Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Untuk UMKM dan Pribadi

Aplikasi laporan keuangan lebih sering dibutuhkan oleh perusahaan maupun UMKM. Ini dilakukan agar laporan terkait keuangan bisa lebih mudah, tidak serumit menggunakan cara manual dengan menulisnya di buku catatan. Fitur-fitur yang ada juga sangat manarik dan layak untuk Anda coba.

Aplikasi ini juga bisa Anda manfaatkan secara pribadi, agar pemasukan dan pengeluaran uang yang Anda miliki bisa terkontrol dan tercatat. Dengan menggunakan aplikasi laporan keuangan Anda juga bisa mengevaluasi anggaran rumah tangga atau kebutuhan setiap bulannya.

Beberapa aplikasi yang tersedia juga sangat mudah digunakan dan bisa Anda download secara gratis di PlayStore maupun AppStore. Namun jika membutuhkan fitur yang lebih lengkap tentu Anda harus menggunakan versi yang berbayar, seperti yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Nah, sebelum membahas tentang aplikasi laporan keuangan, Anda juga harus mengetahui beberapa tips terkait cara mengelola uang terlebih dahulu. Harapannya ialah, Anda bisa memanfaatkan uang dengan baik dan terdapat sisa untuk tabungan masa depan.

aplikasi laporan keuangan

Tips Mengelola Uang

Sebelum menggunakan aplikasi laporan keuangan, bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi tersebut untuk kebutuhan pribadi sebaiknya lakukan beberapa tips seperti berikut ini terlebih dahulu.

  1. Hitung jumlah seluruh pemasukan yang Anda terima setiap bulannya.
  2. Membuat ambang batas setiap perkiraan pengeluaran dan kebutuhan pokok.
  3. Hitung seberapa besar kebutuhan Anda setiap bulannya, dan sesuaikan dengan ambang batas yang sudah dibuat.
  4. Lihat kembali catatan tersebut dan lakukan evaluasi disetiap bulan jika diperlukan.

Secara mudah kini Anda sudah memiliki gambaran terkait mengelola keuangan, namun agar lebih terperinci dan lebih detail Anda juga perlu menggunakan beberapa aplikasi pengelola keuangan seperti di bawah.

5 Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan

Ada banya pilihan aplikasi laporan keuangan yang bisa Anda download melalui PlayStore maupun AppStore. Nah, berikut ialah yang paling mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap. Serta tentunya bisa Anda gunakan secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Inilah rekomendasinya.

  • Teman Bisnis

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini sangat cocok dijadikan teman bisnis Anda dalam mengelola laporan keuangan. Terutama bagi Anda yang sedang merintis bisnis seperti online shop, toko rumahan, warung kelontong, atau usaha yang bergerak dibidang jasa.

Dirancang secara sederhana dan mudah digunakan, aplikasi teman bisnis hingga saat ini sudah didownload sebanyak 100 ribu lebih di Google PlayStore. Bahkan hampir rata-rata dari penggunanya memberikan komentar atau review positif terkait aplikasi pengelola keuangan yang satu ini.

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan aplikasi teman bisnis, salah satunya ialah Anda bisa secara langsung mencetak struk dan invoice di setiap transaksi. Bahkan dari keterangan yang tertulis, di dalam aplikasi ini tidak terdapat iklan sehingga bisa lebih nyaman digunakan.

  • Akuntansi Keuangan

Aplikasi yang direkomendasikan selanjutnya ialah akuntansi keuangan, ini juga bisa Anda dapatkan secara gratis bagi pengguna smartphone android maupun iOS. Meskipun Anda bisa memanfaatkan untuk mencatat keuangan pribadi, namun aplikasi akutansi keuangan ini lebih cocok digunakan oleh pelaku usaha.

Syarat utama agar bisa menggunakan aplikasi ini dan menikmati semua fitur yang ada, Anda harus memiliki alamat email. Menariknya, semua laporan keuangan yang tercatat di aplikasi bisa dikirim dalam bentuk excel sehingga pelaporannya bisa lebih mudah dan Anda bisa menyimpannya di laptop.

