Referensi Aplikasi Trading Saham Terbaik 2021 Dengan Fitur Unggulan

Jual beli saham telah dilakukan sejak lama dan biasanya ketika berbicara tentang saham, maka di pikiran banyak orang adalah ini merupakan bentuk investasi yang membutuhkan banyak uang dan saham tidak dapat dimainkan oleh orang biasa atau awam. Namun sekarang sudah berbeda karena siapapun dapat melakukan trading saham dan belum lagi terdapat aplikasi trading saham terbaik yang akan mempermudah Anda untuk selalu tahu perkembangan dari perusahaan terkait.

Aplikasi Trading Saham Terbaik

Memilih Aplikasi Trading Saham Terbaik 2021

Semua orang pasti pernah mendengar kata saham, bahkan mereka yang tidak pernah atau tidak terlalu mengenal istilah ekonomi. Namun kenyataannya hanya sedikit orang yang memahami tentang saham ini sehingga harus diberikan lebih dulu penjelasannya, sehingga tidak akan pernah melakukan kesalahan ketika nantinya berkecimpung di dalam bidang ini termasuk resiko bermain saham. Saham merupakan surat berharga yang mewakili adanya kepemilikan perusahaan atau perseorangan terhadap ekuitas dari perusahaan.

Apa Itu Saham?

Saham adalah bukti dari kepemilikan sebuah perusahaan, maksudnya seseorang memiliki bagian dari perusahaan yang dimaksud. Jika melihat sejarah, kata-kata saham adalah serapan dari bahasa arab yang diambil dari kata sahm (bentuk jamak ashum atau suhmah).

Artinya, pemilik saham adalah orang yang memiliki bagian dari sebuah perusahaan tergantung dari kesepakatan saat kontrak terjadi.

Meskipun Anda memiliki sahamnya, bukan berarti jika Anda juga memiliki hak untuk menjual maupun membeli segala macam aset perusahaan itu. Yang dimaksud dengan kepemilikan ini lebih terbatas di dalam kemampuan seseorang dalam memberikan voting atau pendapat mereka di dalam rapat dewan yang dilakukan pada pemilik saham, memperjual belikan saham termasuk memperoleh dividennya. Meski demikian, perlu diketahui jika kemampuan suatu perusahaan untuk dapat menghasilkan profit itu semuanya tergantung pada nilai sahamnya.

Sementara itu, trading saham merupakan suatu aktivitas jual beli saham untuk dapat memperoleh untung yang terhitung dari harga Capital Gain atau harga jual terakhir. Keuntungan dari trading ini akan diperoleh apabila nilai jual terakhirnya lebih tinggi dibandingkan dengan pembelian di awal.

Mungkin masih ada yang mengira bahwa saham itu sama atau identik dengan bunga bank, padahal tidak ada kaitannya.

Apa Itu Bunga Bank?

Bunga bank adalah sebuah biaya yang dibebankan pada saat membayar jasa terhadap peminjaman uang yang dikeluarkan atau dipinjamkan oleh sebuah bank untuk periode waktu tertentu. Bunga bank biasanya ditentukan dari prosentase dari nominal yang dipinjam atau simpanan.

Saat ini pun cukup banyak aplikasi trading saham terbaik yang akan membantu Anda dalam memahami dan memantai kondisi pasar sebelum mencoba untuk terjun ke dalam bidang ini lebih jauh lagi.

Inilah Aplikasi Trading Saham Terbaik 2021

Di dalam trading saham ini, seorang trader hanya cukup termotivasi untuk memperoleh untung yang besar dan diperoleh dari adanya pergerakan harga saham itu dalam kurun waktu yang paling singkat. Karena itulah, trader saham ini hanya bisa mempertahankan holding di dalam jangka waktu yang cukup singkat sampai meraih untung atau profit maupun juga sampai menemukan adanya perubahan penting yang sepertinya mengharuskan cut loss.

Apa Itu Aplikasi?

Software application atau biasa disebut dengan Aplikasi adalah sebuah salah satu sub dari perangkat lunak yang memanfaatkan berbagai kemampuan dalam menjalankan tugas sesuai keinginan penggunanya. Contoh sub kelas dari aplikasi adalah pengolah kata, pemutar media seperti video, musik, dan lain sebagainya.

Pada 2021 ini sudah sangat banyak jenis aplikasi yang ada, karena semua perangkat saat ini sudah berbasis sistem operasi.

Inilah pula beberapa aplikasi trading saham terbaik yang dapat membantu Anda untuk melakukan jual beli saham tanpa kesalahan dan penyesalan yaitu:

  • Most Mandiri

Mandiri Sekuritas atau yang dikenal pula dengan singkatan Mansek merupakan salah satu broker saham yang paling besar di dalam negeri dan sesuai dengan namanya, ini juga adalah anak perusahaan dari bank Mandiri. Aplikasi untuk trading sahamnya dikenal dengan nama MOST yang merupakan singkatan dari Mandiri Online Stock Trading. Interface dari aplikasi ini begitu nyaman dan mudah untuk digunakan bahkan bagi para pemula sekalipun.

Selain itu, Mandiri Sekuritas ini merupakan milik pemerintah atau BUMN sehingga modalnya pun dianggap paling kuat. Ketika berbicara tentang investasi, maka dibutuhkan lembaga yang memiliki modal paling kuat untuk dapat menjamin jika uang Anda akan dikelola sebaik mungkin.

Registrasinya dapat dilakukan dengan online dan ada banyak sekali kelebihan yang dapat diberikan oleh aplikasi ini seperti produk investasinya dari pasar modal begitu lengkap dan Anda hanya tinggal pilih seperti emisi IPO, SBN, Obligasi, Reksadana, saham syariah hingga saham konvensional.

Fasilitas dalam melakukan training secara online pun lengkap sehingga mengurangi potensi membuat kesalahan di masa depan. Disini Anda juga dapat memiliki akses kepada hasil riset dan juga mendapatkan update harian seputar perkembangan market dan juga perekonomian yang diperoleh dari analis berpengalaman.

  • Indopremier IPOT

IPOT ini merupakan aplikasi saham yang cukup dikenal di berbagai kalangan bahkan dapat dikatakan sebagai salah satu pionir dari trading saham online termasuk mampu mendorong semua nasabah mengikuti training dan juga seminar untuk dapat melakukan investasi dalam jangka panjang.

Di dalam IPOT ini, tidak ada sama sekali minimum deposit ketika Anda membuka akun baru dan deposit itu baru akan diminta ketika Anda melakukan transaksinya. Registrasinya pun dapat dilakukan dengan online sehingga tidak perlu lagi mengunjungi cabang IPOT dan semuanya hanya dilakukan lewat aplikasi.

Selain itu terdapat CS yang akan selalu online setiap hari 24 jam untuk membantu Anda dalam memecahkan masalah maupun ketika Anda memiliki pertanyaan tertentu seputar saham. Terdapat pula fitur trading saham terbaru yang dikembangkan oleh aplikasi ini yang dikenal dengan Robo Trading. Ini adalah sistem dimana dengan otomatis akan menjalankan semua instruksi dari jual beli saham dan harganya pun sudah ditentukan oleh nasabah sehingga tidak akan ada momen yang hilang.

  • Sinarmas

Ini merupakan aplikasi trading yang khusus dimiliki oleh Sinarmas dan di bagian dalamnya terdapat fitur yang sangat menarik. Ada tiga pilihan untuk RDN yaitu BCA, Bank Niaga dan Sinarmas. Sinarmas aplikasi ini juga hanya berlaku untuk reguler saja sehingga akun syariah masih belum disediakan. Isi dari aplikasi ini begitu lengkap meskipun desain di dalam aplikasi ini cukup rumit untuk dipahami.

  • Stockbit

Stockbit ini sebelumnya muncul sebagai forum komunitas trading saham atau Social Trading. Para pemain saham ini sesungguhnya membutuhkan tempat yang digunakan untuk saling bertukar informasi termasuk berbagi atau sharing rekomendasi maupun bocoran mengenai emiten saham.

Forum komunitas ini dianggap sangat penting sebab saham merupakan instrumen investasi yang paling sensitif dengan adanya analisa, berita bahkan rumor. Jika terdapat tempat untuk saling bertukar pikiran, maka akan begitu bermanfaat bagi mereka semua.

Namun Stockbit ini bukan hanya mengenai forum tapi aplikasi yang satu ini begitu berguna pula untuk melakukan analisa fundamental dan teknikal sebab di dalamnya terdapat data pendukung dan disajikan dengan lengkap bahkan mudah untuk dipahami.

Laporan keuangan historis yang ada di dalamnya pun juga akan disajikan dengan lengkap plus ada rasio keuangan yang penting. Keunggulann aplikasi ini adalah desain dari aplikasinya yang masih bersih, segar dan juga mudah untuk digunakan.

  • BNI Sekuritas

Ini juga merupakan aplikasi trading saham yang dimiliki oleh pemerintah atau BUMN dari bank BNI. Tampilan aplikasi ini juga sangat bersih bahkan tidak berat untuk digunakan trading dari ponsel Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan sistem akun trial sehingga Anda dapat mencoba untuk trading tanpa menggunakan uang sungguhan lebih dulu.

Akun trial ini begitu penting untuk membuat trader lebih familiar dengan cara kerja dari aplikasi ini apalagi jika Anda terbilang masih baru kali pertama memasuki dunia saham. Fitur yang dimiliki cukup lengkap seperti corporate action, automatic order list, automatic order, sector trade, watchlist dan sebagainya.

Karenanya sebelum benar-benar terjun di dunia saham 2021, Anda perlu belajar tentang analisa teknikal dan analisa fundamental. Maksudnya, memperhatikan apakah keputusan Anda akan diambil berdasarkan gambar grafik atau melihat dari sisi ekonomi.

Apa Itu Analisis Teknikal?

Analisis teknikal saham adalah sebuah metode analisis yang biasanya menggunakan atau mengacu pada data historis yang dijadikan indikator yang paling utama baik dengan cara melihat pergerakan dari grafik, volume transaksi, harga maupun pola tertentu lain yang biasanya digunakan menjadi dasar bagi investor untuk membuat keputusan apakah akan menjual atau membeli saham ini. Biasanya, analisis teknikal ini selalu digunakan untuk trading dari para stock trader.

Manakah pilihan aplikasi trading saham terbaik yang Anda ingin coba gunakan? Bacalah lebih dulu keterangan lengkap dan bandingkan satu dengan yang lainnya sampai Anda bisa merasakan bahwa aplikasi itu adalah yang benar-benar Anda butuhkan untuk mempermudah urusan trading.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar