Pengertian MAC Address dan Kegunaannya

Pengertian MAC Address dan Kegunaannya

Apakah anda pernah mendengar istilah Mac Address? Ini bukan nama salah satu brand produk laptop ya! MAC Address adalah singkatan dari Media Access Control Address, yakni sebuah alamat fisik sebuah antar-muka jaringan yang sifatnya unik dan berfungsi sebagai identitas bagi perangkat tersebut. Pengertian MAC Address hampir sama dengan ethernet card pada komputer atau antarmuka (interface) pada router, atau perangkat lain yang bisa terhubung dengan jaringan internet. Alamat ini sudah dibuat oleh pabrik Network Interface Card (NIC) dan disimpan secara permanen pada Read Only Memory (ROM) pada perangkat.

Dalam bahasa sederhana, MAC Address juga disebut hardware address atau alamat fisik sebuah perangkat. Sepanjang sebuah perangkat bisa terkoneksi ke internet, maka perangkat tersebut memiliki MAC Address. Misalnya adalah Bluetooth, Ethernet, FireWire, ATM, 802.11 Wireless Network, FDDI, ZigBee Networks, atau IEEE 803.5 token ring.

Pengertian MAC Address dan Kegunaannya

Pengertian MAC Address dan Apa Bedanya dari IP Address?

Karena sifatnya unik, setiap perangkat memiliki alamat yang berbeda-beda. Tidak mungkin ada dua perangkat atau lebih yang alamat fisiknya sama. MAC Address memiliki panjang 48 bit, yang terdiri dari 12 digit bilangan heksadesimal (0 s.d. F). Enam digit pertama pada MAC Address biasanya menandai pabrik pembuat kartu jaringan (NIC). Dua belah digit tersebut dikelompokkan menjadi 6 (masing-masing 2 digit), dan setiap kelompok dipisahkan dengan tanda (:) atau (-). Misalnya adalah:

  • 01-26-56-75-7D-ab, atau
  • 01:26:56:75:7D:ab

Sebenarnya, sejumlah produsen alat elektronik memiliki ‘nomor’ yang menjadi penanda pabriknya. Penanda khusus ini biasanya dituangkan sebagai 6 digit pertama pada MAC Address. Penanda khusus ini dinamai Organizationally Unique Identifier (OUI). Misalnya, Dell memiliki OUI 00-14-22. Artinya, setiap perangkat yang diproduksi oleh Dell akan memiliki MAC Address dengan 6 digit pertama yang sama. Kemudian, identitas masing-masing perangkat dituangkan pada 6 digit selanjutnya. Contoh lainnya adalah Cisco dengan OUI 00-40-96 atau Nortel dengan OUI 00-04-DC. Namun, ada juga perusahaan yang memiliki lebih dari satu OUI.

Beberapa pertanyaan berikut beserta jawabannya akan membantu memperjelas apa itu MAC Address:

1. Apa sebenarnya fungsi MAC Address?

Seperti dibahas di atas, alamat fisik ini diberikan kepada perangkat yang bisa terkoneksi ke jaringan internet. MAC Address menjadi identitas bagi perangkat yang membedakannya dari perangkat lain saat berkomunikasi satu sama lain. Dengan kata lain, alamat fisik diberikan agar komputer dan perangkat jaringan bisa saling berkomunikasi, seperti mengirim data melalui jaringan. Karena alamat masing-masing perangkat berbeda dan unik, maka siapa saja yang mengakses sebuah jaringan bisa diidentifikasi.

2. Lalu, apa bedanya dengan IP Address?

Sebenarnya, IP Address dan MAC Address memiliki kaitan satu sama lain. MAC Address adalah alamat fisik sebuah perangkat, sedangkan IP Address adalah angka 32-bit yang berfungsi mengidentifikasi host di jaringan. Kegunaan IP Address juga untuk memungkinkan perangkat saling berkomunikasi dengan perangkat lain.

Agar perangkat bisa saling berkomunikasi, maka diperlukan MAC Address, namun agar komunikasi jaringan lebih sederhana, maka digunakan IP Address. Alamat IP tersebut akan diterjemahkan ke MAC Address oleh sebuah protokol bernama Address Resolution Protocol (ARP), sehingga komputer atau perangkat jaringan bisa saling berkomunikasi.

Secara rinci, ada beberapa aspek yang membedakan IP Address dari MAC Address, antara lain:

  • IP Address bersifat logis, bisa dikonfigurasi secara manual, berbeda dengan MAC Address yang merupakan alamat fisik dan sudah ditetapkan dari NIC;
  • IP Address selalu berubah, tergantung jaringan, sedangkan MAC Address tidak;
  • IP Address berfungsi untuk mengidentifikasi tujuan komunikasi jaringan (paket), sedangkan MAC Address bekerja agar perangkat bisa berkomunikasi melewati router yang ada;
  • Alamat IP bisa diganti sesuai kebutuhan, sedangkan MAC Address bersifat unik dan hanya ada satu-satunya di dunia. MAC Address biasanya tidak bisa diubah karena sudah masuk di dalam ROM. Sebenarnya, MAC Address bisa diubah dengan cara tertentu, namun sangat tidak dianjurkan karena berpotensi menimbulkan konflik ketika terhubung dengan jaringan.

Apakah Fungsi Lain dari MAC Address?

Fungsi utama dari MAC Address sudah dijelaskan di atas, yakni agar perangkat dalam jaringan bisa saling berkomunikasi. Namun dalam aplikasinya, fungsi MAC Address lebih dari sekedar komunikasi antar perangkat. Karena merupakan identitas sebuah perangkat, maka MAC Address memiliki sejumlah fungsi, antara lain:

  • Proses filtering di jaringan wireless

Untuk mencegah orang asing masuk ke sebuah jaringan, router bisa diatur untuk meneriba MAC Address tertentu saja. Dengan cara ini, jika IP Address berubah, misalnya jika seseorang menggunakan alamat IP dinamis, maka MAC Address tetap bisa mengidentifikasi perangkat. Filtering atau penyaringan biasanya digunakan untuk menjajaki jaringan dan membatasi apa saja yang bisa diakses oleh perangkat tersebut.

  • Mengidentifikasi perangkat curian

MAC Address juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi jika sebuah perangkat curian terkoneksi ke jaringan. Oleh sebab itu, banyak perusahaan dan lembaga yang mengharuskan anggotanya menyerahkan MAC Address perangkat masing-masing. Jadi, sebenarnya MAC Address tidak boleh diberikan kepada orang lain, kecuali orang yang berwenang dan dapat mempertanggungjawabkan kerahasiannya.

  • Pemulihan data

Alamat fisik perangkat juga bisa digunakan dalam pemulihan data untuk terhubung ke sebuah perangkat nirkabel (wireless). Misalnya adalah pemulihan data menggunakan Disk Drill, sebuah aplikasi yang dikembangkan Cleverfiles. Aplikasi ini bekerja dengan sistem Quick Scan atau Deep Scan, menggunakan metadata yang masih tersedia di dalam sistem file.

  • Pencarian Lokasi Geografis

MAC Address juga bisa digunakan untuk menemukan lokasi geografis sebuah perangkat. Identitas ini bisa dimanfaatkan oleh pihak yang berwenang, seperti kepolisian, untuk menemukan lokasi sebuah perangkat yang terdeteksi terkoneksi ke jaringan.

Bagaimana Cara Mengetahui MAC Address Perangkat Anda?

Seperti dibahas di atas, MAC Address dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk menjajaki perangkat curian. Untuk itu, anda tentunya harus mengetahui MAC Address dari perangkat anda sendiri agar bisa menggunakannya kelak. Berikut adalah cara mengetahui MAC Address perangkat anda:

  • Perangkat Windows 7 atau Windows 8

Bukan command promt (cmd) pada perangkat anda. Bisa melalui All Programs⇒Accessories⇒klick Command Prompt. Atau tekan Win+R pada keyboard, dan ketika cmd. Setelah Command Promt terbuka, ketik ipconfig/all dan tekan ENTER. Sejumlah label dan nilai akan disajikan. MAC Address biasanya terletak pada bagian Physical Address.

  • Perangkat Komputer Mac

Masuk ke Finder⇒Utilities, atau ketik Command+Shift+U secara bersamaan, dan jalankan aplikasi Terminal. Ketik networksetup-listallhardwareports, maka komputer akan menampilkan semua antarmuka (interface) jaringan dan MAC Address (Ethernet Address)

  • Perangkat iPhone

Masuk dari menu Home, pilih Setting⇒General⇒About. Alamat MAC di perangkat iPhone akan tampil di bawah setting WiFi Address.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang pengertian MAC Address, mulai dari definisinya, format, kegunaan, hingga cara menemukannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Pengertian MAC Address dan Kegunaannya