Rekomendasi Laptop Untuk Pelajar Lengkap Dengan Alasannya

Di era teknologi seperti sekarang ini, penggunaan perangkat teknologi, seperti laptop, bukan lagi merupakan suatu hal baru, termasuk di kalangan pelajar. Malahan, laptop sudah menjadi kebutuhan bagi pelajar, bukan hanya mahasiswa namun juga pelajar SLTA. Pasalnya, sebagian besar tugas di sekolah diharuskan diolah dan dikerjakan menggunakan komputer atau laptop.

Penggunaan laptop untuk pelajar memberi mereka peluang untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilannya, karena banyak hal yang bisa dikembangkan oleh pelajar jika mereka menguasai teknologi.

Laptop untuk pelajar

Memilih Laptop yang Baik untuk Pelajar

Mungkin muncul sebuah pertanyaan, “Apa merek laptop untuk pelajar?” Sebenarnya, tidak ada ketentuan merek atau spesifikasi laptop yang dapat digunakan oleh pelajar. Yang terpenting adalah bahwa laptop tersebut memiliki spesifikasi yang cukup, sesuai kebutuhan. Jika kebutuhan kamu hanya untuk mengetik, mengolah data, atau terhubung ke internet sekali-sekali, maka laptop dengan spesifikasi sederhana mungkin sudah cukup.

Namun, jika kamu juga akan menggunakan laptop untuk blogging, coding, atau pengembangan program, maka mempertimbangkan spesifikasi laptop yang akan digunakan juga sangat penting. Jika laptop tersebut akan digunakan sampai kamu lulus dan mendapatkan pekerjaan, sebaiknya pertimbangkan faktor seperti RAM, memory, CPU, dan komponen inti lainnya saat akan membeli laptop.

Rekomendasi Laptop Untuk Pelajar

Kamu mungkin pernah merasakan bingung ketika ingin membeli laptop sebab terlalu banyak pilihan dari beberapa merek laptop. Nah, dibawah ini ialah laptop dengan spesifikasi dan harga yang kemungkinan masih cocok untuk kalangan pelajang maupun mahasiswa.

1. Lenovo Ideapad s145

Dilihat dari segi spesifikasi dan harga laptop yang satu ini memang sangat cocok untuk para pelajar, berada dikisaran harga 5 juta keatas menjadikan Lenovo Ideapad s145 diburu oleh banyak pembeli. Jika kamu membutuhkan laptop untuk keseharian misalnya mengetik tugas sekolah Lenovo Ideapad s145 sudah sangat mumpuni.

Sebetulnya laptop Lenovo dengan tipe ini juga memiliki beberapa pilihan, tentunya dengan spesifikasi dan harga yang berbeda-beda. Untuk Lenovo Ideapad s145 yang menggunakan RAM 4 GB dan HDD dibandrol denan harga kisaran 5 juta, sedangkan yang menggunakan RAM 4 GB dan storage SSD 256 GB dibandrol dengan harga 6 jutaan.

2. Asus M409BA AMD A4 9125

Siapa yang tak kenal dengan brand laptop asal Taiwan yang satu ini, Asus merupakan salah satu laptop yang masuk ke Indonesia sebelum beberapa merek lain dan berhasil menguasai pasar elektronik. Untuk kalangan pelajar yang membutuhkan kinerja laptop sedang, Asus menawarkan seri M409BA AMD A4 9125.

Seperti Lenovo Ideapad s145 laptop Asus dengan seri ini juga menawarkan banyak pilihan. Diharga 5 jutaan M409BA AMD A4 9125 dilengkapi dengan RAM 4 GB dan SSD 256 GB, sedangkan di harga kisaran 6 juta kamu bisa memiliki laptop yang satu ini dengan RAM 8 GB dan SSD 256 GB.

3. HP 14s-dk0005AU

Tak mau kalah dengan beberapa kompetitornya HP juga meluncurkan laptop dengan harga yang ramah di kantong pelajar. Dibandrol dengan harga 4 juta lebih kamu sudah bisa memiliki laptop keren yang satu ini, dan yang lebih menarik HP 14s-dk0005AU juga sudah dilengkapi dengan fitur keyboard backlight sehingga kamu bisa dengan nyaman mengetik meskipun di ruangan yang minim cahaya.

Untuk spesifikasi singkat HP 14s-dk0005AU sudah dibekali dengan RAM 4 GB dan storage menggunakan SSD 256 GB. Bukan hanya untuk kebutuhan mengetik saja, laptop ini juga cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi edit foto ringan seperti potoshop.