Dirilis pada akhir tahun 2015, akutansi keuangan sudah memiliki banyak pengguna. Bahkan dari sebagian mereka ialah pengguna dengan versi berbayar, sehingga fitur yang tersedia tidak hanya sebatas tentang buku besar, neraca, rugi, dan laba saja. Tentu masih ada fitur menarik dan kelebihan-kelebihan lainnya.

  • Akuntansi UKM – Keuangan

Aplikasi UKM merupakan aplikasi laporan keuangan yang paling favorit digunakan oleh pelaku usaha maupun untuk kebutuhan catatan uang pribadi. Pasalnya, selain mudah dan simpel, aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan secara offline. Sehingga Anda bisa tetap bisa menggunakannya meskipun tidak memiliki akses internet atau sedang berada di daerah yang tak terjangkau.

Memang ada banyak keunggulan di aplikasi Aplikasi UKM, selain bisa digunakan secara offline Anda juga bisa menikmatinya tanpa ada gangguan iklan, tanpa batasan jumlah transaksi, dan tentunya aplikasi ini juga tersedia versi gratis.

Yang lebih menarik dan jarang ada di aplikasi laporan keuangan yang lain ialah, Aplikasi UKM juga menyediakan e-book terkait pengelolaan keuangan yang baik. Serta terdapat forum diskusi di telegram untuk bersama-sama memajukan UKM yang ada di Indonesia. Nah, bagi Anda yang tertarik bergabung bisa melihat link yang ada di halaman detail aplikasi.

  • BukuKas

Diantara aplikasi laporan keuangan seperti di atas, BukuKas mungkin yang paling familiar di telinga Anda. BukuKas juga merupakan aplikasi paling populer di Google PlayStore kategori bisnis, bahkan aplikasi yang di endros oleh Ruben Onsu ini sudah didownload lebih dari 1 juta kali.

Dari beberapa fitur yang ada, BukuKas sangat direkomendasikan untuk Anda para pelaku UMKM. Meskipun memiliki banyak keunggulan, namun yang paling menonjol ialah di BukuKas terdapat link yang digunakan untuk mentrasfer uang ke rekening. Juga terdapat fitur BukuKasPay, yakni sebuah fitur untuk transaksi keuangan baik trasfer maupun menerima uang secara gratis.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap penggunannya, BukuKas juga menyediakan beberapa artikel menarik seputar tips sukses mengelola binis bagi online shop, rental mobil, warung makan, agen wisata, dan masih banyak lagi. Bahkan untuk fitur terbaru Anda bisa dibantu membuat website bisnis yang menarik.

  • Finansialku

Finansialku merupakan aplikasi pengelola keuangan yang biasa digunakan untuk mengatur keuangan harian. Cocok bagi Anda para ibu rumah tangga, karyawan, pedangan, pelaku bisnis online, dan bagi siapa saja yang ingin lebih baik mengelola keuangannya.

Entah betul atau tidak, Anda juga perlu membuktikan sendiri. Aplikasi Finansialku mengklaim bahwa, ini merupakan satu-satunya aplikasi yang memiliki fitur konsultasi online terkait perencanaan dan pengeloloan keuangan. Namun yang pasti, Anda bisa menambah pengetahuan tentang keuangan di video ataupun artikel yang tersediakan.

Finansialku memang terbukti memiliki fitur yang cukup lengkap. Bukan hanya sebatas untuk mencatat rencana anggaran dan laporan keuangan saja, Anda juga bisa menikmati fitur lain seperti investasi, financial check up, dan aset.

Dari kelima aplikasi di atas, apakah sudah menemukan aplikasi yang cocok dengan kebutuh dan akan Anda guanakan? Jika belum, Anda bisa mengeceknya satu persatu di Google PlayStore terkait pemberian rating dan komentar dari penggunannya. Semakin tinggi nilai rating yang diperoleh, dan banyakknya komentar positif itu menandakan bawah aplikasi tersebut layak untuk Anda coba.

Itulah beberapa aplikasi pengelola keuangan yang bisa Anda coba, semoga infromasi ini bermanfaat dan Anda bisa lebih mudah mengelola uang disetiap bulannya.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar