Bagi kalian yang terbiasa berselancar di internet, pasti pernah menemui yang namanya search engine, tapi tidak tahu pengertian search engine. Padahal sebenarnya apabila kalian berselancar di internet, sudah pasti kalian akan menemui search engine tersebut. Kami rasa sangat wajar, karena kata-kata search engine sendiri memang sangat identik dengan jurusan IT dan juga digital marketing.
Dalam dunia digital marketing itu memang sudah pasti akan mempelajari search engine, cara kerjanya, dan bagaimana cara memanfaatkannya secara maksimal. Bahkan menurut kami sangat penting untuk memahami mengenai search engine ini untuk bisa menguasai marketing digital.
Terlebih lagi pasca Menkominfo berbicara akan membuat search engine buatan Indonesia bernama gatotkaca, itu menjadi bully masal dijagad maya karena netizen menganggap pembuatan search engine GatotKaca hanya ajang “bancakan” anggaran saja. Mari simak penjelasan kami berikut ini mengenai search engine dan juga seperti apa cara kerjanya.
Apa Itu Search Engine?
Pertama-tama mari kita pelajari dulu mengenai apa sebenarnya search engine, karena kami rasa banyak orang yang tidak memahami mengenai hal ini. Jadi search engine adalah sebuah program khusus yang melakukan tugas mencari dan mengidentifikasi informasi dalam suatu data base. Pencarian dari data base itu sendiri dilakukan sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan pengguna, jadi itulah pengertian search engine.
Bila berbicara mengenai search engine secara umum memang database itu sendiri bisa dari berbagai macam sumber, tergantung pembuat search engine. Biasanya search engine yang kalian pakai di internet itu database yang digunakan bersumber dari world wide web atau WWW. Jadi bisa berisi alamat situs atau juga bisa berisi konten yang ada dalam satu situs yang berkaitan dengan kata kunci.
Search engine ini akan menampilkan hasil pencariannya dalam bentuk search engine result page, dan biasanya ada banyak sekali yang disajikan. Semakin baik kinerja dari search engine, maka sudah pasti hasil yang dikeluarkan oleh search engine ini akan makin relevan dengan kata kunci. Search engine adalah program online, jadi untuk mengakses atau untuk bekerja mencari informasi harus menggunakan koneksi internet.

Fungsi Search Engine
Fungsi dari search engine sendiri memang terbilang cukup menarik ya, terutama bila kita lihat dari pengertian search engine tadi. Memang ada beberapa fungsi dari search engine yang bisa sangat membantu kita dalam berselancar di internet di masa sekarang. Dan pada kesempatan ini kami akan jelaskan apa saja fungsi yang bisa kita dapatkan dari search engine yang mungkin tidak banyak orang sadari.
1. Mengindeks alamat situs
Fungsi yang pertama dari search engine adalah untuk mengindeks alamat situs atau web yang ada di jaringan internet. Jadi Bot atau namanya Crawler akan menjelajahi internet dan mendata situs atau web melalui hyperlink dari situs. Setelah menjelajah data yang diperoleh itu akan disimpan dan menghasilkan daftar indeks yang sangat besar dari situs web.
Fungsi ini memang sesuai dengan cara kerja dari search engine yang mungkin tidak banyak orang ketahui. Bagi orang yang mendalami digital marketing, sudah pasti sangat perlu tahu mengenai cara kerja dari search engine selain pengertian search engine. Cara kerja dari search engine sendiri memang ada 3 tahapan, dan berikut ini kami akan coba jelaskan satu per satu.
Crawling
Tahap yang pertama adalah Crawling, di sini search engine akan mengumpulkan berbagai macam data untuk disimpan dalam database. Langkah atau tahapan ini adalah tahapan yang dilakukan sebelum pengguna mempergunakan search engine dengan kata kunci. Crawler akan mencari konten dan menjelajahi internet dan melakukan update dan menyimpan versi terbaru dari satu informasi tertentu.
Search engine sendiri tidak menyimpan konten atau versi asli dari konten, melainkannya hanya tautannya saja.
Indexing
Tahapan yang kedua setelah semua data sudah terkumpul, search engine akan melakukan Indexing atau pengelompokan. Jadi proses ini merupakan pengelompokan data yang sudah didapatkan, dengan tujuan supaya mempermudah menampilkan hasil ketika diminta pengguna. Kategori dari pengelompokan sendiri memang banyak sekali poinnya, mulai dari bahasa, lokasi pencarian, dan lain sebagainya.
Indexing ini sangat berfungsi besar, karena akan menyebabkan pencarian bisa dilakukan dengan sangat cepat sesuai pengertian search engine. Pencarian tidak lagi menyeluruh keseluruhan data, melainkan hanya sesuai kategori dari permintaan pengguna saja.
Ranking
Tahap yang terakhir ialah ranking, jadi search engine akan membuat ranking untuk hasil pencarian atau penelusuran. Search engine menyadari kalau orang hanya melihat halaman-halaman pertama saja meski ada hasil pencarian sampai jutaan. Jadi search engine berusaha menampilkan hasil yang terbaik dan paling relevan, dan muncullah sistem ranking ini.
Alasan lainnya yang membuat search engine membuat semacam ranking yakni untuk kepercayaan dari pengguna. Bila dari halaman pertama sudah ada informasi yang sesuai dan berguna serta membantu, maka pengguna akan makin mempercayai mesin pencari. Ranking inilah yang kemudian membuat banyak bisnis mencoba search engine optimasi untuk supaya masuk ranking pertama.
2. Menyediakan informasi melalui kata kunci
Fungsi yang berikutnya yakni menyediakan informasi untuk banyak orang yang membutuhkan dan mencari melalui internet. Kalau dilihat dari arti kata search engine atau pengertian search engine, sudah pasti fungsi yang utama adalah mencari. Mesin pencari atau search engine ini memang digunakan untuk mencari berbagai informasi dengan jauh lebih mudah dan cepat.
Sekarang ini dengan perkembangan teknologi memang membuat banyak orang memang mulai mengandalkan internet untuk informasi. Terbukti ada sekitar 40 ribu pencarian dilakukan per detiknya lho, dan ini bisa bertambah seiring perkembangan internet juga. Search engine sendiri semakin berkembang, dan terus berupaya untuk menghadirkan informasi apa pun juga yang ada di dunia.
3. Sebagai media pemasaran
Fungsi yang terakhir ialah sebagai media pemasaran bagi banyak usaha yang ada di Indonesia pada masa sekarang ini. Pencarian melalui internet yang semakin tinggi membuat peluang yang sangat besar agar supaya usaha bisa memasarkan produk mereka. Masyarakat pun jadi bisa mencari berbagai macam produk dengan sangat mudah dan juga cepat dengan search engine ini.
Para pengusaha atau perusahaan tinggal membuat konten yang menarik dan membuat kontennya diidentifikasi oleh search engine. Setelah itu bisa dilakukan maka orang bisa menemukan produk dari perusahaan tersebut sesuai dengan pengertian search engine.

Contoh Search Engine
Di dunia saat ini ada beberapa contoh search engine yang memang cukup besar dan kualitasnya itu memang terbilang sangat baik lho. Perlu dicatat bahwa searchengine ini bukan berarti mencari yang terbaik atau paling hebat, karna setiap penyedia memiliki fitur unggulan tersendiri demi memikat hati penggunanya.
Berikut ini beberapa daftar search engine yang terkenal di dunia yang saat ini banyak dipakai oleh orang pada 2025 (update April).
- Google. Google merupakan search engine terbesar, setidaknya sekitar 88,28% pencarian dari Google.
- Bing. Bing pencarian dari Microsoft yang bisa mencapai 2,83% pencarian.
- Yahoo. Mesin pencari ini dulu sempat menjadi saingan google, namun sekarang sudah hampir punah, dengan 1% pencarian.
- Baidu. Baidu merupakan searchengine terbesar di china, mencapai 0,68% pencarian.
- DuckDuckGo. Mesin pencari besutan terbaru ini memiliki pengguna setia sebanyak 0,66%.
- Yandex. Mesin pencari dari rusia ini mencapai 0,5%.
Contoh di atas akan bisa mempermudah kalian memahami pengertian search engine. Pastinya daftar search engine diatas masih belum lengkap informasinya, dan kedepan pastinya akan ada lagi mesin pencari yang keren-keren lagi dengan fitur AI yang canggih. Namun jika melihat persentase, kemungkinan Google dan Bing akan tetap berada di posisi paling atas.