Performa Dan Kemampuan Surface Pro X Di Windows ARM

Performa Dan Kemampuan Surface Pro X Di Windows ARM

Jajaran Surface Microsoft adalah salah satu perangkat 2-in-1 paling populer di pasar. Karena perangkat Surface seharusnya portabel dan ringan, tidak ada banyak ruang untuk baterai besar di dalam casing. Oleh karena itu, masa pakai baterai selalu menjadi poin untuk perbaikan. Sekarang, Microsoft telah memiliki Surface Pro X di pasar dan terus mendapatkan peningkatan perangkat keras yang lebih kecil.

Notebook ini didasarkan pada prosesor ARM yang dikembangkan oleh Microsoft dan Qualcomm bekerja sama. Arsitektur ARM, yang juga menjadi basis prosesor ponsel cerdas, secara signifikan lebih hemat daya daripada arsitektur x86/x64 dari CPU desktop sebelumnya. Oleh karena itu, notebook dengan prosesor ARM harus menunjukkan masa pakai baterai yang jauh lebih baik dengan perangkat keras yang sama.

Masalah Surface Pro X

Ada masalah yang muncul dengan perangkat ARM yang menjalankan Windows adalah kompatibilitas dan kinerja aplikasi. Karena arsitektur yang berbeda, banyak aplikasi Windows tidak dapat berjalan secara native di ARM. Akan tetapi, di Surface Pro X ini mengakibatkan masalah kinerja dan juga performa secara keseluruhan. Namun pada dasarnya, ini tidak terlalu mengganggu karena pasti punya penyelesaiannya.

Windows on ARM”, yaitu versi Windows untuk perangkat ARM, baru-baru ini mendapat dukungan untuk emulasi x64 di Windows Insider Preview. Akibatnya, semua aplikasi yang dapat dijalankan di Windows normal kini juga dapat dijalankan di Surface Pro X. Kesenjangan kompatibilitas yang tertutup ini adalah waktunya untuk menguji Surface Pro X dan juga “Windows pada ARM” .

Notebook ini dua tahun lebih maju dari desain perangkat Surface lainnya. Baru setelah Pro 8 yang baru-baru ini diluncurkan, desain yang baru dengan tepi tipisnya diadopsi. Perangkat tersedia dalam platinum dan hitam matte. Yang paling mengesankan adalah dimensi Pro X. Ketebalannya hanya 7,3 mm dan beratnya 774 gram. Selain itu, ia memiliki tepi yang sangat tipis, yang sebenarnya hanya terlihat di bagian atas dan bawah.

Surface Pro X dikirimkan dengan “Windows 10 di ARM.” Namun, pembaruan untuk “Windows 11 pada ARM” sudah tersedia. Secara default, hanya emulasi x86 yang tersedia di “Windows on ARM”. Ini berarti bahwa hanya aplikasi yang dikembangkan untuk aplikasi ARM dan x86 yang dapat dijalankan secara langsung. Dukungan untuk aplikasi 64-bit (non-ARM) masih belum ada dalam rilis “Windows on ARM” normal.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Performa Dan Kemampuan Surface Pro X Di Windows ARM