Rekomendasi Kamera Untuk Vlog Dan Aktivitas Traveling

Apa Anda bercita-cita menjadi content creator, atau malah saat ini sudah mulai mengunggah video-video ke dalam akun social media? Bila demikian sebaiknya gunakan perangkat yang memadai untuk kebutuhan tersebut, yaitu sebuah kamera untuk vlog. Jangan hanya menggunakan kamera biasa atau malah kamera ponsel untuk menghasilkan video-video kreatif, tetapi kamera yang spesifikasinya memang dikhususkan untuk vlog. Alasannya tentu saja agar hasilnya lebih bagus dan berkualitas. Hal ini tentu saja akan berdampak pada traffic atau viewers video Anda. Berikut ini adalah rekomendasinya.

Rekomendasi Kamera untuk Vlog

Daftar kamera yang bagus untuk vlog

Dalam memilih kamera vlog idealnya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Contohnya Anda adalah seorang travel vlogger yang harus bepergian ke berbagai lokasi wisata yang indah, yang Anda butuhkan tentu bukan kamera-kamera berat yang merepotkan saat dibawa. Sebagai travel vlogger Anda lebih perlu perangkat kamera berlensa gahar, namun dalam tampilan yang ringan dan praktis. Simak rekomendasinya.

  • Fujifilm x-A3

Brand yang telah berkecimpung sebagai produsen kamera sejak puluhan tahun lalu ini tentu tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Fujifilm x-A3 memiliki spek yang cukup mumpuni untuk aktivitas vlog. Kamera ini dibekali lensa Fujinon XC 16-50 f/3,5 – 5,6 OIS II ber-resolusi 24,2 Megapiksel (MP). Anda dimungkinkan untuk mengambil gambar macro dengan kualitas yang baik. Kamera vlog ini cocok untuk selfie serta syuting dengan bagian layarnya yang dapat dilipat. Untuk pengoperasiannya pun lebih mudah dengan fitur touchscreen.

  • Olympus Pen E-PL8

Kamera mirrorless besutan Olympus ini hadir dengan tampilan yang ringan namun kokoh serta dilengkapi sensor 16 MP. Bobotnya adalah sekitar 374 gram (g) sehingga kamera cukup ringan dijinjing dan dapat digunakan dalam waktu yang lama, alias awet. Kamera ini juga cukup mumpuni untuk pengambilan video karena dilengkapi fitur penstabil gambar walaupun kamera dalam kondisi bergerak.

  • Nikon 1 J5

Pada kamera ini disematkan lensa kit 10-30 mm f/3,5 – 5,6 dengan kemampuan resolusi mencapai 4K. Fitur Shutter speed Nikon 1 J5 dapat mencapai angka 1/16000 detik. Dengan begitu walaupun berjalan cepat hasilnya akan tetap jelas dan bagus. Nikon 1J5 juga dilengkapi fitur yang cukup komplit seperti built in Wi-Fi & NFC, juga layar flip on. Dengan begitu aktivitas Anda sebagai vlogger akan semakin lancar. Fitur terbaik yang berkaitan dengan membuat video pada kamera ini adalah Frame per second (fps) yang mencapai 60 fps, bahkan melebihi Canon M10.

  • Canon EOS 70D

Selain kamera mirrorless, DSLR pun dapat diandalkan untuk membuat vlog yang bagus. Canon EOS 70D bisa menjadi rekomendasi terbaik karena bagian layarnya dapat diputar secara fleksibel. Fitur terbaik yang disematkan pada kamera ini adalah sensor “Dual Pixel CMOS AF”. Kelebihannya adalah Anda dapat melakukan vlog secara langsung pada obyek yang menarik tanpa perlu mengoreksi target focus dahulu di sekitarnya. Dengan begitu Anda tak perlu kehilangan detik-detik yang berharga hanya karena terlambat mengatur focus.Harga kamera vlog ini memang dapat dikatakan cukup mahal, yaitu mencapai 17 juta rupiah. Namun dengan berbagai bekalan spesifikasi serta fitur-fiturnya yang jempolan rasanya memang harga yang ditawarkan cukup sepadan.

  • Sony A7

Kamera ini mempunyai resolusi 23,4 MP dengan sensor 35mm full-frame Exmor. Fitur tersebut dapat dibilang cukup sebanding dengan kamera DSLR berkualitas baik. Sony juga membekalkan prosesor BIONZ X dan auto fokus paling anyar yang super sensitif. Hasilnya tentu video dengan detail serta kualitas jempolan.

Kamera kecil untuk vlog saat traveling

Selain menggunakan kamera vlog yang mungkin berukuran besar atau berat, sebagai vlogger professional seharusnya Anda juga membekali diri dengan kamera kecil yang simple dan ringkas. Dengan begitu “senjata” tersebut akan dapat dibawa kemana-mana dan keseharian Anda. Bagi Anda yang sekarang sedang memerlukan kamera ringkas untuk keperluan ngevlog dengan harga terjangkau, perangkat berikut ini mungkin bisa menjadi alternative.

  • Xiaomi Yi Discovery 4K

Tak perlu merogoh kantong dalam-dalam untuk memboyong kamera mungil besutan Xiaomi ini. Hanya dengan 900 ribu rupiah Anda sudah mendapatkan kamera berkualitas hingga 4K serta fitur sensor Sony IMX179 8MP. Kamera kecil ini cocok digunakan untuk aktivitas sports cam. Ini karena Xiaomi Yi Discover 4K dapat merekam peristiwa yang sangat cepat serta kegiatan yang sangat aktif.

  • Canon Ixus 185

Kamera pocket berikut ini harganya juga kurang dari 2 juta rupiah dan cukup praktis dibawa kemana-mana. Anda dapat merekam gambar berkualitas HD dengan hasil yang detail dan jernih tanpa blur dengan fitur sensor 20MP. Karena harganya yang murah dan kualitasnya yang bagus kamera ini sangat disarankan bagi para vlogger pemula.

  • Sony Cybershot DSC-W830

Fitur yang melengkapi kamera ini adalah sensor yang mencapai 20,1MP, optical steady shot untuk membuat gambar lebih stabil, serta optical zoom mencapai 8x perbesaran. Dengan fitur-fitur prima tersebut siapa sangka bila bandrol harga kamera ini hanya 2 jutaan saja. Sony Cybershot DSC – W830 ini dapat menghasilkan gambar hingga 7200p/30fps.

  • Nikon Coolpix B500

Bila Anda menginginkan kamera yang benar-benar berkualitas untuk dibawa dalam perjalanan, pilihan paling direkomendasikan adalah Nikon Coolpix B500. Anda bahkan dapat memperbesar obyek hingga 40 kali dengan kamera ini. Fitur-fitur unggulan lain yang disematkan adalah sensor BSI CMOS 16 MP dan layar belakang yang dapat dilipat sebesar 3 inch. Dibutuhkan empat baterai kamera AA sebagai daya kamera ini.

  • Canon Powershot SX620 HS

Keunggulan kamera untuk para vlogger ini dapat merekam gambar hingga 1080 p serta dibekali mikropon berkualitas bagus. Posisi mikropon yang berada di bagian depan kamera memungkinkan Anda untuk merekam suara sejernih mungkin. Selain itu tentu saja kamera ini sudah disematkan fitur-fitur dasar untuk vlogging yang mudah digunakan. Harganya berkisar 3 jutaan dan dapat dikatakan cukup sepadan untuk menghasilkan kualitas rekaman yang bagus.

Anda bisa mendapatkan beberapa jenis kamera diatas diberbagai toko kamera tedekat, sebab kamera-kamera tersebut tergolong sangat mudah ditemui. Atau Anda juga bisa mendapatkannya secara online di berbagai marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia atau aliexpress.

Mengenal jenis kamera untuk vlog

Bagi Anda yang belum mengetahui apa bedanya tipe-tipe kamera untuk nge-vlog. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya:

  1. Action cam – Kamera ini berbentuk kecil dan praktis untuk dibawa kemana-mana, terutama traveling. Fitur action cam adalah dilengkapi wide view yang unik dan dapat diletakkan di posisi-posisi ekstrim, misalnya untuk aktivitas motovlogger.
  2. Kamera saku – Sering juga disebut pocket camera yang diperuntukkan untuk aktivitas memotret atau pengambilan gambar yang simple tanpa banyak variasi. Kebanyakan kamera saku mempunyai kualitas yang sebanding dengan fitur kamera pada smartphone tingkat menengah.
  3. Mirorless – Kamera bertipe mirrorless lensanya dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan. Selain itu bodynya yang mungil memudahkan perangkat ini untuk dijinjing kemana-mana.

Itulah beberapa ulasan tentang rekomendasi kamera untuk vlog. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar