Pentingnya Mempunyai Website Bisnis untuk UMKM

Keberadaan internet seharusnya membuat para pengusaha semakin sadar dalam memanfaatkan media digital untuk menunjang strategi pemasarannya. Walaupun belum semuanya tetapi beberapa dari mereka sudah mulai membuat bisnisnya go online dengan mengembangkan website bisnis.

Hal ini bukanlah hal yang sulit, apalagi sekarang semakin banyak berdiri penyedia jasa pembuatan website untuk berbagai keperluan, termasuk bisnis setara UMKM. Lalu apa sebenarnya pentingnya mempunyai website untuk umkm? Berikut ulasannya!

Pentingnya Mempunyai Website Bisnis untuk UMKM

Pentingnya Mempunyai Website Untuk UMKM

Bagi mereka yang selama ini terbiasa mengelola bisnisnya secara offline tentu perlu beradaptasi dengan model pemasaran digital. Sayangnya beberapa malah tidak tertarik karena mungkin belum menyadari bahwa mempunyai website bisnis dapat berdampak begitu besar bagi usaha mereka. Jika Anda termasuk salah satu di antara mereka, simaklah beberapa poin berikut ini yang menjelaskan pentingnya website bagi pemasaran bisnis bahkan di skala usaha kecil dan menengah.

  • Membuat perusahaan terlihat lebih terpercaya

Mempunyai sebuah website bisnis akan meningkatkan kredibilitas atau kepercayaan orang terhadap perusahaan Anda. website adalah sarana yang efektif untuk mempopulerkan produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada masyarakat. Website bisnis seharusnya lengkap memuat informasi yang berhubungan dengan perusahaan, gampang dipahami, serta jelas, sehingga orang yang mengakses situs tersebut dengan mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Jika orang sudah percaya dengan apa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda, maka peluang untuk membeli produk tersebut akan lebih besar. Website yang dirancang secara professional serta enak dilihat juga akan meningkatkan minat calon customer.

  • Sebagai sarana informasi

Sebagaimana yang tadi telah disebutkan, website bisnis Anda seharusnya memuat dengan lengkap produk yang Anda sediakan sehingga orang mudah memperoleh informasi yang diinginkan. Contohnya Anda menyediakan produk sepatu, maka dalam website itu seharusnya dimuat katalog online yang menjabarkan model, warna, harga, material pembuatnya, dan sejenisnya.

Sebelum berniat membeli suatu produk, terutama yang menyediakan transaksi online, umumnya orang akan ingin tahu apakah bisnis yang dimaksud sungguh-sungguh ada ataukah fiktif belaka. Karena itu cantumkan juga alamat dan kontak toko atau perusahaan Anda. Langkah pemasaran ini bisa berdampak positif dan jangka panjang bagi bisnis Anda.

  • Mempengaruhi pelanggan

Keberadaan website percaya atau tidak bisa menarik orang untuk membeli produk Anda, walaupun pada awalnya tidak berniat berbelanja. Jika website Anda menampilkan produk dengan foto terbaik yang dijepret secara professional sehingga tampak sangat menarik, bukan tak mungkin orang menjadi lapar mata dan memesan. Inilah sebabnya buatlah website bisnis dengan serius.

Ini maksudnya memuat informasi lengkap yang berkaitan dengan perusahaan, memuat spesifikasi detail tentang produk yang Anda sediakan, serta system transaksi yang bervariasi. Inilah sebabnya customer akan memilih memanfaatkan website bisnis untuk berbelanja dan semakin banyak yang berpikiran demikian omset Anda tentu akan meningkat secara signifikan.

Jika seorang calon customer yang pada awalnya penasaran dan akhirnya melihat website bisnis Anda, serta merasa yakin bahwa perusahaan tersebut benar-benar ada, biasanya yang bersangkutan akan melakukan pemesanan.

  • Mengumpulkan database

Pentingnya mempunyai website untuk UMKM salah satunya adalah untuk menghimpun data pelanggan dan calon konsumen yang tertarget. Website akan memudahkan Anda mendata konsumen mulai dari kontak, alamat, email, nomor ponsel, serta produk yang mereka beli atau paling sering mereka beli. Informasi tersebut akan membantu Anda menganalisa produk apa yang diinginkan masyarakat dan hal-hal penting yang mereka inginkan pada suatu produk.

