Rekomendasi dan Beberapa Kelebihan Hosting Luar Negeri

Web hosting adalah hal yang penting dalam pembuatan website dan wajar jika Anda sering merasa bingung untuk memilih diantara beberapa hosting terbaik dalam negeri atau luar negeri. Banyak pula yang ingin tahu apakah hosting yang berasal dari luar negeri itu pelayanan maupun kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan dengan hosting di Indonesia. Intinya ketika membeli hosting itu, Anda benar-benar harus mempertimbangkan banyak hal sebab nantinya, hosting ini akan berpengaruh langsung pada website dan pikirkan pula mengenai bahasa maupun metode pembayaran.

hosting luar negeri

Apakah Hosting Luar Negeri Lebih Baik Dari Hosting Lokal?

Lokasi server sendiri begitu banyak dan hampir semua negara memiliki lokasi server masing-masing namun terkenal atau tidaknya, inilah yang membedakan satu dengan lainnya. Jika boleh jujur, baik hosting luar negeri maupun juga hosting Indonesia itu memiliki keunggulan maupun kelemahan tersendiri. Contohnya adalah jika data dari website disimpan pada server Indonesia, maka situs ini jauh lebih cepat atau mudah untuk dibuka atau diakses oleh pengguna situs di wilayah Indonesia dibandingkan jika website itu lokasi servernya di luar negeri.

Hal yang sebaliknya pun juga terjadi dimana bila website disimpan pada hosting luar negeri seperti Inggris, Kanada, London, USA dan sebagainya, maka website itu dinilai jauh lebih stabil dan lebih cepat untuk diakses. Kini semuanya terserah pada pemilik situs maupun bisnis dalam pemilihannya apakah mereka ingin mentargetkan sasaran untuk pasar lokal Indonesia atau di luar negeri. Jika pasarnya hanya di Indonesia, maka pilihlah jasa hosting yang terdapat di Indonesia saja lebih baik.

Namun jika mentargetkan pasar global, amaka Anda bisa memilih hosting dengan server di luar negeri. Jika Anda memilih hosting yang terdapat di luar negeri, maka pembayarannya biasanya menggunakan dolar dan melalui pihak ketiga seperti kartu kredit atau PayPal dimana tidak semua orang memiliki alat pembayaran itu. Selain itu, Anda juga harus bisa dan memahami bahasa Inggris sehingga jika ada masalah, Anda langsung dapat berkonsultasi dengan CS yang sedang bertugas.

Kelebihan Hosting Luar Negeri

Jika memilih hosting luar negeri, servernya pun juga berasal dari luar negeri dan server ini merupakan jaringan server yang telah dibangun pada negara-negara yang membantu jaringan termasuk infrastruktur yang terbaik. Sebagian negara yang sering dijadikan untuk menjadi pusat server ini adalah USA, Jepang atau Inggris. Namun server yang asalnya dari USA lebih disukai karena dianggap sebagai pusatnya jaringan yang ada di seluruh dunia. Kemudian, server luar negeri juga dibangun untuk dapat memenuhi seluruh akses situs dengan level kebutuhan internasional.

Server luar negeri dinilai efektif apabila digunakan perusahaan yang punya target sasaran atau klien antar negara sebab server dari luar negeri ini lebih sering termasuk lebih mudah untuk diakses oleh seluruh masyarakat global. Kecepatan akses yang dimiliki server luar negeri sepertu USA dianggap sangat tinggi dan cepat bahkan ketika diakses oleh negara selain USA. Apakah aman untuk memilih hosting dengan server luar negeri? Server dari luar negeri ini dianggap punya tingkat keamanan yang lebih baik.

Ini semua disebabkan karena perusahaan sekuritas atau keamanan digital maupun cyber pusatnya ada di luar negeri. Tapi bukan berarti hosting dalam negeri tidak aman karena kembali lagi ini semua tentang preferensi dan juga kebutuhan yang mereka inginkan untuk situs yang dibangun. Sementara jika dilihat dari spesifikasinya, hardware server atau jaringan di luar negeri punya kelebihan yang baik mengingat kebanyakan pabrik hardware yang membentuk server itu biasanya berasal dari luar negeri seperti Jepang, Inggris bahkan USA.

