Project Kuiper: Amazon Ingin Mengirim 3300 Satelit Internet

Project Kuiper: Amazon Ingin Mengirim 3300 Satelit Internet

Apa yang bisa dilakukan Elon, yang sudah bisa dilakukan Jeff sejak lama? Persaingan dua bintang teknologi besar Elon Musk dan Jeff Bezos rupanya sudah memasuki babak selanjutnya. Sekarang Amazon ingin melakukan hal yang sama seperti Starlink dan juga menyiapkan Internet satelit bernama Project Kuiper.

Mereka merencanakan total 83 peluncuran roket selama lima tahun ke depan. Tujuannya terdengar cukup ambisius. Amazon tampaknya ingin bangkit dan berjalan dengan cepat dengan Internet satelit internalnya. Setidaknya, jika perusahaan berhasil, total 3.300 satelit harus menemukan jalan mereka ke orbit di sekitar Bumi dalam lima tahun ke depan.

Ini diumumkan oleh perusahaan pada hari Selasa. Untuk mewujudkannya, Amazon telah memesan 83 peluncuran roket. Selain Ariane 6 Eropa, roket model Vulcan Centaur dan New Glenn akan digunakan. Sementara Amazon mungkin hanya akan dapat memperoleh kembali investasinya yang membanggakan dalam bentuk kontrak Internet.

Project Kuiper Yang Ambisius

Amazon mengumumkan Project Kuiper Internet satelitnya tiga tahun lalu. Sekarang akhirnya memasuki fase panas. Meskipun satelit Amazon sendiri bahkan belum mengorbit, perusahaan sudah sangat menyadari bagaimana mereka akan digunakan. Tujuannya, menurut perusahaan, adalah untuk meningkatkan kualitas dan juga akses Internet untuk semua orang.

Pada akhirnya, internet cepat tidak hanya untuk digunakan di rumah-rumah pribadi sederhana. Pada saat yang sama, kelompok tersebut menjelaskan bahwa mereka tidak hanya fokus pada kecepatan. Selain itu, Internet harus dapat diandalkan dan terutama tangguh. Siapa pun yang berpikir kembali ke fase puncak pandemi tahu betapa pentingnya ketahanan.

Seluruh proyek memang tampak agak samar-samar. Lagi pula, sejauh ini masih dipertanyakan apakah volume satelit akan dibutuhkan. Di sini, orang bisa mendapatkan kesan bahwa Amazon hanya ingin mengamankan sebanyak mungkin ruang di orbit secepat mungkin.

Mengingat langkah cepat yang lain, ini cukup bisa dimengerti. Sesuai dengan moto “memiliki lebih baik daripada membutuhkan,” pemimpin industri SpaceX juga terus meningkatkan. Ikon teknologi Perusahaan antariksa Elon Musk telah memasok Internet ke banyak negara dengan lebih dari 2.000 satelit Internetnya.

Jika Amazon dapat dengan cepat mewujudkan rencananya, armada satelitnya kemungkinan akan mengerdilkan Musk. Kebetulan, Project Kuiper kemungkinan akan menjadi kompetisi nyata pertama untuk SpaceX.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Project Kuiper: Amazon Ingin Mengirim 3300 Satelit Internet