Data pelanggan dan calon pelanggan memungkinkan Anda untuk mengontak mereka jika perusahaan merilis layanan atau produk baru. Untuk membuat mereka setia menggunakan produk Anda, sesekali adakan promosi istimewa, misalnya diskon, hadiah, dan sebagainya.

  • Meningkatkan service

Memang sebaiknya Anda mempunyai staf khusus untuk menangani website perusahaan sebagai sarana pemasaran digital. Secara teratur unggahlah konten-konten yang menarik dan bermanfaat terutama yang relevan dengan layanan atau produk yang Anda sediakan. Ini misalnya saran untuk perawatan produk yang Anda jual, rekomendasi terbaik dalam menggunakannya, atau informasi-informasi lain yang berguna dalam keseharian.

Dengan begitu tanpa sadar mereka akan mengikuti website Anda karena ingin tahu dengan konten terbaru yang dirilis. Jika sudah demikian akan timbul kepercayaan dan loyalitas sehingga bersedia memesan produk Anda dan terus membelinya.

Website Anda juga bisa menjadi sarana untuk memperoleh masukan demi kemajuan perusahaan langsung dari konsumen sasaran. Kesimpulannya di sini website juga berguna untuk memperoleh feedback. Data-data tersebut akan dapat membantu Anda untuk menentukan kebijakan perusahaan atau untuk menentukan produk baru yang akan dirilis ke publik.

  • Menjadi portofolio

Website bisnis pada UMKM juga dapat menjadi sarana untuk mempublikasikan portofolio Anda. Misalnya Anda berjualan keripik singkong rasa yang pernah memenangkan kompetisi sebagai produk kuliner tingkat UMKM terbaik, tampilkan prestasi tersebut pada website. Contoh lainnya adalah bisnis mesin pembuat tahu rancangan Anda telah dipatenkan dan pernah mendapatkan penghargaan sebagai alat inovatif.

Itulah salah satunya yang disebut portofolio yang dapat menjadi nilai plus di mata customer. Selain prestasi, testimony atau ulasan positif juga penting untuk dicantumkan sehingga orang yang belum pernah membeli produk Anda benar-benar percaya kualitas dan keunggulan produk dimaksud hingga penasaran untuk mencoba.

  • Gampang diakses

Website membuat toko atau bisnis Anda terus aktif selama 24 jam penuh dan dapat diakses oleh semua orang tak tergantung waktu serta jarak. Tentu saja dengan catatan yang bersangkutan dapat menyediakan sambungan internet. Artinya kapan pun mereka ingin berbelanja, para customer Anda ini dapat melakukannya, dengan fasilitas belanja online.

  • Call to action

Sediakan pula fasilitas CTA atau Call to Action, misalnya live chat atau link yang secara instan terhubung dengan layanan pelanggan untuk melakukan pembelian, atau mendapat informasi yang ingin diketahui. Fasilitas CTA juga berguna untuk mempertahankan minat calon pelanggan dalam melakukan order.

Bila untuk menghubungi perusahaan atau toko terlalu rumit dan kurang praktis, mereka bisa saja kehilangan ketertarikan dan memesan di toko lain yang menawarkan kemudahan. Karena itu pastikan Anda tidak kehilangan kesempatan di tengah-tengah dunia bisnis yang sangat kompetitif ini.

  • Branding

Website bisnis dapat menjadi sarana branding atau memunculkan brand awareness di mata masyarakat. Ini artinya membuat produk Anda popular dan lambat laun terpaku di benak masyarakat. Hal ini akan menumbuhkan kesetiaan mereka untuk selalu menggunakan produk Anda. Orang biasanya lebih memilih brand suatu produk yang telah familiar dalam keseharian mereka, dibandingkan mencoba-coba merek lainnya. Padahal belum tentu produk baru tersebut selalu kualitasnya lebih buruk. Inilah yang dinamakan loyalitas dan website bisnis dapat membantu Anda untuk itu.

  • Berikalan di Google

Dengan memiliki website Anda juga bisa beriklan di Google Adwords, sehingga sangat memungkinkan produk yang Anda jual bisa dilihat oleh beberapa calon konsumen yang sesuai dengan penargetan iklan.

Nah, semoga informasi tentang Pentingnya Mempunyai Website Untuk UMKM ini bermanfaat bagi Anda. Masih bingung bagaimana cara membuat website? Silahkan Anda jug bisa berlajar terlebih dahulu tentang cara membuat website untuk pemula.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar