Printer Laser vs Inkjet: Mana yang Lebih Baik?

Printer Laser vs Inkjet: Mana yang Lebih Baik?

Jika membeli printer, baik untuk bekerja atau untuk rumah, sebaiknya memilih yang paling baik. Salah satu pilihan yang mungkin kamu hadapi adalah apakah akan membeli printer inkjet atau printer laser. Printer inkjet menggunakan tinta cair yang disemprotkan melalui nozel mikroskopis ke atas kertas, dan printer laser menggunakan kartrid toner (diisi dengan bubuk halus) dan pelebur yang dipanaskan.

Setiap teknologi memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri. Kedua jenis printer ini menggunakan pendekatan yang berbeda dan masing-masing sesuai untuk memenuhi kebutuhan pencetakan yang berbeda.

Printer Laser

Biaya awal

Cukup mengejutkan, kamu dapat membeli laser  atau inkjet dengan harga yang hampir sama. Jika kamu mencari printer multifungsi yang murah, banyak sekali yang ada di pasaran. Kemampuan untuk memfotokopi dan memindai gambar serta mencetak, tidak ada banyak perbedaan harga antara printer inkjet seperti Canon PIXMA MX350 dan Dell 1133.  Namun, satu perbedaan yang berbeda antara kedua model ini adalah hanya model inkjet yang dapat mencetak halaman berwarna, printer laser hanya mampu menghasilkan dokumen hitam putih.

Kecepatan cetak dan kualitas cetak teks

Ketika untuk mencetak halaman teks hitam dan putih, pencetakan laser tidak terkalahkan. Bahkan dalam model laser monokrom murah yang lebih rendah, kamu mendapatkan kecepatan cetak hingga 20 halaman per menit. Printer inkjet lebih lambat secara signifikan, hanya mencetak 6 halaman per menit dengan teks hitam.

Untuk ukuran cetak normal (sekitar 12pt dan lebih besar), kualitas cetak teks serupa antara kedua platform pencetakan laser dan inkjet. Namun, jika kebutuhan pencetakan kamu termasuk mencetak font kecil maka laser biasanya lebih baik dari pada printer inkjet, karena teknologi fusing lebih cocok untuk kurva menit dan titik-titik teks kecil.

Kesimpulan

Jika Kamu membeli berdasarkan harga, sebagian besar konsumen memilih antara printer laser dan inkjet sederhana. Jika kamu mempunyai dana yang mepet dan hanya mencetak dokumen teks hitam, printer laser adalah solusi yang mudah. Printer inkjet jauh lebih fleksibel, yang penting untuk digunakan di rumah. Tetapi kamu akan membayar lebih banyak biaya dalam hal operasionalnya nanti.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Printer Laser vs Inkjet: Mana yang Lebih Baik?