4. Acer Aspire 5 a514-53-3852

Ini juga merupakan laptop yang tak hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan pelajar saja. Dibekali dengan RAM 4 GB dan ruang penyimpanan menggunakan SSD 256 GB serta prosesor Intel Core i3 Acer Aspire 5 a514-53-3852 juga cukup mumpuni untuk keperluan bisnis yang kamu kelola.

Yang menarik dari pembelian produk ini kamu juga secara otomatis mendapatkan free Office Home & Student 2019 yang berlaku seumur hidup. Dibandrol dengan harga kisaran 6 juta lebih Acer Aspire 5 a514-53-3852 juga bisa kamu beli secara online di marketplace seperti Shopee, Bukalapak, atau Tokopedia.

5. Dell Inspiron 3481

Laptop dengan harga kisaran 6 juta yang cocok digunakan untuk pelajar maupun mahasiswa selanjutnya ialah Dell Inspiron 3481. Secara spesifikasi tidak jauh berbeda dengan beberapa merek laptop di atas, namun sayangnya laptop ini masih menggunakan HDD 1TB yang tentu berbeda jika dibandingkan dengan laptop menggunakan SSD.

Soal prosesor Laptop Dell Inspiron 3481 ini sudah menggunakan Intel Core i3. Jika dilihat dari spesifikasi secara lengkap laptop ini seharusnya akan terasa nyaman digunakan untuk kebutuhan office, browsing, dan multimedia skala ringan.

Manfaat Laptop untuk Pelajar

Kemampuan mengoperasikan laptop dan komputer akan memberikan banyak manfaat bagi pelajar. Berikut adalah penjelasan rinci tentang alasan mengapa saat ini laptop sangat dibutuhkan untuk pelajar.

  • Memudahkan pencarian informasi

Bahkan sejak tingkat SLTA, pelajar sudah dituntut untuk menambah pengetahuan dan pengalaman sendiri di luar jam belajar di sekolah. Misalnya, pekerjaan rumah kini tidak lagi semata-mata latihan dari apa yang sudah dipelajari di sekolah. Namun, siswa juga diharapkan mampu mengembangkan logika berfikir dan kemampuan kognitifnya dengan mencari informasi lebih banyak di internet.

Internet adalah gudang informasi. Apapun informasi yang dibutuhkan, semuanya bisa dicari di sini. Siswa bisa menggunakan perangkat seperti laptop dan komputer yang terkoneksi ke internet untuk mencari informasi di dunia maya. Contoh sederhananya adalah tugas membuat makalah atau presentasi. Siswa harus mencari informasi di internet tentang tema makalah dan presentasi, kemudian mengembangkannya sendiri dengan gaya bahasa sendiri, dan menyiapkan presentasinya untuk disajikan di kelas. Semua proses ini membutuhkan perangkat pengolahan data, yakni laptop atau komputer.

  • Sumber Bacaan Digital

Di era new normal saat ini, penggunaan dokumen-dokumen fisik mulai dikurangi, termasuk dalam proses belajar-mengajar. Materi ajar saat ini tidak lagi dalam bentuk buku fisik semuanya. Pelajar mulai membiasakan diri menggunakan sumber bacaan digital seperti e-book, e-magazine, dan sebagainya. Bahan bacaan yang tersedia dalam format .PDF atau format lainnya bisa dibuka dimana saja, sehingga pelajar tidak perlu membawa banyak buku ke sekolah atau ke kampus.

  • Memudahkan Variasi Metode Belajar

Selain metode belajar konvensional, yakni tatap muka di kelas, kini banyak metode belajar modern yang telah dikembangkan. Dengan variasi metode belajar, diharapkan pelajar bisa memahami substansi secara lebih efektif dan efisien. Salah satu contohnya adalah metode belajar menggunakan video. Metode belajar ini membantu pelajar dalam memahami materi yang rumit. Selain itu, media audiovisual seperti video tentunya lebih menarik dibanding metode pembelajaran tatap muka saja, sehingga pelajar akan lebih berkonsentrasi.

Adakalanya, substansi yang sedang dipelajari sulit dipahami jika hanya melalui bacaan atau dijelaskan secara lisan. Misalnya adalah materi tentang reaksi kimia atau pemodelan. Pelajar akan lebih mudah memahaminya jika melihat simulasinya secara langsung melalui video. Contoh lainnya adalah metode belajar dengan tutorial online. Metode ini bisa didapatkan oleh pelajar di luar proses pembelajaran kelas. Mereka bisa berpartisipasi dalam kursus atau tutorial online, dan bahkan bisa berdiskusi langsung dengan tutor online untuk memecahkan soal-soal yang rumit.

