Pengertian Investasi dan Risiko Yang Wajib Kamu Tahu

Pengertian Investasi dan Risiko Yang Wajib Kamu Tahu


Sudah menjadi pemahaman umum bahwa kata investasi tentu berkaitan erat dengan dunia ekonomi dan keuangan. Secara umum investasi adalah suatu kegiatan menanam modal dengan tujuan memperoleh laba sepersekian persen dari produk tersebut. Ada beberapa bentuk atau jenis investasi, misalnya ialah seperti investasi tanah, pendidikan, saham, emas, dan mata uang asing. Agar tidak salah berinvestasi maka anda harus memahami pengertian investasi dan risiko investasi.

Pengertian Investasi dan Risiko Yang Wajib Kamu Tahu

Bagi sebagian orang yang separuh waktunya dihabiskan untuk bekerja, baik itu di perkantoran maupun di lingkungan lainnya investasi ialah tawaran yang menggiurkan sebagai salah satu cara lain untuk mendapatkan penghasilan. Namun jangan sampai anda salah langkah, mengingat banyaknya model investasi yang ditawarkan tentu anda harus lebih berhati-hati untuk memilih nya, sebab sangat dimungkinkan jika ternyata terjadi kasus scam atau hilangnya modal dari investor.

Maka dari itu jika anda memang memiliki keniatan untuk berinvestasi sebaiknya pahami terlebih dahulu apa yang terkait dengan pengertian investasi dan risiko investasi, waktu berinvestasi, jenis-jenis investasi, dan lain sebagainya. Namun sebelum jauh membahas terkait hal tersebut mari kita sedikit ulas tentang pengertian investasi.

Investasi Adalah?

Ada beberapa pengertian tentang investasi menurut para pakar dan ahli ekonomi. Namun pada intinya ialah mereka bersepakat mengartikan bahwa investasi adalah sebuah kegiatan penarikan modal atau menanam modal guna membiayai perkembangan suatu usaha ekonomi, atau mengalihkan modal yang dilakukan untuk membeli sesuatu dengan harapan mendapatkan laba tinggi ketika dijual kembali pada kurun waktu yang lama.

Dari pengertian di atas mungkin anda sudah memiliki gambaran bahwa investasi bisa saja bersifat memberikan modal kepada orang lain untuk suatu usaha atau kerja, dan bagi investor akan mendapatkan bagian dari laba usaha tersebut. Atau investasi juga bisa saja bersifat untuk membeli sesuatu, semisal emas atau tanah dengan harapan akan mendapatkan keuntungan jika dijual beberapa waktu mendatang.

Risiko investasi

Segala bentuk usaha atau pekerjaan selain mendapat keuntungan tentu juga memiliki risiko, begitu pun dengan investasi. Risiko investasi bisa saja diartikan sebagai kerugian atau apa yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan. Anda tentu tidak mau bukan, mengalami kerugian dalam berinvestasi.

Agar hal tersebut tidak terjadi maka sangat disarankan bagi anda yang ingin berinvestasi agar terlebih dahulu memahami risiko-risiko yang akan terjadi. Secara singkat risiko investasi bisa saja dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni dari faktor keamanan yang disebabkan oleh terjadinya bencana alam atau ulah manusia sebagai pengelola investasi. Selain itu juga bisa disebabkan oleh faktor kebijakan pemerintah atau perubahan ketertiban hukum. Namun secara terperinci setidaknya ada 7 risiko investasi yang jarang orang tau, dan berikut adalah penjelasan secara lebih detail.

