Pengertian, Fungsi dan Cara Memilih Hosting Termurah yang Tepat

Pengertian, Fungsi dan Cara Memilih Hosting Termurah yang Tepat

Jika Anda sebelumnya sudah pernah membuat blog atau situs website, maka tentunya akan mengenal apa yang disebut dengan hosting. Bahwa antara website dengan hosting memiliki hubungan yang sangat erat sehingga bisa dikenal dengan baik oleh pengguna. Sebuah Hosting termurah bisa dikatakan menjadi tanah sebuah bangunan, dimana website menjadi bangunan rumah yang berdiri di atasnya.

Pengertian Hosting untuk Kelola Website dengan Optimal

Merupakan suatu layanan online yang dimanfaatkan untuk mengelola sebuah data pada situs website maupun aplikasi yang dilakukan oleh user kemudian ditampilkan melalui layanan internet. Semua file dalam situs website akan tersimpan di dalam hosting dalam bentuk script, gambar, video, email, database dan aplikasi.

Adapun cara kerjanya adalah ketika Anda sedang mengakses jaringan internet kemudian membuka sebuah alamat website maka pertama kali Anda harus menuliskan kata kunci atau nama domain di laman penelusuran seperti Google misalnya.

Domain dan IP (internet protocol) menjadi satu identitas dari sebuah website agar supaya tak terjadi peniruan dan yang pasti setiap domain memiliki sifat unik. Maka bisa dipahami bahwa tujuan penggunaan hosting termurah adalah untuk melakukan penyimpanan atas keseluruhan data dan informasi yang dimiliki oleh situs website.

Ketahui Fungsi Hosting untuk Kepentingan Website

Diketahui bahwa hosting mempunyai banyak sekali fungsi yang bisa dipakai untuk pengelolaan website sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan pribadi maupun untuk umum. Di bawah ini akan Kita ulas tentang beberapa fungsi dari hosting yang perlu Anda ketahui.

1. Menampilkan halaman website di internet

Fungsi hosting yang pertama adalah untuk membuat sebuah situs website yang mana di dalamnya tersimpan banyak sekali data dan informasi serta dokumen yang berhubungan dengan bisnis maupun pengguna secara umum. Sederhananya adalah dengan memanfaatkan hosting termurah maka laman website Anda bisa ditampilkan di laman penelusuran sehingga bisa dengan mudah diakses oleh kalangan pengguna internet secara luas.

2. Untuk menyukseskan situs website bisnis online

Semakin banyak bisnis online yang memanfaatkan website sebagai pusat informasi dan sarana pemasaran untuk bisnis mereka. Dengan memakai hosting, maka setiap data dan informasi yang ada di bisnis online bisa dicantumkan sehingga bisa dengan mudah terindeks sekaligus terdeteksi oleh mesin penelusuran. Hal itu akan membuat bisnis online bisa dengan mudah dikenal publik secara lebih luas dan bisnis Anda pun semakin berkembang dengan baik.

3. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Dengan keberadaan hosting termurah, maka setiap pebisnis online bisa membuat email yang profesional dan berkualitas. Biasanya email untuk bisnis dibuat dengan identitas email perusahaan atau bisnis yang menggunakan domain sendiri. Hal itu akan menguntungkan bisnis Anda karena terlihat jauh lebih profesional dan memiliki kapabilitas yang terbaik.

4. Perlindungan terbaik untuk website

Fungsi yang terakhir dari hosting adalah untuk memberikan website perlindungan dari beberapa serangan virus, malware hingga deteksi dini adanya serangan DDOS yang mengindikasikan website mengalami serangan spam. Dengan keberadaan hosting, Anda bisa menggunakan layanan Secure Socket Layer atau SSL untuk memberikan perlindungan terbaik pada website bisnis yang dikelola.

Ketahui Jenis Website Untuk Berbagai Kebutuhan

Nah sebelum Kita memilih jenis Hosting termurah, terbaik dan sesuai dengan kebutuhan sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis website yang ada di internet.

  • VPS Hosting, merupakan jenis hosting yang dipakai oleh situs website yang mempunyai traffic pengunjung yang tinggi dan padat.
  • Shared Hosting, yaitu sebuah hosting paling murah yang bisa digunakan untuk kelola website. Umumnya ini digunakan oleh kalangan pemula.
  • Dedicated Hosting, yaitu jenis hosting yang akan memberikan semua sumber daya server website hanya untuk satu klien secara khusus.
  • Manager WordPress Hosting, adalah sebuah hosting yang secara khusus hanya digunakan oleh website WordPress.
  • Cloud Hosting, merupakan sebuah hosting yang memanfaatkan teknologi komputasi awan sehingga membuat hosting tersebut sangat aman untuk penyimpanan data sekaligus bisa memproses data dengan lebih cepat.

