Pengertian Deface dan Mengatasinya Dengan Mudah

Pengertian Deface dan Mengatasinya Dengan Mudah

Pengertian Deface adalah – Saat ini sudah mulai muncul kasus serius yang menimpa blogger atau pemilik sebuah website. Salah satu perkara yang paling menjengkelkan adalah keberadaan deface website yang berpotensi membuat situs menjadi rusak. Oleh karena itu, blogger harus mengetahui pengertian Deface dan mengatasinya supaya situs yang sudah kadung dibangun tidak mengalami gangguan dan hambatan.

Terkait dengan hal tersebut, maka pada berita teknologi berikut ini akan dijelaskan tentang apa itu deface dan bagaimana tips untuk mengatasinya. Untuk itu silakan disimak uraian berikut ini.

Apa Itu Deface?

Secara bahasa, Deface adalah sebuah gangguan yang terjadi pada website dengan berubahnya tampilan halaman depan yang diubah dengan gambar dan tulisan, biasanya tertulis Hacked By kemudian diikuti nick name dari hacker yang melakukan penyerangan.

Pengertian Deface dan Mengatasinya

Pengertian Deface

Secara umum deface adalah gangguan yang terjadi pada website atau situs. Gangguan yang dimaksud bisa berupa perubahan template hingga masuknya iklan dan virus yang berbahaya. Ironinya, gangguan-gangguan ini muncul tanpa sepengetahuan si pemilik website.

Deface adalah gangguan yang terjadi akibat ulah hacker atau peretas yang tidak bertanggung jawab. Motifnya bermacam-macam, ada yang sekadar untuk menjajal security system dari website yang bersangkutan sampai bertujuan jahat untuk mencuri data-data pribadi yang berada di database situs.

Nah, jika membaca dari pengertian umum di atas bisa disimpulkan kalau deface atau deface website adalah gangguan pada website yang para peratas lakukan untuk mencuri data sampai untuk menimbulkan kerusakan pada blog-blog yang populer. Hal ini tentunya perlu Anda perhatikan, terutama jika Anda memiliki website.

Ini Tujuan Pelaku Deface Website

Selain mengetahui pengertian deface dan mengatasinya, juga harus memahami tujuan para pelaku deface (hacker). Paling tidak dari tujuan ini Anda bisa memetakan tips apa yang harus digunakan sebagai pencegahan. Untuk itu silakan disimak, ini tujuan yang dimaksud untuk bisa Anda waspadai.

1. Untuk menjajal sistem keamanan situs

Tujuan pelaku deface adalah untuk menjajal sistem keamanan sebuah situs. Termasuk juga untuk menilai kemampuan diri dalam melakukan peretasan ilegal pada sebuah situs yang resmi.

Jika tujuan ini sukses kemudian hasilnya dilaporkan kepada pemilik website, mungkin masih mendingan, sehingga Anda bisa melakukan tindakan antisipasi dengan meningkatkan sistem keamanan berikutnya. Namun yang menjadi masalah terkadang ini juga dimanfaatkan untuk tindakan jahat yang lain.

2. Melakukan provokasi-provokasi

Ada kalanya peretas melakukan aktifitas deface pada sebuah website demi untuk kepentingan-kepentingan yang berbau provokasi. Untuk tujuan ini biasanya website yang dipilih adalah laman yang populer dan memiliki banyak viewer baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Keinginan peretas sangat jelas yaitu untuk merusak tatanan yang ada dengan memengaruhi banyak orang agar mau melakukan hal-hal yang buruk. Termasuk di dalamnya melakukan provokasi agama dan sosial yang terkadang berujung crash dan bentrok antar masyarakat.

3. Untuk kepentingan bisnis

Tidak dipungkiri, website bisa menjadi sarana berbisnis dengan keuntungan lebih besar jika dibandingkan dengan berbisnis di toko maupun pasar konvensional. Maka dari itu wajar kalau pebisnis mulai melirik situs untuk memasarkan produknya kepada khalayak ramai.

Ironinya terkadang ini menjadi pemanfaatan bagi para hacker tidak bertanggungjawab, tidak hanya hacker indonesia saja namun dari seluruh dunia. Mereka ingin memasarkan produk via website tetapi tidak ingin membangunnya dari nol. Yang ada malah mencuri website orang yang populer hanya untuk memasarkan produknya supaya cepat dikenal oleh masyarakat.

4. Untuk kepuasaan diri

Tujuan terjadinya deface yang berikutnya adalah untuk mencari kepuasan diri. Dalam konteks ini hacker tidak berniat lain selain untuk menunjukkan kapasitas dirinya sebagai peretas website yang handal. Umumnya deface semacam ini memiliki durasi waktu, yang setelah waktu habis website korban akan kembali normal.

Tujuan ini juga sering terjadi bahkan ada even rahasia yang diikuti. Hacker yang mampu meretas sebuah website dengan durasi terlama biasanya mendapatkan juaranya. Nah, terkait hal ini, tentu blogger harus berhati-hati dan sebisa mungkin melakukan tindakan pencegahan.

