbangkan dari monitor ini ialah sudah menggunakan panel IPS, dan perpaduan warna yang lebih luas dengan color gamut NTSC 72%. Kemudian response time 5ms GTG dan refresh rate 60Hz.

Tampilan atau desain dari monitor ini juga terlihat sangat premium dan elegan, padahal di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia LG 24UD58-B hanya dibandrol kisaran harga 4 jutaan. Sangat rekomended bagi Anda para konten kreator yang sesekali menampilkan layar monitor di depan kamera.

Lenovo L24e-20

Ditahun ini Lenove kembali mempersembhakan layar monitor gaming versi terbarunya. Diklaim sebagai layar monitor ekonomis, Lenovo L4e-20 dibandrol dengan harga kurang dari 2 juta. Tentu spesifikasi dan kelebihan dari monitor ini juga berani diadu dengan para kompetitornya dikelas harga yang sama.

Bayangkan saja, dengan harga dibawah 2 jutaan Anda sudah bisa mendapatkan layar monitor gaming yang sudah support dengan AMD FreeSync. Beresolusi 1920×1080 px atau setara dengan Full HD dan tingkat ketajaman warna seluas 72% NTSC. Pastinya ini lebih dari cukup dari sekedar monitor gaming biasa. Belum lagi dengan sederet kelebihan yang belum diulas di artikel ini.

Bagi Anda yang baru mulai mencoba bermain game menggunakan monitor khusus gaming, Lenovo L24e-20 merupakan pilihan yang sangat tepat untuk memulai mencobanya.

Dari 6 rekomendasi monitor gaming di atas, silahkan pilih salah satu yang menurut Anda paling pas dengan kebutuhan dan anggaran dana yang sudah Anda siapkan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Rekomendasi Monitor Gaming dan Tips Memilih yang Terbaik