Cara Memilih Hosting Termurah yang Paling Tepat Sesuai Kebutuhan

Untuk menentukan jenis hosting termurah yang akan digunakan dalam mengelola sebuah website bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Akan dibutuhkan ketelitian dan kejelian, karena secara tidak langsung akan berdampak pada bisnis yang tengah Anda kelola. Berikut beberapa cara memilih hosting terbaik yang memiliki harga terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Pertimbangkan kecepatan akses dan bandwith hosting

Bahwa harga termahal tidak menjadi jaminan Anda akan mendapatkan layanan hosting yang terbaik, begitu juga sebaliknya. Lihat dengan teliti tentang layanan yang diberikan pada pengguna hosting sekaligus kecepatan akses dan bandwith hosting yang dimilikinya.

2. Pilih hosting sesuai dengan kebutuhan bisnis

Kemudian tips yang selanjutnya adalah untuk memilih jenis hosting yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dalam bisnis yang dijalankan. Seperti kebutuhan akan akses website yang cepat, website untuk bisnis online, apakah website mempunyai trafik pengunjung yang besar, kebutuhan akan kapasitas penyimpanan yang besar dan lain sebagainya. Bahkan memilih hosting termurah untuk website profil perusahaan pun berbeda dengan website untuk bisnis toko online.

Cara untuk menentukan semua itu pun sebenarnya mudah jika Anda mengetahui bagaimana cara melakukannya dengan benar. Yaitu dengan memahami apa yang menjadi kebutuhan dalam pembuatan website. Ketahui website akan dibuat seperti apa, dalam bidang apa dan seperti apa harapan ke depannya. Kemudian setelah itu harus lebih fokus pada hal yang menjadi prioritas utama dalam bisnis.

3. Pilih hosting yang mempunyai fitur host website

Mengapa harus memilih jenis hosting yang memiliki fitur host website di dalam layanannya? Karena fitur tersebut memungkinkan pebisnis untuk mengelola situs website dengan beberapa alamat situs sekaligus untuk mengembangkan bisnisnya. Seiring berjalannya waktu, website bisnis akan mendapatkan banyak sekali pembaruan fitur maupun konten yang kemudian berdampak pada pengembangan di berbagai hal yang ada di dalamnya. Hal itu membuat pebisnis akan membutuhkan lebih dari satu alamat situs website untuk kebutuhan bisnisnya.

Adanya fitur host website akan memberikan layanan hosting yang bisa menampung lebih banyak domain dan semua konten yang ada di dalam website bisnis Anda. Dan saat ini hampir sebagian besar hosting termurah yang ada di Indonesia sudah memiliki fitur host website untuk memenuhi kebutuhan setiap pebisnis pengguna hosting.

4. Tentukan lokasi server yang tepat

Ada lebih banyak provider yang memberikan penawaran untuk pilihan lokasi server yang tepat sesuai dengan kebutuhan website bisnis Anda. Entah itu untuk server yang ada di wilayah Indonesia maupun di luar negeri, sebaiknya pemilihan lokasi dilakukan dengan mempertimbangkan target bisnis yang dimiliki, apakah memiliki target pengunjung website dalam negeri atau dari kalangan mancanegara?

5. Memilih hosting dengan harga terjangkau layanan terbaik

Memilih hosting terbaik memang tak bisa ditentukan dari harga yang dimilikinya. Namun pengguna hosting bisa membandingkan spesifikasi dan harga dari provider hosting yang ditawarkannya. Banyak layanan hosting dalam negeri yang bisa memberikan layanan dan performa terbaik namun bisa diperoleh dengan harga yang lebih bersahabat. Jangan lupa untuk cek harga hosting per paket yang ditawarkannya, karena harga yang dibayarkan tentunya sudah sesuai dengan layanan yang tercantum dalam paket yang diambil.

Sekian ulasan tentang Hosting termurah dengan tips untuk memilih yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Semoga sukses.

PenyediaPromoRating
DomainesiaDiskon hosting 30% SELAMANYA★★★★★
NiagahosterDomain GRATIS April 2024★★★★☆
DomainRacerDiskon 40% & Gratis Domain .COM/.IN★★★☆☆
IdcloudhostHosting lengkap hemat 60%★★☆☆☆
Jagoan HostingTebus hosting murah cuma Rp. 10k★☆☆☆☆
QwordsFlash Sale April 2024 domain murah☆☆☆☆☆
RumahwebDomain .ID super murah☆☆☆☆☆

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Pengertian, Fungsi dan Cara Memilih Hosting Termurah yang Tepat flagcounter