PRIMEHPC Dari Fujitsu Gunakan Teknologi Fugaku

PRIMEHPC Dari Fujitsu Gunakan Teknologi Fugaku

Fujitsu telah mengumumkan akan memulai penjualan global model FX1000 dan FX700 dari seri “Fujitsu Supercomputer PRIMEHPC”. Mereka memanfaatkan teknologi superkomputer Fugaku yang dikembangkan bersama oleh RIKEN dan Fujitsu. Pengiriman dijadwalkan untuk Maret 2020.

Kedua produk ini dilengkapi dengan CPU A64FX pertama di dunia yang mengadopsi Scalable Vector Extension (SVE) yang merupakan perpanjangan dari arsitektur Arm v8-A untuk superkomputer. Selain itu, A64FX dikembangkan dengan mewarisi desain CPU berkinerja tinggi dan berdaya rendah yang telah dikembangkan Fujitsu sejauh ini, memberikan kinerja tinggi per watt.

CPU tidak hanya mencapai bandwidth memori tinggi dengan menggunakan HBM2 (2), memori die-stacked kinerja tinggi, tetapi juga dapat menangani aritmatika setengah presisi dan multiply add. Dengan cara ini, superkomputer baru diharapkan untuk memperluas penggunaannya di bidang AI.

PRIMEHPC

Fitur PRIMEHPC

Super Komputer ini mendapat dukungan dari interkoneksi Tofu yang sama seperti Fugaku. Funsinya untuk skalabilitas maksimum dalam konfigurasi besar, dan implementasi sangat padat hingga 384 node per rak. PRIMEHPC FX1000 sendiri dapat secara efisien membangun sistem besar yang memberikan kinerja komputasi teoretis melebihi 1, 3 exaflops. Model ini menggunakan sistem pendingin air, yang bertujuan untuk kinerja tinggi dan mengurangi konsumsi energi total termasuk dalam pendinginan.

PRIMEHPC FX700 didasarkan pada teknologi standar untuk sistem superkomputer. Mendukung InfiniBand sebagai interkoneksi dan menggunakan Open Source Software (OSS) untuk middleware HPC. Dengan mengadopsi sistem pendingin udara dan sasis yang dapat dipasang di rak server standar, model ini dirancang agar mudah digunakan untuk pelanggan.

Digunakan Dalam Pengembangan Ekosistem HPC Arm

Fujitsu berpartisipasi dalam mengembangkan ekosistem HPC Arm dengan menghadirkan High Performance Computing (HPC) perusahaan kepada masyarakat. Selain itu, Fujitsu berencana untuk bekerja dengan vendor aplikasi untuk menjadi perangkat lunak aplikasi komersial yang tersedia untuk PRIMEHPC. Hal ini termasuk aplikasi analisis crash LS-DYNA, yang banyak digunakan di seluruh dunia.

Dengan mengembangkan dan menawarkan superkomputer berkinerja tinggi, Fujitsu akan terus berkontribusi pada penyelesaian masalah sosial. Dan juga masalah – masalah lain seperti promosi penelitian dan peningkatan daya saing perusahaan. Secara khusus, perusahaan akan mengembangkan obat-obatan baru, mewujudkan masyarakat yang aman dan terjamin melalui pencegahan dan pengurangan bencana. Dan juga sambil membangun prototipe dalam pengembangan bahan baru dan manufaktur.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program PRIMEHPC Dari Fujitsu Gunakan Teknologi Fugaku