Pentingkah Menggunakan Antivirus Android?

Pentingkah Menggunakan Antivirus Android?

Ketika kamu menggambarkan sistem operasi terbesar di dunia, kamu akan menjadi target untuk dieksploitasi. Para penjahat, peretas, menghabiskan banyak waktu energi untuk mencari tahu bagaimana memanfaatkan hal ini. Maka, tidak mengherankan bahwa ada begitu banyak aplikasi antivirus Android yang dirancang untuk melindungi Ponsel kamu. Banyak bahaya yang ada di luar sana yang mencoba mengancam ponsel kamu. Dan oleh karena itu keamanan harus selalu dijaga.

Antivirus Android

Apakah Antivirus Android Cukup?

Seperti yang selalu terjadi dengan Windows, ponsel Android kamu terus-menerus diserang oleh virus, malware, dan ancaman keamanan lainnya. Itu dirancang terutama untuk mencuri informasi pribadi seperti akun bank, kartu kredit, dan yang lainnya. Kadang juga data sensitif, dan terkadang bahkan ponsel kamu sendiri.

Biasanya, aplikasi antivirus android memindai perangkat, perangkat lunaknya, dan aplikasi serta data yang masuk untuk ancaman dan kemudian memusnahkannya. Mereka melakukan fungsi-fungsi ini dan biasanya beberapa opsi keamanan lainnya. Misalnya, memblokir panggilan yang tidak diinginkan, secara gratis. Untuk menambahkan fitur anti pencurian dan fitur keamanan lainnya, terkadang kamu harus meningkatkan versi berbayar dan terkadang tidak.

Aplikasi antipencurian, tentu saja tidak dapat mencegah seseorang mencuri ponsel kamu, atau kehilangannya. Tetapi yang dapat mereka lakukan adalah memungkinkan kamu untuk melacak ponsel itu. Bisa juga memanfaatkan fitur lain seperti menghapus data dari jarak jauh.

Opsi ini bisa menggagalkan segala upaya untuk mengakses dan mengeksploitasi data pada ponsel. Beberapa aplikasi bisa memungkinkan untuk sepenuhnya menonaktifkan atau menghapus aplikasi tertentu. Katakanlah menghapus data perbankan dan data kartu kredit dari jarak jauh.

Cara lain pencuri ponsel mencoba mengklaim data dan perangkat, adalah dengan mengganti kartu SIM. Banyak aplikasi keamanan antivirus menyediakan cara untuk menggagalkan ini. Baik dengan mendeteksi perubahan kartu SIM, mengunci perangkat, atau mengirimi kamu nomor telepon baru.  Hal ini memungkinkan kamu untuk mengirim pesan berkode yang diperlukan untuk melindungi atau menghapus data.

Sebenarnya banyak sekali Antivirus Android yang bisa kamu gunakan. Akan tetapi untuk memilih salah satunya tidak mudah dan juga banyak aplikasi gratis yang saling menawarkan vitur keamanan yang menggoda. Meskipun begitu kita tidak bisa langsung memakainya tanpa pernah tahu fitur yang ada pada aplikasi tersebut.

Jadi berhati-hatillah saat memilih Antivirus Android. Kabar baiknya kamu bisa menggunakan iOS karena arsitekturnya tertutup. Mereka tidak mudah dieksploitasi seperti halnya perangkat Android yang sangat rentan dengan hal ini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Pentingkah Menggunakan Antivirus Android?