  • Memudahkan Latihan dan Ujian

Manfaat laptop untuk pelajar berikutnya adalah memudahkan mereka dalam mengasah kemampuannya dan bahkan mengujinya sendiri sebelum benar-benar mengikuti ujian. Misalnya, pelajar dapat mencari contoh-contoh soal online untuk materi tertentu. Kemudian, mereka bisa mengerjakannya sendiri dan langsung mendapatkan hasilnya. Dengan cara seperti ini, mereka bisa menguji sejauh mana penguasaannya terhadap materi.

Dengan browsing internet, pelajar tidak akan pernah kekurangan contoh soal latihan beserta kunci jawabannya. Selain contoh-contoh soal, mereka juga bisa mengikuti latihan online, yakni latihan ujian berbasis web. Ini bisa menjadi ajang latihan atau simulasi untuk ujian akhir yang nantinya akan dilaksanakan secara online. Misalnya, pelajar SLTP atau SLTA harus membiasakan diri melakukan ujian online sebelum menempuh Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) nantinya.

  • Melatih Kreativitas

Laptop bisa digunakan bukan hanya sekedar untuk mengetik dan mengolah tabel. Ada begitu banyak program yang bisa dipasang di laptop. Pelajar bisa mengeksplorasi kemampuan dan kreativitasnya menggunakan berbagai macam aplikasi sejak dini. Aplikasi yang tidak diajarkan secara formal di ruang kelas bisa dipelajari sendiri dan dikembangkan. Dengan mempelajari proses kreasi digital, pelajar bisa mempersiapkan dirinya untuk terjun di dunia kerja sejak dini.

Modal kemampuan untuk menggunakan berbagai aplikasi tidak akan pernah sia-sia. Industri komputer berkembang begitu pesatnya. Bahkan saat ini, hampir semua proses bisnis dilaksanakan menggunakan perangkat komputer. Kemampuan ini tidak akan bisa dipelajari sepenuhnya di ruang kelas. Banyak hal yang bisa dipelajari siswa sendiri, seperti coding, blogging, membuat video, membuat note lagu, membuat aplikasi sendiri, membuat desain digital, dan sebagainya.

  • Menyiapkan Diri untuk Dunia Kerja

Kamu pasti tahu bahwa test kemampuan komputer merupakan bagian penting dari seleksi untuk memasuki dunia kerja. Mereka yang menguasai komputer dan berbagai macam aplikasi umumnya lebih siap untuk bekerja di berbagai bidang. Jadi, peluang untuk mendapatkan pekerjaan juga lebih tinggi. Demikian juga dari aspek penggajian. Mereka yang bekerja menggunakan perangkat berteknologi tinggi, seperti komputer, umumnya menerima penghasilan yang lebih besar daripada mereka yang bekerja hanya menggunakan fisik.

Lalu, bagaimana jika kamu tidak tertarik untuk melamar pekerjaan, namun berencana membuka usaha sendiri? Wirausahawan juga butuh komputer! Kamu pasti tahu bahwa saat ini dunia usaha begitu bergantung kepada komputer untuk mengolah, menyimpan, dan mendistribusikan informasi. Bahkan kalaupun kamu ingin mengelola usaha kecil, seperti online shop, kamu tetap membutuhkan kemampuan menggunakan komputer.

  • Sebagai Sarana Hiburan

Satu perangkat komputer atau laptop dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan kamu. Bukan hanya untuk bekerja, kamu juga bisa menggunakan laptop untuk hiburan, seperti bermain game, mendengarkan musik, atau menonton film. Namun perlu diingat bahwa penggunaan laptop untuk pelajar harus berada di bawah pengawasan orang tua (orang dewasa), terutama jika perangkat akan digunakan untuk keperluan hiburan.

Itulah alasan pelajar saat ini sangat membutuhkan laptop dan beberapa merek laptop yang direkomendasikan. Selain pertimbangan beberapa laptop di atas nantinya kamu juga perlu melakukan pemeliharaan, perbaikan, install ulang aplikasi, atau penggantian komponen. Jadi, sebaiknya pilih laptop dengan brand yang sudah dikenal luas, seperti Acer, HP, Toshiba, Samsung, Dell, Lenovo, Asus dan sebagainya. Dengan demikian, kamu tidak akan kesulitan menemuka jasa servis laptop jika kelak dibutuhkan.

Tagged With :

2 Responses to “Rekomendasi Laptop Untuk Pelajar Lengkap Dengan Alasannya”

Tinggalkan sebuah Komentar