Tips Mengatasi Deface

Jika membaca ulasan di atas bisa ditarik kesimpulan kalau deface merupakan tindakan berbahaya yang harus dicegah. Langkah ini tidak boleh terlambat karena hacker cenderung bergerak lebih aktif dan masif. Oleh sebab itu silakan disimak list berikut yang berisi tips mengatasi deface yang bisa Anda lakukan.

1. Melakukan audit security system secara rutin

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan audit security system secara rutin. Ini untuk mendeteksi sejak dini apakah sistem keamanan mudah ditembus atau memang sudah terjadi deface.

Cara melakukan audit juga sangat mudah. Apalagi saat ini sudah ada aplikasi searching online bernama UpGuard yang bisa dicoba. Anda bisa membuka aplikasi ini, lalu ketikkan URL website yang dimiliki. Nah, nanti akan muncul notifikasi yang berisi perintah untuk segera mengaktifkan beberapa fitur keamanan agar website menjadi lebih aman.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman yang berhubungan satu dengan lainnya (istilahnya link antar halaman), website bisa dibuka melalui peladen (web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dsb).

Pada tahun 2022 ini keberadaan website sangat wajib bagi perusahaan, instansi, dan lembaga. Bahkan untuk pengembangan bisnis Anda, saat ini sangat dianjurkan untuk memiliki website agar bisa dijangkau oleh orang dari mana saja. Website adalah media promosi secara gratis yang jangkauannya tidak hanya Indonesia saja, melainkan juga luar negeri.

Cara deface terbaru 2022 yang paling sering yakni dengan mencari celah pada website calon korban, makanya untuk menghindari web kita ditarget oleh hacker maka harus diamankan secara berkala.

2. Update CMS berkala

Sekalipun menggunakan CMS sekaliber WordPress, tetap tidak ada jaminan website aman dari perilaku deface. Blogger harus benar-benar menggunakan CMS yang terbaru karena dari segi security system juga lebih gres dan segar.

Apa Itu WordPress?

WordPress adalah salah satu CMS (Content Management System) open source yang paling banyak digunakan sepanjang 2022, bahkan disebutkan bahwa hampir 80% website didunia menggunakan platform wordpress.

Perlu diketahui bahwa WordPress adalah sebuah platform blog yang dibuat menggunakan pemrograman PHP kemudian menggunakan database MySQL. Dengan platform ini kita bisa membuat website yang sangat indah hanya dalam waktu 2 menit saja, ini sudah termasuk untuk front end dan juga back end.

Nah, solusi atas masalah ini tidak ada lain selain harus meng-update CMS secara bertahap atau berkala. Termasuk tidak menunggu gangguan, baru akan melakukan updating yang tentunya sudah terlambat. Untuk itulah penting bagi Anda untuk selalu memeperbaharui CMS jika sudah terdapat notifikasi pembaruan CMS.

Seperti cara deface website 2022, platform yang tidak update akan dengan mudah di hack oleh penyerang.

3. Ubah credential login dengan ID yang sulit

Sejatinya credential login dengan ID rumit tidak menjamin website bebas deface. Akan tetapi paling tidak hacker harus berjuang dengan lebih keras sebelum benar-benar merusak konten.

Oleh sebab itu Anda bisa membuat ID untuk credential login yang benar-benar rumit. Setelah itu simpan dengan baik supaya blogger sendiri tidak melupakannya. Siapa tahu ketika akan diretas, blogger sudah bisa mendeteksinya sejak dini, akibat proses yang melelahkan dan beruntung kalau hacker stres karenanya.

4. Back up data segera

Tips mengatasi deface yang paling umum dilakukan adalah mem-back up data segera. Tujuannya supaya Anda tidak kehilangkan file penting jika memang ada peretasan yang merusak website yang dimiliki.

Entah itu data berupa file script dan lainnya, atau juga database yang notabene hal terpenting dari sebuah website maupun sistem. Setelah masuk ke hosting, si hacker akan mencoba merusak segala hal yang ada di server tersebut.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Untunglah saat ini sudah ada plugin WP Backup yang bisa digunakan untuk back up data secara otomatis. Jadi, aset bisa diselamatkan sebelum dijarah dan digunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum.

5. Manfaatkan plugin anti malware

Langkah terakhir yang perlu dilakukan ialah manfaatkan plugin anti malware atau plugin anti virus yang berada di dalam situs. Anda bisa menggunakan Wordfence yang terbilang plugin anti malware terbaik untuk CMS WordPress. Hal ini harus Anda aktifkan segera, agar tidak terjadi kerusakan pada website.

Plugin ini paling tidak bisa menjadi penghalang peretas yang mencoba masuk ke dalam situs. Hal ini dikarenakan kerja hacker tetap berbasis sistem, sehingga Anda juga harus melawannya dengan filter sistem yang lebih bermutu.

Itulah ulasan tentang pengertian deface dan mengatasinya. Semoga apa yang sudah dibahas panjang lebar ini bisa menjadi tambahan motivasi bagi Anda agar senantiasa berhati-hati dan waspada.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Pengertian Deface dan Mengatasinya Dengan Mudah