Rekomendasi Aplikasi Kasir Excel Gratis dan Mudah Digunakan

Rekomendasi Aplikasi Kasir Excel Gratis dan Mudah Digunakan

Dalam menjalankan usaha, peran teknologi pasti dibutuhkan untuk kelancaran dan kemajuan bisnis. Salah teknologi yang dibutuhkan oleh orang yang menjalankan usaha atau bisnis adalah aplikasi kasir untuk memudahkan dalam mengorganisir penjualan. Berikut berbagai rekomendasi aplikasi kasir Excel gratis yang akan membantu Anda menjalankan usaha.

Mengenal Aplikasi Kasir Excel

Aplikasi kasir merupakan sebuah aplikasi yang kegunaan utamanya untuk mencatat ringkasan transaksi jual-beli barang. Biasanya aplikasi ini digunakan oleh supermarket, toko kelontong, bahkan toko online. Pada dasarnya, di aplikasi ini terdapat berbagai fitur dari Microsoft Excel, seperti rumusnya, formula, database, dan fitur lain.

Pada dasarnya, cara kerja aplikasi kasir ini melalui langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pelanggan membeli barang, kemudian kasir menghitung pesanan menggunakan pemindai barcode yang ada pada alat POS (Point of Sale).
  • Sistem POS mencari data barang sesuai dengan nomor barcode dan harga barang akan muncul secara otomatis di aplikasi.
  • Sistem POS menghitung dan mencatat barang yang dibeli. Selain harga total barang, aplikasi ini juga akan langsung menghitung pajak, dan biaya lainnya.
  • Setelah perhitungan harga total barang selesai, konsumen tinggal melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang ditampilkan. Aplikasi kasir juga akan menampilkan uang kembalian yang diterima pelanggan, kalau ada.

Untuk memudahkan pekerjaan penggunanya, aplikasi kasir Excel biasanya mempunyai berbagai fitur sebagai berikut.

  • Pencatatan transaksi secara otomatis, lengkap, dan cepat.
  • Penghitungan yang terhubung otomatis dengan POS sehingga penghitungan total transaksi jadi lebih cepat dan efisien.
  • Pembuatan laporan penjualan yang bisa disesuaikan kebutuhan, bisa harian, mingguan, atau bulanan.
  • Pencetakan label yang tertera pada produk.
  • Penulisan laporan jumlah ketersediaan barang, hingga pendapatan dan pengeluaran.

Rekomendasi Aplikasi Kasir Excel Gratis

Saat ini sudah ada cukup banyak aplikasi kasir Excel yang bisa digunakan gratis untuk membantu Anda menjalankan usaha. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi kasir yang dimaksud.

1. Software Kasir Portable

Penggunaan aplikasi ini terbilang mudah dan bisa dipasang pada laptop atau komputer dengan spesifikasi standar. Fitur-fitur yang tersedia, antara lain pengelolaan hutang-piutang, transaksi pembelian, penjualan, dan returnya, pembatalan transaksi, dan laporan pembelian-penjualan. Fitur lainnya adalah laporan keluar masuk barang, penjualan terlaris, pendapatan, impor dan ekspor data, serta mencetak label dan barcode barang.

Untuk menggunakan aplikasi ini, spesifikasi minimum laptop yang dibutuhkan adalah:

  • Sistem Operasi : Windows (Windows XP, Windows 7, Windows 8 / 8.1, Windows 10)
  • Harddisk : 4 Gb
  • Prosessor : Pentium 4 atau yang setara
  • RAM : 256 Mb

Keperluan lain yang diperlukan adalah laci kasir, barcode scanner, dan printer untuk mencetak struk.

2. Aplikasi Kasir Final V.1

Desain aplikasi ini tampak menarik, mudah dinavigasi, dan mempunyai fitur yang lengkap. Fitur yang tersedia, seperti menambahkan barang, mengatur stok atau diskon barang, dan mencetak struk yang membuat toko tampak profesional.

3. Aplikasi KasirKu Versi 1

Aplikasi kasir Excel berikutnya adalah Aplikasi KasirKu V.1 dengan fitur-fitur di bawah ini.

  • Akses login untuk banyak pengguna maupun administrator.
  • Pencatatan transaksi tunai dan tempo
  • Pembuatan laporan harian, mingguan, dan bulanan
  • Mencetak label pengiriman dan hutang-piutang
  • Hak akses untuk pengguna yang sudah terdaftar

4. Aplikasi KasirKu Versi 2

Berikutnya ada KasirKu Versi 2 yang merupakan perbaikan dari versi sebelumnya. Di aplikasi ini terdapat penambahan fitur baru, seperti input lebih dari 25 barang dan pengurangan otomatis stok barang sesuai penjualan. Fitur lainnya adalah menambah stok barang secara otomatis dan menampilkan keuntungan setiap barang yang terjual.

