Proxy Gratis Atau VPN? Dan Inilah Rekomendasinya

Proxy Gratis Atau VPN? Dan Inilah Rekomendasinya

Proxy gratis masih dianggap cukup handal untuk menembus situs terbatas bagi sebagian orang. Sementara sebagian yang lain menganggap VPN jauh lebih efektif untuk digunakan di semua perangkat. Jadi apa sebenarnya proxy itu dan bagaimana caranya bekerja? Lalu mengapa VPN Dianggap lebih efektif? Berikut penjelasan singkatnya.

Proxy merupakan perantara atau sistem jaringan yang memungkinkan seseorang untuk mengakses alamat situs menggunakan IP berbeda dari perangkat yang digunakannya. Penggunaan IP yang berbeda dianggap penting untuk menyembunyikan alamat IP aslinya. Dengan demikian pencurian data dapat dihindari karena Internet Protocol (IP) yang digunakan bukan alamat asli pengguna.

proxy gratis

Cara Kerja Proxy

Ketika mengakses internet, perangkat kita mengirim permintaan untuk bisa mengakses situs tujuan. Setiap situs dapat diatur untuk menyiarkan halamannya secara keseluruhan atau membatasi dengan alasan tertentu. Kebijakan suatu negara juga bisa membatasi pengguna dalam negara tersebut untuk tidak mengakses situs tertentu. Oleh karena itulah proxy bertugas menembus situs dengan akses terbatas.

Misalnya untuk situs berbahaya, pornografi, rahasia negara atau komunitas tertentu, bisa diatur agar tidak bisa diakses oleh publik. Hanya orang-orang tertentu yang memiliki alamat IP dan dapat menembus pengamanan mereka mampu membuka dan masuk ke situs tersebut

Proxy dapat bekerja karena adanya proxy server. Ketika pengguna ingin menyembunyikan identitas IP atau mengakses situs terbatas, proxy server menggunakan IP yang berbeda sehingga alamat tujuan tidak mendeteksi dan membatasi pengguna tersebut sebagai pengunjung terlarang.

Pemilik proxy server dapat memberikan layanan proxy gratis dengan akses terbatas atau premium dengan berbagai kelebihan. Setiap layanan dapat digunakan untuk menembus alamat IP tujuan dengan berbagai cara. Ada yang membutuhkan akun untuk mendapat akses proxy server, ada yang tetap bisa dilacak IP asalnya, ada juga yang mampu menyembunyikan seluruh data pengguna dan tidak membutuhkan akun.

Daftar Proxy Gratis

Terdapat banyak sekali layanan proxy gratis yang bisa Anda akses melalui browser. Salah satu keunggulan proxy adalah tetap bisa dijalankan meskipun tanpa aplikasi khusus. Anda hanya perlu membuka layanan proxy server melalui browser kemudian mengetik alamat domain tujuan. Berikut beberapa rekomendasi layanan proxy yang bebas digunakan:

  • Hidester

Hidester dinilai sebagai penyedia layanan proxy gratis nomor satu karena memiliki kebijakan tanpa log dan fitur keamanan yang dapat disesuaikan. Dengan demikian situs yang dituju tidak masuk dalam daftar history dan tidak tersimpan dalam perangkat pengguna. Layanan ini juga tidak menuntut pengguna untuk membuat akun baru.

  • Hide.me

Layanan proxy dari hide.me tidak menyimpan log, dapat diakses secara gratis dan premium tapi hanya menyediakan 3 server. Ketiganya adalah Belanda, Prancis dan Amerika. Pengguna bisa memilih meskipun server secara otomatis menyarankan penggunaan dari server terdekat.

  • HMA

HMA menawarkan fitur tambahan yang lumayan untuk pengguna, yaitu auto hide dan tab killer. Keduanya bermanfaat untuk bisa menyembunyikan halaman terbuka meskipun di layar tampak tertutup. Auto hide membuat perangkat Anda menyembunyikan lokasi secara otomatis. Sayangnya untuk mengakses layanan proxy gratis Anda memerlukan alamat email dan harus mendaftar, jika berminat Anda bisa langsung mengunjungi situs HMA.

  • KProxy

Ada sekitar 1,5 juta pengguna KProxy di seluruh dunia hingga saat ini. Layanan proxy gratis dari server ini terpercaya dan memiliki reputasi baik, tapi menetapkan batas untuk browsing hanya 3 jam atau 300 MB dalam satu sesi. Untuk membuka kembali sesi berikutnya harus melalui jeda selama 30 menit.

  • Hotspot Shield

Layanan ini menyediakan versi gratis dan premium dengan 7 pengaturan keamanan tambahan. Server yang tersedia akan menghubungkan Anda ke 4 negara: Kanada, Jerman, Belanda dan Federasi Rusia. Sayangnya mereka tidak mampu memblokir iklan YouTube sehingga tetap bermunculan saat memutar video..

  • VPNBook

Selain menyediakan VPN, mereka juga memiliki proxy gratis dan secara otomatis men-enkripsi 256-bit yang mengesankan karena biasanya hanya ada di layanan VPN premium. Sayangnya layanan ini mencatat data Anda selama seminggu sebagai aktivitas illegal kemudian menghapusnya. Selain menyediakan proxy, platform ini juga memiliki VPN yang bisa diakses premium.

  • 4everproxy

Selain VPNBook, 4everproxy juga memberikan layanan gratis. Melalui proxy ini pelanggan bisa menikmati berbagai opsi server dan lokasi IP. Pengguna tidak perlu membuat akun tapi mereka menyimpan data log selama 7 hari. Meski demikian, tidak ada batasan penggunaan selama tidak digunakan untuk mengunduh secara berlebihan.

  • ProxySite

Salah satu keistimewaan ProxySte adalah bisa unblock situs popular tanpa syarat. Akan tetapi Anda tidak bisa mengatur lokasi server tertentu dari perangkat. Proxy ini cocok digunakan di negara yang membatasi penggunaan situs populer. Ada sekitar 15 server tersedia dari Amerika dan Eropa dapat dipilih oleh pengguna, dengan masa penyimpanan log selama 14 hari.

  • ProxFree

Proxfree memiliki 11 lokasi server dan 13 alamat IP yang bisa dipilih oleh pengguna. Sayangnya saat penggunaan Anda bisa diganggu oleh banyak iklan. Kabar baiknya, ProxFree mampu menghadirkan koneksi yang cepat.
Selain proxy gratis di atas, ada banyak proxy lain yang bisa Anda pakai. Misalnya Proksi Hidemyass, Bayal Proxy, Bay Proxy, CroxyProxy, Tubeunblock, Roxybay, Hiload, Zalmos, atau Kproxy. Masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya.

Perbandingan Kinerja Proxy Gratis dan VPN

Generasi milenial mungkin lebih mengenal VPN dari pada proxy. Meskipun banyak proxy tag dapat diunduh secara gratis atau digunakan langsung melalui browser, penggunaan VPN dinilai jauh lebih praktis. Perhatikan poin penilaian perbandingan antara VPN dan proxy yang dibuat oleh hide.me berikut.

Pertama dari segi keamanan, Hide memberi skor 9.9 untuk VPN dan 3 untuk Proxy. Karena dianggapnya Proxy masih sangat mudah ditembus dan koneski masih bida diputus oleh pihak ketiga. Sementara penggunaan VPN jauh lebih lancar dan privasi pengguna terjaga dengan aman.

Poin kedua dari sisi privasi online proxy yang masih terbatas sesuai pengaturan dan kepemilikan server di beberapa negara. Sedangkan VPN tidak peduli pada batasan negara sehingga secara otomatis mengubah alamat IP di semua aplikasi dan pengaturan perangkat. Nilai untuk VPN adalah 10 dan 6 untuk proxy. Nilai yang sama juga berlaku untuk kebebasan online pengguna.

Dari sisi kecepatan koneksi, Hide memberi nilai 9 untuk VPN dan 6 untuk proxy. Secara praktik keduanya tidak jauh berbeda. Akan tetapi VPN dinilai memiliki kecepatan koneksi lebih baik dibanding proxy. Sementara dari sisi kompatibilitas perangkat, VPN mendapat skor 10 sedangkan proxy 3 karena keterbatasan perangkat yang bisa mengaksesnya.

Dari sisi kehandalan dan stabilitas layanan, VPN dianggap jauh lebih stabil dari proxy gratis versi apapun. Beberapa poin penilaian tersebut tentu berbasis pada subjektivitas Hide. Akan tetapi cukup menjadi acuan bagi Anda yang membutuhkan bantuan penyembunyi alamat atau IP.

Perbandingan layanan proxy dan VPN di atas tentu bukan satu-satunya pertimbangan untuk memilih perangkat terbaik untuk menunjang kinerja harian Anda. Sebagai tambahan, proxy gratis bisa digunakan melalui laptop atau computer tanpa harus install aplikasi. Sementara VPN lebih cocok digunakan di gawai dengan aplikasi pasangan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Proxy Gratis Atau VPN? Dan Inilah Rekomendasinya flagcounter