Rekomendasi Web Hosting Luar Negeri untuk Anda

Jika sudah menetapkan diri untuk memilih hosting luar negeri, maka Anda bisa segera memilih mana yang terbaik dengan fitur maupun pelayanan yang diinginkan oleh Anda sebagai pemilik website sehingga seluruh fasilitasnya mendukung website dengan baik dan tidak akan ada masalah di masa depan. Inilah beberapa referensi yang dapat dijadikan sebagai hosting Anda yaitu:

1. A2Hosting

Provider yang satu ini dinilai punya beragam fasilitas yang terbaik dan juga lengkap. Apabila dilihat dari lokasi atau basis server yang digunakan, maka ada beberapa lokasi berbeda yaitu Malaysia, Australia, Perancis, Kanada, UK, Amerika Serikat, Indonesia dan banyak lagi yang lainnya. Provider yang satu ini biasanya digunakan oleh banyak orang atau pebisnis internasional dalam menjalankan bisnis mereka. Jika dilihat dari keunggulannya, A2hosting memberikan penawaran layanan yang menarik seperti adanya migrasi akun gratis, waktu online yang lebih stabil, jaminan uang kembali, adanya dukungan operasional 24 jam dan kecepatannya tinggi untuk memuat halaman di dalamnya.

Beberapa produk yang ditawarkan antara lain Email Hosting, Managed VPS Hosting, Cloud VPS Hosting, VPS Hosting, Reseller Hosting, Managed WordPress Hosting, WordPress Hosting, Shared Hosting dan Web Hosting. Masing-masingnya dikemas dalam paket yang berbeda seperti 1-sites, 3-sites dan unlimited khususnya adalah untuk Managed WordPress Hosting. Rentan biayanya pun juga berbeda namun tidak ada yang berat untuk dipenuhi.

2. SiteGround

SiteGround ini juga merupakan penyedia layanan web hosting yang telah beroperasi sangat lama yaitu 16 tahun dan memiliki basis perusahaan di Sofia, Bulgaria. SiteGround ini sudah menangani web hosting kurang lebih 2 juta domain secara global. Dengan pengalaman sekaligus jam terbang yang sangat tinggi, tak salah jika banyak pengguna yang percaya pada web hosting ini.

Ada banyak keistimewaan jika Anda menggunakan layanan SiteGround, seperti kecepatan jaringan yang sangat tinggi, penyimpanan data yang terdistribusi pada perangkat SSD, pembaruan energi total yang langsung ditenagai Google Cloud dan memiliki layanan dengan tingkat keamanan tinggi menggunakan enkripsi SSL. Fitur yang terdapat di dalamnya juga mencakup banyak hal seperti SSL gratis, backup harian dan juga data tanpa batas.

3. Stablehost

Stablehost sudah ada sejak tahun 2009 dan menyediakan beragam layanan seperti reseller hosting, VPS, dedicated hosting dan web hosting. Hal yang istimewa mengenai perusahaan yang satu ini adalah adanya akun email baru, tambahan domain, kecepatan tinggi dalam memuat halaman, perlengkapan dengan kualitas tinggi dan bandwidth unlimited atau tanpa batas.

Tersedia beragam pilihan paket menarik seperti Starter, kemudian Pro dan juga Platinum untuk web hosting dengan harga yang berbeda dan juga pilihan fitur yang beragam pula seperti dukungan sistem selama 24 jam, kapasitas penyimpanan dan juga unlimited bandwidth untuk masing-masing paket ini.
Kemudian masih ada fitur pemberian yang lainnya seperti proteksi Ddos, jaminan untuk tingkat pelayanan, fitur untuk penanganan script bahkan juga dengan koneksi menuju database MySQL yang ditemukan di dalam masing-masing paket ini. Bahkan Stablehost ini juga sering menawarkan diskon untuk beberapa waktu tertentu untuk seluruh pelanggannya.

Inilah beberapa pilihan hosting luar negeri yang terpercaya di hadapan pelanggan bahkan juga sudah dikenal oleh masyarakat di Indonesia pula sehingga Anda hanya perlu melihat dan menyesuaikan menu termasuk fitur di dalamnya dan pertimbangkan pula harganya sampai menemukan yang paling pas.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar