Rekomendasi Bisnis Digital Paling Populer Di Tahun 2022

Rekomendasi Bisnis Digital Paling Populer Di Tahun 2022

Anda mungkin sedang mencari ide bisnis sampingan untuk memperoleh tambahan pemasukan. Jika iya, cobalah cek rekomendasi bisnis digital yang seperti saat ini sedang ramai dikalangan anak-anak muda. Bahkan beberapa orang memposisikan bisnis digital ini sebagai bisnis utama yang memang omzetnya cukup menjanjikan.

Membangun bisnis digital memang terlihat lebih mudah dan biaya modal awal pun tidak begitu besar. Namun tahukah Anda? bisnis model ini memiliki tantangan dan perencanaan yang berbeda-beda. Dan satu hal yang paling utama harus dipersiapkan ialah menemukan ide bisnis terlebih dahulu, yang memang cocok dengan passion Anda.

Dilangsir dari berbagai situs yang membahas tentang bisnis, setidaknya kami berhasil merangkum menjadi 5 jenis bisnis digital yang rekomended.

5 Rekomendasi Bisnis Digital Tahun 2022

Kemudian, ada pilihan jenis apa sajakah di bisnis digital itu? Nah, agar Anda tidak lagi repot melakukan riset untuk menentukan yang tebaik pilihlah salah satu rekomendasi yang ada di artikel ini. Cek detail ulasannya dibawah ini, siapa tau ada yang cocok untuk Anda pilih sebagai bisnis sampingan.

Jualan Online

Memasarkan produk dagangan secara online nampaknya menjadi sebuah trobosan bisnis yang sangat menggiurkan. Banyak dari berbagai kalangan yang juga sudah mulai terjun di bisnis model ini. Cara pemasarannya pun sangat bervariasi, ada yang mengandalkan sosial media seperti Facebook dan Instagram, di marketplace seperti Shoppe maupun Tokopedia, dan membuat website toko online sendiri.

Dari ketiga platform yang sering digunakan untuk menjual produk seperti di atas biasanya penjual berperan sebagai produsen langsung, reseller, dan dropshipper. Jika Anda memiliki produk sendiri dan temasuk dalam kategori produsen maka posisi ini sangat diuntungkan. Anda bisa saja mendapatkan laba yang lebih banyak dan berpeluang memiliki reseller maupun dropshipper sendiri.

Meskipun menjadi produsen jauh lebih diuntungkan, namun tentu membutuhkan pola kerja yang lebih ekstra dan modal yang lebih tinggi. Maka jika Anda ialah seorang pemula yang baru terjun di dunia bisnis bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu.

Menawarkan Jasa Secara Online

Ini merupakan salah satu bisnis digital yang sangat minim modal, yang terpenting atau modal utama dari bisnis ini ialah Anda harus betul-betul menguasai jenis jasa yang akan ditawarkan kepada orang lain. Pemasarannya pun sama yakni bisa melalui akun media sosial, marketplace, atau membuat website sendiri. Bahkan beberapa influencer sudah mulai memanfaatkan akun Youtube mereka untuk bisnis ini.

Selain itu untuk memasarkan produk kategori jasa Anda juga bisa memanfaatkan situs-situs freelancer yang rekomended seperti Freelancer Indonesia, Fiverr, Sribulancer, dan lain sebagainya. Tarjet pasarnya pun bukan hanya dari Indonesia saja, namun sangat dimungkinkan Anda bisa mendapatkan project dari perusahaan luar negeri.

Ada beberapa pilihan jenis jasa yang bisa ditawarkan secara online, diantaranya ialah seperti jasa pembuatan website dan aplikasi, penulisan artikel, edit video atau foto, desain grafis, endorsement, pengelola akun media sosial, dan masih banyak lagi. Anda tinggal memilih mana yang sekiranya sesuai dengan bakat dan keahlian yang dimiliki.

Bekerjasama Dengan Google

Bisnis digital selanjutnya yang dari dulu hingga saat ini masih memiliki banyak peminat yakni berpartner dengan pihik Google. Caranya ialah dengan menjadi publisher di Google Adsense, bisa menjadi penulis di blog atau menjadi konten kreator di channel Youtube. Dari kedua cara tersebut tentu memiliki ketentuan dan persyaratan tertentu.

Bagi Anda yang berminat menjadi konten kreator di Youtube dan mendapatkan penghasilan, setidaknya harus rajin membuat dan uploud video secara rutin. Kemudian untuk memenuhi persyaratan agar bisa memperoleh penghasilan, channel tersebut harus memiliki subscriber sebanyak 1.000 dan 4.000 jam tayang.

Sedangkan bagi Anda yang punya hobi menulis dan ingin memperoleh penghasilan bisa coba untuk membuat blog atau website. Artikel yang ditulis harus lolos dari plagiat, kemudian disarankan juga menggunaka domain TLD (Top Level Domain) misalnya seperti com, id, org, dan lain sebagainya. Anda juga harus memperhatikan nice atau tema yang dilarang oleh pihak Google misalnya seperti website yang membahas tentang perjudian, pornigrafi, dan penipuan.

Affiliate

Selain berjualan secara online dan bekerjasama dengan Google, affiliate juga termasuk salah satu bisnis digital yang cukup menggiurkan. Inti dari bisnis model ini ialah memasarkan produk orang lain dengan cara membagikan kode referal atau link khusus yang disediakan oleh platform penyedia afiliasi. Kemudian jika ada seseorang yang membeli produk melalui link atau kode referal yang Anda bagikan maka secara otomatis Anda akan mendapatkan komisi.

Umumnya kode referal atau link afiliasi dibagikan di akun media sosial seperti Facebook dan Instagram, selain itu ada juga yang menempatkan di website dan channel Youtube. Mudah bukan? Hanya dengan membagikan kode referal kini Anda sudah siap mendapatkan cuan. Apa lagi jika Anda ialah seorang influencer yang sudah memiliki banyak follower, maka kesempatan memperoleh bayak penghasilan lebih terbuka lebar.

Beberapa perusahaan dan produk yang dijual dengan sistem affiliasi juga sangat banyak pilihannya, mulai dari produk digital hingga kebutuhan sehari-hari. Bahkan marketplace di Indonesia pun sudah ada yang menerapkan program affiliasi, diantaranya ialah Tokopedia dan Shopee. Sebagai awalan Anda mungkin bisa coba mendaftar diantara kedua merketplace tersebut.

Investasi Online

Investasi merupakan pilihan yang sangat tepat bagi Anda seorang karyawan atau yang memang sudah memiliki pekerjaan tetap. Begitu juga dengan investasi online, jenis bisnis digital yang satu ini sangat ideal untuk orang-orang yang sudah berpenghasilan dan memiliki uang lebih. Pasalnya, saat mulai berinvestasi selain mengharap keuntungan Anda juga harus siap dengan resikonya.

Seperti bisnis digital lainnya, investasi online juga memiliki beragam jenis mulai dari investasi emas, saham, reksadana, dan lain sebagainya. Sedangkan yang saat ini sedang banyak digandrungi ialah investasi koin. Namun tentu dari sekian banyak jenis investasi online Anda harus belajar secara mendalam terlebih dahulu agar tidak merasa dirugikan dan beranggapan negatif terhadap investasi online.

Kemudian hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin memulai terjun di investasi online ialah legalitas dari perusahaan penyedia investasi tersebut. Anda harus cek kembali ketersediaan alamat kantor, kemudahan menghubungi customer service, serta yang paling penting ialah apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Bappepti maupun OJK. Sebagai tambahan Anda mungkin bisa juga mencoba untuk melihat review maupun testimoni dari pengguna lain yang sudah berpengalaman.

Itulah ulasan tentang rekomendasi bisnis digital yang saat ini sedang ramai dan masih memiliki peluang sukses jika mau dijalani secara serius. Secara garis besar beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis digital tentu Anda harus memiliki akses internet, alamat email, dan nomor rekening terlebih dahulu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Rekomendasi Bisnis Digital Paling Populer Di Tahun 2022 flagcounter