Pengertian Brainware, Hardware, dan Software

Pengertian Brainware, Hardware, dan Software

Dalam bidang computer atau IT Anda mungkin banyak mendengar istilah brainware. Maksudnya dari istilah tersebut ternyata mengacu kepada seseorang atau bisa juga lebih dari satu orang yang memiliki latar belakang pendidikan untuk menangani jaringan system informasi manajemen.

Dalam pengertian yang lebih sederhana, kata tersebut artinya adalah orang yang bertugas atau berwenang dalam menjalankan serta mengelola system komputerisasi pada sebuah perusahaan, instansi, komunitas, dan lain sebagainya.

Contoh Brainware

Karena merujuk pada seseorang atau profesi, mereka yang disebut brainware misalnya adalah programmer, administrator, operator, analis, konsultan, dan project manager. Tugas mereka secara umum adalah menggunakan serta mengeksplorasi kapasitas hardware serta software. Berikut ini adalah sekilas tentang paparan tugas mereka.

Programer

Programer adalah orang yang memiliki kompetensi dalam bahasa pemrograman dan dibutuhkan untuk menangani system komputerisasi. Mereka juga bertugas merancang program yang aman untuk mendukung system computer di perusahaan. Aman di sini maksudnya adalah system tersebut terlindung dengan kuat untuk mengantisipasi diretas oleh hacker. Selian itu programer juga biasanya menangani toko online dari perusahaan tersebut.

Administrator

Profesi tersebut bertugas mengelola system operasi serta program yang diterapkan pada suatu jaringan computer. Ada pula profesi database administrator yang tugasnya bertanggungjawab menangani berbagai arsip perusahaan agar tidak hilang atau rusak.

Operator

Seorang operator bertugas membuat system dan program jaringan komputer berfungsi sekaligus merawat system operasi, mempersiapkan materi untuk diakses pengguna computer, dan sejenisnya.

System analis

Profesi ini memerlukan kompetensi interpersonal, analisis, teknis, serta manajerial. Yang bersangkutan bertanggungjawab terhadap riset serta perencanaan untuk memilih software sesuai dengan kebutuhan, misalnya perusahaan, sekolah, organisasi, dan sebagainya.

Konsultan

Seseorang yang ahli dalam bidang computer dengan rekam jejak professional yang panjang umumnya tidak lagi turun langsung untuk menangani system computer. Yang bersangkutan hanya memberikan saran atau rekomendasi tindakan untuk perusahaan atau instansi yang menghendaki solusi terbaik dalam menangani system manajemen informasi. Seorang konsultan juga dapat memberikan saran pemecahan masalah yang berhubungan dengan jaringan computer.

Project manajer

Seorang project manager dapat diibaratkan mandor dalam sebuah pembangunan system. Tugasnya adalah melakukan control dan monitoring terhadap kinerja para staf.

Peran Brainware Pada jaringan Manajemen Informasi

Perangkat intelektual ini memiliki peranan yang besar dalam sebuah perusahaan, yaitu:

  • Yang bersangkutan terlibat sebagai unit manajemen yang terlibat dengan segala hal tentang database atau arsip computer pada perusahaan.
  • Mereka juga melakukan control serta monitoring akan jaringan komputerisasi. Absennya monitoring dalam kinerja perusahaan akan memperbesar peluang peretasan sehingga dokumen-dokumen penting perusahaan bisa bocor.
  • Seorang leader, pendiri, atau atasa perusahaan juga tergolong brainware yang berperan sebagai otak perusahaan dan mengendalikan kemudi bisnis. Inilah sebabnya yang bersangkutan harus orang yang sangat kompeten agar perusahaan tak digiringnya ke arah yang keliru.
  • Perangkat intelektual berupa manajer perusahaan berdampak paling besar kepada jalannya system perusahaan, yaitu untuk menganalisa data dari system informasi sehingga dapat merancang strategi terbaik untuk kelangsungan bisnis perusahaan.

Perusahaan-perusahaan modern menyadari benar bahwa komponen intelektual tersebut sangat vital sifatnya. Sekelompok orang inilah yang berwenang menyediakan system informasi manajemen yang teratur hingga dapat memberikan data-data yang bermanfaat kepada kemajuan perusahaan.

Apa itu hardware?

Secara riil perangkat intelektual brainware dalam kinerjanya akan berkaitan dengan hardware dan software. Tersedia hardware saja tanpa software sebagai “otak”nya tentu computer tidak akan bekerja. Demikian pula keberadaan software dan hardware tanpa orang yang menjalankan pun mustahil bisa membentuk system jaringan computer. Nah, mari kita bahas satu per satu apa yang dimaksud dua istilah tersebut.

