Powerbank Paling Bagus: Berikut Rekomendasi Dan Tips Memilihnya

Saat ini ponsel sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan manusia yang tidak dapat ditinggalkan sama sekali bahkan sejak bangun tidur di pagi hari. Desain dan fitur-fitur ponsel juga semakin canggih untuk membantu pekerjaan manusia. Nah, anda yang beraktivitas mobile atau sering berada jauh dari rumah pastinya membutuhkan powerbank paling bagus yang bisa mengisi daya baterai ponsel di manapun dalam waktu cepat dan tanpa kabel sehingga aktivitas tidak lagi tersendat sama sekali.

Powerbank Paling Bagus

Mengapa Anda Membutuhkan Powerbank?

Semua orang sudah tahu apa itu power bank, yakni pengisi daya ponsel maupun mobile gadget ketika Anda sedang di luar. Proses pengisian baterai tidak membutuhkan kabel maupun sumber listrik sama sekali. Bisa dikatakan bahwa power bank ini merupakan penyimpan daya atau baterai cadangan namun penggunaannya tidak perlu sampai melepas baterai sama sekali apalagi ponsel sekarang kebanyakan menggunakan baterai tanam.

Anda cukup menancapkan kabel seperti USB pada ponsel dan kemudian baterai ponsel pun terisi seperti Anda menggunakan charger ponsel biasanya. Kapasitas daya dari power bank itu beragam dan tentu power bank paling bagus biasanya memiliki fitur yang lebih besar ditambah juga dengan harga yang mahal. Namun cukup banyak pula yang memilih tanpa memikirkan fitur maupun kapasitas selama mereka bisa mengisi daya ponsel dengan baik khususnya jika jauh dari sumber listrik.

Memilih power bank tentunya tidak boleh sembarangan karena Anda pasti ingin power bank yang dapat digunakan untuk waktu yang lama plus awet supaya Anda juga tidak perlu membuang uang lagi untuk membelinya dan bisa maksimal dalam penggunaannya untuk ponsel yang Anda miliki. Selain cara memilihnya, Anda juga harus tahu cara merawat power bank itu dan jangan hanya dijadikan sebagai pengisi daya saja tanpa tahu cara menyimpan maupun merawat dengan maksimal.

Bagaimana Memilih Powerbank?

Ketika memilih power bank paling bagus, sudah pasti harga menjadi patokan banyak orang khususnya yang awam karena harga mahal berarti menandakan kualitas maupun fiturnya lebih baik dibandingkan yang murah. Di satu sisi, pendapat tersebut ada benarnya, namun tidak semua orang punya budget khusus untuk membeli power bank atau peralatan penunjang gadget sehingga jangan hanya mempertimbangkan harga saja.

Berikut adalah beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan saat anda mencari power bank:

  • Kapasitas Arus / Daya

Arus atau daya berperan penting ketika menggunakan ponsel. Semakin besar arus daya yang bisa dialirkan, maka makin cepat juga baterai ponsel itu akan terisi dan belum lagi sekarang sudah cukup banyak ponsel yang diciptakan dengan mengandalkan fitur fast charging dimana hanya 5 menit saja, ponsel bisa terisi hampir penuh. Karena itulah, ketika Anda hendak membeli power bank, coba cek nilainya lebih dulu dan lihat pula arus daya yang dimiliki oleh ponsel Anda. Bila membutuhkan arus nilai sekitar 2 ampere, maka cobalah untuk membeli power bank dengan nilai yang sama sebab hal ini penting untuk dapat mengisi baterai dengan normal.

Kapasitas arus ini jelas memberikan pengaruh pada umur baterainya sehingga menjadikan usia baterai Anda awet. Anda tidak perlu bingung untuk melihat nilai arus itu sebab bisa dilihat di kemasan dari power bank maupun kardus dari ponsel yang Anda miliki bahkan juga muncul di dalam kepala dari charger ponsel Anda.

  • Kapasitas Baterai Ponsel

Ketika Anda membeli power bank, maka hal penting lain yang harus Anda perhatikan adalah kapasitas baterai yang ponsel Anda sendiri. Pastikan bahwa kapasitas power bank yang anda incar setara dengan kapasitas baterai ponsel anda. Tapi akan lebih baik lagi jika Anda memilih power bank yang punya kapasitas dari daya baterai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kapasitas dari daya ponsel Anda bahkan dua kali lipat.

Misalnya, Anda memiliki ponsel yang baterainya berkapasitas 2.500 mAh. Anda sebaiknya mencari power bank dengan daya dua kali lipat yaitu sekitar 5.000 mAh. Ini semua tujuannya adalah untuk mengisi ponsel sehingga baterainya penuh dengan cepat dan sisa daya di dalam powerbank pun juga masih banyak untuk Anda gunakan lain hari ketika membutuhkan atau bisa Anda pinjamkan kepada teman yang baterainya sedang habis.

  • Keaslian

Saat ini sudah banyak sekali merk power bank yang dijual baik offline maupun online. Sebaiknya hindari merk yang Anda tidak ketahui dan cobalah memilih merk yang terkenal dan sudah Anda ketahui dengan baik reputasinya. Dengan Anda memilih merk power bank yang berkualitas dan ternama bahkan bila perlu membelinya di official storenya langsung, maka keasliannya pun akan terjamin dan teruji dengan baik.

Saat ini sudah banyak sekali merk power bank palsu yang beredar dengan luas bahkan tidak segan meniru merk yang terkenal. Jangan pernah mudah tergiur sama sekali bahkan jika harga yang diberikan jauh lebih murah. Mungkin merk ternama lebih mahal namun lebih baik mengeluarkan lebih daripada mendapatkan barang yang buruk dan tidak awet. Ini sama saja mengeluarkan uang lagi.

Rekomendasi Powerbank Paling Bagus 2020

Jika bingung menemukan referensi mengenai power bank paling bagus, beberapa rekomendasi berikut ini mungkin membantu Anda dalam memilih. Inilah power bank terbaik di tahun 2020 antara lain:

Xiaomi

Xiaomi merupakan merk asal Cina yang sudah terkenal di Indonesia dan Xiaomi pun juga mengeluarkan power bank dengan balutan bahan material alumunium sehingga terlihat sangat modern, futuristik, kokoh dan elegan. Power bank yang diciptakan oleh Xiaomi pun juga menawarkan fitur USB smart control dan juga chip untuk charging atau discharging yang berasal dari Texas Instruments.

Dengan menggunakan teknologi canggih, maka rangkaian dari chips ini pun akan langsung terlindungi oleh 9 lapisan perlindungan. Motherboard dan juga baterai ponsel Anda pun akan selalu terlindungi bahkan jika terjadi konslet pada power bank. Power bank milik Xiaomi didesain sangat simpel namun terdapat beberapa kapasitas daya yang berbeda mulai dari 5.000 mAh sampai dengan 15.000 mAh.

Samsung Wireless Powerbank

Siapa yang tidak kenal produsen elektronik asal Korea Selatan yang satu ini? Bila ponsel Samsung Anda maupun juga ponsel merk lain Anda memiliki fitur wireless charging, maka Anda bisa menggunakan power bank yang satu ini sebagai salah satu pengisi daya paling praktis. Fitur Wireless Charging ini dapat ditemukan di dalam ponsel Samsung dengan tipe Galaxy Note Series dan juga Galaxy S Series sehingga Anda tidak perlu lagi cemas tentang kabel maupun yang lain.

Inilah sekilas mengenai cara untuk memilih power bank paling bagus dan juga sedikit rekomendasi yang mempermudah Anda untuk menemukan pengisi daya portable yang paling Anda inginkan sesuai pula dengan ponsel Anda.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar