Pengertian User Interface: Definisi, Kriteria dan Fungsinya

Pengertian User Interface: Definisi, Kriteria dan Fungsinya

Orang di jaman sekarang mungkin pernah mendengar apa itu pengertian user interface atau UI, karena banyak reviewer Youtube yang menyebutkannya. Informasi user interface adalah salah satu informasi yang mungkin tidak banyak dicari orang, oleh karena itu tidak banyak orang yang paham dan mengerti. Padahal user interface itu adalah sebuah hal yang kalian temukan di berbagai tempat di masa seperti sekarang ini.

Apakah kalian pernah menggunakan aplikasi, atau mengunjungi situs, atau mempergunakan smartphone namun tidak nyaman? Kemungkinan besar itu karena user interface yang digunakan memang tidak memiliki kualitas yang baik dan tidak ramah pada pengguna. Kalian yang penasaran dengan user interface, mari simak penjelasan kami berikut ini mengenai user interface itu sendiri.

Pengertian User Interface

Pertama-tama mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari user interface itu sebenarnya apa, supaya kalian paham dulu konsepnya. User interface merupakan sebuah tampilan visual yang akan menjembatani pengguna dengan produk yang digunakan oleh pengguna. Jadi bisa dibilang kalau user interface ialah visual dari produk, termasuk di dalamnya ada gambar, warna, tulisan, dan lain sebagainya.

Ada orang-orang yang mempergunakan analogi tampilan depan rumah sebagai user interface untuk mempermudah memahami user interface. Kalau kalian mengunjungi sebuah rumah, maka kalian akan bisa melihat bagian depan rumah mulai dari pintu, jendela, dan lain sebagainya. Nah bisa dibilang juga kalau user interface itu seperti halnya bagian depan dari sebuah rumah.

Penerapan dari user interface akan ditanamkan pada berbagai hal yang berhubungan dengan teknologi pada masa sekarang. Bisa digunakan pada satu aplikasi, lalu juga digunakan pada situs atau website, bahkan pada sistem operasi baik laptop atau smartphone. Semua elemen pada tampilan dari semua hal tadi merupakan bagian dari user interface, yang tentunya harus dimaksimalkan.

User interface dirancang dengan memperhatikan banyak hal, ini berlaku baik di aplikasi, website, atau juga sistem operasi. Pertimbangan membuat user interface yakni layout, gambar logo, pemilihan warna dari background atau logo, sampai ke typography untuk mudah dibaca. Biasanya pembuatan dari user interface itu akan memperhatikan semua itu, agar supaya lebih nyaman dan enak dilihat pengguna.

Fungsi dan Pentingnya User Interface

Perancangan dari user interface itu memang sangatlah penting, dan sangat bisa membantu membuat kesan pengguna jadi makin baik. Kembali lagi ke analogi rumah tadi, bila tampilan depan rumah menarik dan nyaman, maka orang akan tertarik dan nyaman untuk masuk ke rumah. Hal ini sama saja dengan user interface, jadi sangat penting untuk memperhatikan user interface dengan sebaik mungkin.

User interface memberikan kesan pertama pada pengguna, bila jelek sudah pasti pengguna akan langsung meninggalkannya tanpa melihat isinya. Jadi memang ada beberapa poin penting yang membuat user interface jadi sangat penting bagi aplikasi, website, atau juga sistem operasi. Melihat pentingnya sebuah user interface, maka poin penting yang harus diperhatikan saat membuat user interface adalah berikut ini.

1. Memudahkan interaksi dengan pengguna

Poin penting pertama adalah supaya bisa memudahkan orang atau pengguna dalam mempergunakan produk baik itu website, aplikasi, atau sistem operasi. Kemudahan ini memang sangat penting lho, karena pengguna tidak akan bisa menggunakan produk kalian kalau user interface tidak ramah. Pengalaman pengguna seharusnya menjadi salah satu poin yang sangat penting yang harus diperhatikan.