Beberapa risiko investasi

  1. Risiko pasar
    Risiko pasar bisa saja dipengaruhi oleh beberapa penyebab seperti terjadinya kerusuhan di suatu negara, perubahan peta politik, isu atau berita tertentu, dan adanya resesi ekonomi. Ada beberapa jenis atau golongan pada risiko pasar, diantaranya adalah risiko ekuitas, risiko tingkat bunga, dan risiko mata uang.
  2. Risiko suku bunga
    Secara umum resiko suku bunga dapat diartikan sebagai risiko yang disebabkan oleh perubahan suku bunga di pasaran dan berdampak atau berpengaruh pada pendapatan investasi. Pinjaman atau obligari bisa saja memburuk sebab peningkatan suku bunga, hal itu timbul tentu dikarenakan nilai relatif aktiva berbunga.
  3. Risiko likuiditas
    Resiko likuiditas ialah kerugian investasi yang disebabkan oleh sulitnya memperoleh uang tunai untuk memenuhi perjanjian bagi hasil investasi. Namun tidak hanya itu saja, risiko likuiditas juga dipengaruhi oleh turunnya nilai saham atau aset yang dimiliki. Bahkan yang lebih ironi ialah ketika saham atau aset tersebut tidak laku untuk dijual.
  4. Risiko inflasi
    Resiko inflasi bisa saja terjadi pada investasi jenis obligasi maupun saham, risiko inflasi juga biasa disebut dengan risiko daya beli. Salah satu pemicu dari terjadinya risiko ini adalah penurunan daya beli masyarakat yang mungkin disebabkan oleh kenaikan harga konsumsi.
  5. Risiko valuta asing (valas)
    Risiko valas sangat mungkin terjadi bagi anda yang berinvestasi di penukaran mata uang asing. Sebab risiko valas adalah keadaan dimana harga mata uang asing di pasaran tidak sesuai dengan yang inginkan, terutama pada saat terjadi penukaran.
  6. Risiko kredit
    Risiko kredit sangat rawan terjadi pada investasi pembelian surat hutang baik yang diterbitkan oleh perusahaan swasta maupun pemerintah, atau yang biasa disebut dengan investasi obligasi. Dan anda tentu tau bahwa salah satu sumber kredit atau pinjaman guna mengembangkan usahanya ialah dengan menggunakan obligasi.
  7. Risiko sosial politik
    Perputaran perekonomian suatu negara tentu tidak akan berjalan dengan baik jika situasi politik di negara tersebut juga sedang memburuk. Dan ini sangat berisiko bagi anda yang menanam investasi di negara tersebut, sangat dimungkinkan nilai investasi anda akan merugi. Maka dari itu jika anda berminat untuk investasi di luar negeri sebisa mungkin membaca dan memahami terlebih dahulu kondisi politiknya.

Itulah beberapa pengertian investasi dan risiko investasi, dan tentunya masih banyak contoh atau jenis risiko investasi yang bisa anda baca sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan langkah dalam berinvestasi.

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, kini juga muncul bentuk investasi baru yakni investasi online. Banyak bermunculan perusahaan yang berbasis online menawarkan bentuk kerjasama dengan model investasi. Namun anda juga jangan cepat tergiur dengan keuntungan yang ditawarkan, harus lebih selektif dalam memilih platform investasi online. Sebab di luar sana juga banyak penawaran investasi abal-abal, bahkan bisa saja berujung pada penipuan. Dan berikut adalah beberapa daftar platform investasi online yang selama ini masih bisa dipercaya.

Investasi online terpercaya

  1. Koinworks.com
    Koinworks adalah platform investasi online yang hampir mirip dengan marketplace, jika anda berlaku sebagai investor maka disana anda akan dipertemukan dengan peminjam (seseorang atau perusahaan yang sedang membutuhkan tambahan modal).
  2. Orori.com
    Ini adalah platform investasi online yang fokus pada investasi logam mulia tau emas. Namun tidak hanya itu saja, orori juga menyediakan banyak perhiasan dengan nilai jual tinggi yang beraneka ragam.
  3. Zaisan
    Zaisan adalah merupakan platform investasi online yang bergerak dibidang trading saham. Zaisan sendiri secara resmi disediakan atau didirikan oleh BNI sekuritas. Platform ini sangat cocok bagi anda yang baru pertama kali berinvestasi (investor pemula).
  4. Bareksa.com
    Bareksa adalah merupakan salah satu perusahaan yang memprakarsai investasi dibidang reksa dana online. Ada banyak fitur yang bisa anda manfaatkan di sana yang terkait dengan investasi, diantaranya adalah selain menjadi investor anda juga bisa belajar secara lebih detail tentang investasi.
  5. Modalku.co.id
    Anda tentu sudah tau apa itu peer to peer lending (P2P), dan modalku.co.id ialah merupakan salah satu platform investasi online peer to peer lending. Namun sayangnya modalku hanya dikhususkan untuk UKM atau seller pilihan yang tergabung di marketplace tokopedia saja.
Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Pengertian Investasi dan Risiko Yang Wajib Kamu Tahu