Hardware adalah perangkat computer yang dapat kita lihat dan sentuh fisiknya. Hardware atau perangkat keras, misalnya adalah:

  • Masukan perangkat input – Artinya adalah perangkat keras yang diinput ke dalam computer untuk bisa digunakan. Contohnya adalah, microphone, scanner, barcode, light pen, touchpad, joystick, keyboard, mouse, dan sebagainya.
  • Perangkat proses – Prosesor merupakan perangkat proses yang berfungsi memproses input yang telah dimasukkan pengguna computer
  • Perangkat keluaran atau output – Manfaat perangkat keras ini adalah menampilkan hasil olahan computer yang dibutuhkan pengguna, contohnya, plotter, proyektor, printer, monitor, speaker, dan lain-lain.
  • CPU – Fungsi CPU adalah sebagai perangkat pengolah data. Secara kasat mata bentuknya berupa rangkaian sirkuit yang berfungsi sebagai penyimpan data serta perintah-perintah pemrograman.
  • Monitor. Layar computer ini manfaatnya adalah menampilkan data yang diproses dalam CPU, bisa berupa teks, foto, video, power point, dan sebagainya.
  • Keyboard – Keyboard merupakan tombol-tombol huruf, angka, serta perintah yang berfungsi untuk memasukkan data serta perintah pada CPU.
  • Mouse – Alat bantu ini berguna untuk memerintahkan, memproses, atau mengedit data pada layar.
  • Printer – Alat pencetak ini akan mengeluarkan output berupa grafik, gambar, atau teks.
  • CD ROM – Perangkat ini berfungsi untuk menyimpan serta membaca data atau program pada sarana compact disk dengan menerapkan system optik.
  • Compact Disk – Perangkat ini berbentuk piringan yang dibuat dari material sejenis plastik dan berguna untuk menyimpan data.
  • Harddisk – Perangkat ini mutlak keberadaannya pada computer atau laptop sebagai ruang penyimpanan system operasi dan data permanen. Kapasitas penyimpanan harddisk ini sangat besar dan teknologi yang digunakan pun semakin canggih dengan kecepatan yang lebih baik dibandingkan harddisk generasi terdahulu.
  • Scanner – Inilah alat yang digunakan jika Anda berniat memasukkan gambar, grafik, atau teks dalam format digital. Berikutnya seluruh data tersebut dapat digabungkan untuk membentuk informasi yang lebih jelas.

Apa itu software?

Secanggih apa pun system software yang digunakan pada suatu jaringan, tidak akan banyak berguna bila tanpa SDM atau brainware yang memadai. Inilah arti software dalam system komputerisasi.

Software atau perangkat lunak adalah kumpulan data digital yang tersimpan serta diatur oleh computer. Data digital tersebut misalnya adalah program yang bermanfaat untuk menjalankan system computer. Anda tak dapat melihat penampakan fisik perangkat ini karena merupakan produk digital. Berdasarkan penggunaannya, ada 5 kategori software yaitu, system operasi, program utilitas, program aplikasi, program paket, dan bahasa pemrograman.

Software utama yang harus ada pada system computer adalah software system yang berfungsi untuk menjalankan jaringan. Di dalamnya terdiri dari tiga bagian, yaitu, system operasi, program bantuan, dan bahasa pemrograman. System operasi dapat dikatakan sebagai otak computer sebagai jembatan penghubung antara software dengan hardware. System operasi yang paling popular adalah Windows, DOS, dan Linux.

Program bantu sesuai namanya berfungsi untuk menunjang kinerja system operasi, misalnya perangkat lunak anti virus, format disket, defragmenter, dan sebagainya. Sementara bahasa pemrograman adalah aplikasi yang berfungsi menerjemahkan perhitungan matematis menjadi aplikasi dengan berbagai manfaat. Software bahasa pemrograman yang cukup dikenal adalah PhP, java, dan C++.

Software aplikasi sangat banyak jumlahnya, misalnya software pengolah kata atau Word Processor, pengolah angka yaitu Spread Sheet, pengolah data atau data base, multimedia, internet, komunikasi, edukasi, permainan, rancang gambar, dan lain-lain.

Nah, semoga Anda semakin memahami apa yang dimaksud brainware, hardware, dan software.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Pengertian Brainware, Hardware, dan Software flagcounter