Ada beberapa poin yang mempengaruhi pengalaman pengguna, berikut beberapa di antaranya.

  • Tampilan Layout

Poin yang pertama yaitu layout tampilannya, apakah memang cukup luas atau terlalu berdesakan dan lain sebagainya. Kalau terlalu berdesakan sudah pasti pengguna akan kesulitan dalam membaca website, aplikasi, dan sistem operasi. Jadi tampilan layout adalah hal yang sangat penting dan juga harus diperhatikan dengan maksimal.

  • Jenis Tulisan Yang Digunakan

Poin yang kedua ialah tulisan, di mana jenis tulisan itu memang ada banyak sekali. Jenis tulisan apakah memang cukup jelas terlihat atau tidak menjadi penentu apakah orang atau pengguna akan nyaman dengan user interface. Tulisan di user interface adalah hal atau poin yang paling penting dan sebisa mungkin harus diperhatikan.

2. Membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis

Poin penting kedua yang membuat user interface itu menjadi sangat penting adalah karena bisa membantu peningkatan pertumbuhan bisnis. Pada saat user interface yang dipakai itu bisa memberikan pengalaman yang baik, maka sudah pasti pengguna pun akan bertambah. Jadi secara tidak langsung dari user interface saja sudah bisa sangat membantu perkembangan produk dan juga bisnis.

3. Meningkatkan kualitas brand

Poin penting yang ketiga adalah kualitas dari brand, karena user interface berhubungan langsung dengan pelanggan atau pengguna. Jadi user interface inilah yang akan sangat menentukan bagaimana pandangan orang mengenai satu produk atau aplikasi atau website. User interface berkualitas dan juga memiliki identitas khusus akan membuat branding yang dilakukan semakin kuat.

Kriteria User Interface Terbaik

User interface itu memang bebas dalam pembuatannya, karena kreativitas menjadi salah satu hal yang dibutuhkan dalam user interface. Kriteria terbaik user interface adalah sebuah acuan atau panduan, agar supaya bisa membuat user interface yang nyaman bagi pengguna. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat user interface untuk berbagai hal, berikut beberapa kriterianya.

1. Jelas dan simpel

Kriteria yang pertama dari user interface itu harus bisa dilihat dengan jelas dan memiliki tampilan yang terbilang sederhana. Tampilan sederhana ialah yang terbaik, karena sudah pasti akan ramah dengan pengguna karena mudah digunakan. Tampilan yang mewah terkadang malah terlihat membingungkan dan tidak ramah bagi pengguna untuk memanfaatkan produk digital tersebut.

2. Informasi ditampilkan terstruktur

Kriteria yang kedua yakni semua informasi itu bisa ditampilkan dengan baik dan juga tentunya terstruktur dan tertata. Tulisan yang rapi dan juga terstruktur akan mudah dibaca dan juga akhirnya pun akan lebih mudah untuk dipahami.

3. Desain responsif

Kriteria yang ketiga dari user interface ialah desain responsif, jadi bisa diakses melalui device apa saja. Baik itu aplikasi, website, atau juga sistem operasi memang harus memiliki desain yang responsif.

4. Kontras warna yang baik

Kriteria yang terakhir adalah pemilihan warna, user interface yang terbaik sudah pasti memiliki kontras warna yang baik. Jadi tidak membuat mata mudah lelah dan membuat orang nyaman saat melihat.

Kesimpulan

Jadi user interface merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah produk digital, dan mempengaruhi sekali pada perkembangan bisnis. Jangan remehkan user interface, karena ini sangat menentukan. Poin utama dari user interface adalah nyaman dan juga mudah untuk digunakan, ini akan membuat pengguna pun akan loyal dan semakin banyak.

Itulah ulsan seputar pengertian user interface, mulai dari definisi, kriteria dan fungsinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Pengertian User Interface: Definisi, Kriteria dan Fungsinya flagcounter