5. Aplikasi KasirKu Versi 3

Pada versi 3 dari aplikasi KasirKu terdapat beberapa perbaikan dari versi sebelumnya. Fitur-fitur terbaru yang ditambahkan, seperti bisa menggunakan keyboard shortcut, input diskon secara manual dan otomatis, dan membuat label. Ada juga fitur input stok barang sampai 10000 item dan memilih ekspedisi.

6. Aplikasi Kasir Penjualan Barang

Aplikasi ini bisa diandalkan untuk pengusaha pemula dan penggunaannya juga tidak sulit. Beberapa fitur di aplikasi ini, antara lain scan barcode, menghitung diskon dan potongan, pencarian barang, dan pengurangan stok secara otomatis. Aplikasi ini juga menyediakan laporan transaksi dan grafik penjualan, mencetak nota, dan mendukung multiuser.

7. Program Aplikasi Kasir

Program aplikasi kasir dilengkapi dengan fitur-fitur, seperti pengisian data operator, menu transaksi, data barang, print, dan laba. Data yang dimasukan juga bisa diekspor dalam bentuk file Excel.

8. Aplikasi Kasir Toko Excel

Aplikasi kasir Excel gratis ini dibekali fitur yang cukup lengkap dan akan sangat membantu Anda menjalankan usaha. Fitur tersebut, antara lain transaksi online dan offline, penyimpanan cloud, database pelanggan, kategori harga dan penjualan, serta laporan penjualan. Fitur lainnya adalah laporan top produk dan dukungan untuk cash drawer.

Berbagai Manfaat Aplikasi Kasir dengan Excel

Aplikasi kasir mempunyai banyak manfaat untuk jalannya sebuah usaha. Berikut ini manfaat aplikasi kasir Excel untuk kelangsungan usaha Anda.

Mengatur transaksi dengan baik

Sebelum ada aplikasi kasir, pencatatan pemasukan dan pengeluaran harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan harus dilakukan secara manual. Pencatatan secara manual seperti ini rentan dengan kesalahan, namun bisa diminimalisir dengan aplikasi kasir.

Aplikasi kasir yang terpasang di komputer atau tablet biasanya dilengkapi dengan sistem perhitungan otomatis yang akan langsung menghitung total transaksi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengecek ketersediaan barang dengan desain antarmuka yang mudah digunakan.

Memperbarui stok barang secara otomatis

Data terbaru mengenai stok barang akan sangat memengaruhi kualitas produk yang Anda jual. Dengan pembaruan stok barang secara otomatis, Anda tidak perlu melakukan pengecekan manual setiap harinya. Jadi Anda bisa mengurus keperluan lain untuk membuat bisnis Anda berkembang lebih cepat.

Memudahkan konsumen melakukan pembayaran

Selain menggunakan pembayaran secara tunai, banyak orang sekarang beralih ke pembayaran digital, baik itu dengan kartu maupun dompet digital. Penggunaan aplikasi kasir bisa membantu mengakomodir berbagai metode pembayaran dengan adanya integrasi sistem pembayaran digital dengan sistem aplikasi kasir. Dengan begitu, Anda bisa memberikan pelayanan yang semakin baik pada konsumen.

Membantu analisis usaha yang dijalankan

Aplikasi kasir biasanya mempunyai algoritma untuk menganalisis performa penjualan. Aplikasi ini memungkinkan pengecekan barang terlaris, waktu penjualan tertinggi, hingga konsumen yang paling sering belanja di toko. Data itu akan sangat berguna untuk operasional usaha hingga promosi. Penyajian data biasanya dalam bentuk grafik yang mudah dimengerti oleh Anda.

Membantu urusan keamanan

Pengamanan mesin kasir lama biasanya berupa kunci, jadi siapa pun pemegang kunci bisa langsung memindahkan semua uang yang ada. Masalah ini bisa diatasi dengan aplikasi kasir yang bisa diatur untuk membatasi akses pegawai terhadap fitur-fitur tertentu dari aplikasi. Data-data yang tersimpan juga relatif aman karena tersimpan di server cloud masing-masing.

Manfaat lain dari aplikasi kasir Excel adalah membuat koneksi antar outlet, sehingga data-data yang tersimpan bisa diintegrasikan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Rekomendasi Aplikasi Kasir Excel Gratis dan Mudah Digunakan