Rekomendasi Aplikasi Text to Speech Indonesia Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Text to Speech Indonesia Terbaik

Buat Anda yang sedang ingin belajar berpidato dalam bahasa Inggris namun masih belum mengerti bagaimana melafalkan kata-katanya secara baik dan benar, mengapa tidak mencoba praktik dengan aplikasi text to speech Indonesia terbaik.

Terlebih aplikasi text to speech ini bisa Anda gunakan untuk mengubah teks digital menjadi suara atau audio yang tersedia dalam berbagai bahasa. Lantas, aplikasi text to speech Indonesia terbaikmana sajakah yang dapat dipilih?

Mengenal Teknologi Text To Speech

Aplikasi yang menggunakan teknologi TTS sejatinya merupakan aplikasi yang dapat membuat suatu teks dapat diketahui bagaimana pelafalannya. Hal ini tentu akan sangat membantu banyak orang yang memang mengalami kesulitan dalam membaca suatu teks dalam bahasa asing.

Pada awalnya, teknologi ini memang digunakan untuk membantu orang-orang yang kesulitan membaca secara umum. Namun seiring berjalannya waktu, teknologi ini juga banyak dipakai untuk berbagai konten digital, termasuk mengisi narasi dalam suatu video seperti TikTok atau Youtube.

Di internet sendiri, layanan TTS dapat diakses secara gratis maupun berbayar. Untuk yang gratis tentu saja ada beberapa layanan yang terbatas, namun jika menggunakan aplikasi berbayar tentu akan ada sejumlah fitur tambahan yang bisa digunakan secara bebas.

Memilih Layanan Text To Speech Terbaik

Dari sekian banyak aplikasi TTS yang banyak beredar, tidak jarang memiliki keterbatasan yang malah membuat penggunanya kurang dapat menikmati layanan terbaiknya. Untuk itu, ada baiknya Anda mencoba beberapa layanan text to speech Indonesia terbaik berikut yang sering kali direkomendasikan karena gratis maupun penggunaannya yang mudah.

Google Translate

Layanan TTS pertama yang pasti sudah sangat dikenal oleh banyak orang adalah Google Translate. Aplikasi yang juga dikenal dengan nama Google Terjemahan ini sudah banyak dikenal sebagai aplikasi untuk menerjemahkan banyak teks secara gratis karena berbasis dan terintegrasi langsung dengan web Google yang hampir selalu menjadi browser utama.

Meskipun sebagai aplikasi terjemahan, namun layanan Google yang satu ini juga bisa dipakai untuk membantu pelafalan setiap teks yang diinput. Hal ini berkat dukungan fitur TTS yang dimiliki sehingga teks yang diinput dapat diubah menjadi bentuk audio.

Hasil audio yang menjadi output juga cukup baik dan dapat menyesuaikan berbagai bahasa. Sayangnya, Anda tidak bisa memilih jenis suara maupun kecepatan pembacaan sehingga tidak jarang harus diulang-ulang selama beberapa kali. Teks yang diinput pun terbatas, yakni hanya mendukung maksimal 5000 karakter.

Google Cloud Text-To-Speech

Merupakan salah satu fitur lain dari Google yang bisa Anda pakai secara gratis untuk mengubah teks menjadi bentuk audio. Berbeda dengan Google Translate yang sebenarnya berfokus pada layanan terjemahan, Google Cloud TTS ini memang pada dasarnya difungsikan untuk mengubah teks digital menjadi suara.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah, apalagi Anda bisa mengaksesnya melalui website. Adapun cara penggunaan layanan text to speech Indonesia terbaikini adalah sebagai berikut.

  • Kunjungi situs web Google Cloud Text-to-Speech
  • Scroll ke bawah pada bagian Demo, isi kotak Text To Speak dengan teks yang Anda inginkan. Pada bagian ini bisa diisi dengan ketik teks secara manual atau copy-paste teks.
  • Atur bagian Language, Audio device profile, Voice type, hingga Kecepatan pembacaan yang diinginkan.
  • Klik tombol Speak It untuk mendengarkan cara pengucapan teks yang sudah dimasukkan.

Bisa dibilang, platform TTS yang satu ini sangat menarik karena kecepatan pembacaan bisa diatur sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kemampuan. Selain itu, ternyata Google Cloud TTS ini juga mendukung Speech Synthesis Markup Language (SSML) yang memungkinkan pengguna untuk bisa melakukan personalisasi audio seperti pengaturan jeda, cara pengucapan, dan lain-lain.

Meskipun begitu, memang dari segi tampilan agak kurang friendly dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Dan yang disayangkan juga, pilihan bahasanya ternyata tidak sebanyak Google Translate sehingga beberapa bahasa yang masih asing mungkin belum ada di layanan ini.

ResponsiveVoice

Merupakan layanan TTS lain yang juga bisa dimanfaatkan secara gratis, bahkan sudah mendukung bahasa Indonesia di dalamnya. Untuk menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah seperti aplikasi TTS kebanyakan.

Adapun cara yang dimaksud yakni dengan mengetikkan teks atau copy-paste teks yang ingin diubah dalam bentuk audio. Selanjutnya pilih bahasa dan jenis suara pada bagian bawah, lalu klik tombol Play untuk mendengarkan hasilnya. Cukup sederhana, bukan?

Sayangnya, platform website TTS ini belum bisa memberikan kustomisasi suara yang lebih. Jadi kalau Anda ingin mengubah kecepatan pembacaan, efek, hingga tinggi rendahnya nada suara masih belum bisa dilakukan secara maksimal.

Selain itu, jumlah karakter pada platform ini juga dibatasi sehingga pada saat memasukkan teks harus dicek kembali apakah sudah sesuai atau belum. Sering juga ditemukan jeda yang cukup banyak meskipun pada teks tidak ada jeda koma atau titik.

Voice Aloud Reader

Sesuai namanya, salah satu aplikasi text to speech Indonesia terbaik ini menawarkan fitur pembacaan suatu teks dengan bahasa Indonesia maupun bahasa asing yang kemudian akan diubah menjadi bentuk audio. Tidak cuma sekadar teks satu atau dua paragraf saja yang bisa diubah, namun Anda juga bisa mengubah satu lembar artikel, web page, bahkan email yang panjang sekalipun.

Ya, inilah salah satu kelebihan Voice Aloud Reader yang mungkin hampir tidak dimiliki oleh berbagai aplikasi penerjemahan dan text-to-speech lainnya. Anda dapat mendengarkan audio dari berbagai jenis teks, bahkan mendukung teks offline seperti PDF, DOC, hingga OpenOffice.

Penggunaannya pun cukup sederhana, di mana Anda hanya perlu mengopi alamat website teks yang ingin dibacakan lalu tinggal memasukkannya ke dalam aplikasi tersebut. Oleh karenanya, Anda tidak perlu lagi repot mengopi keseluruhan teks yang panjang.

Untuk mengakses aplikasi ini, Anda dapat men-downloadnya terlebih dahulu melalui Play Store, kemudian lakukan penginputan teks atau URL seperti biasa. Tampilan aplikasinya juga sederhana namun masih bisa digunakan secara maksimal.

Narrator’s Voice

Merupakan salah satu aplikasi yang sempat memperoleh penghargaan sebagai aplikasi terbaik di tahun 2016 lalu. Tentu hal ini bukan tanpa alasan, sebab aplikasi Narrator’s Voice dapat digunakan untuk memahami bagaimana pengucapan kata-kata dalam bahasa asing secara tepat.

Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah adanya beragam pilihan suara dari narator yang tersedia. Anda dapat memilih narator yang menurut Anda baik dan sesuai dengan kebutuhan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa men-download suara rekaman dari teks yang dibacakan pada aplikasi ini. Jadi, hasilnya bisa dipelajari kembali secara offline.

Itulah sejumlah hal penting mengenai aplikasi text to speech Indonesia terbaik yang dapat Anda pilih untuk mendukung produktivitas dan kebutuhan Anda. Bagaimana, Anda tertarik mencoba yang mana?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Rekomendasi Aplikasi Text to Speech Indonesia Terbaik flagcounter