Pengertian Blog dan Cara Merubah Domain

Pengertian Blog dan Cara Merubah Domain

Secara umum blog identik dengan website, namun sedikit berbeda yaitu pada karakternya yang lebih personal juga tak dibatasi oleh konsep yang biasanya mencakup lingkup spesifik saja. Jadi dapat disimpulkan bahwa blog dapat memuat konten apa pun, lebih fleksibel, dan bersifat berbagi informasi dalam bentuk non formal. Bagi Anda yang hobi menulis tak ada salahnya mencoba membangun blog untuk meningkatkan skill Anda.

Blog dengan konten yang menarik dan bermanfaat akan menarik banyak pengunjung atau yang disebut traffic. Bila blog Anda mengalami hal tersebut, Anda berkesempatan untuk mendapatkan uang dari blog dengan mendaftarkannya pada program periklanan. Artinya blog Anda menjadi sarana untuk memasang iklan dan Anda mendapat komisi dari sana.

Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Sebelum melangkah lebih jauh untuk menjadikan blog Anda sumber penghasilan tentunya langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat dulu blog tersebut. Inilah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Salah satu domain paling popular untuk membuat blog adalah blogger.com. Sebelum login pastikan Anda sudah mempunyai akun Google terlebih dahulu. Login dapat dilakukan dengan menginput alamat email serta password pada kotak yang tersedia. Berikutnya adalah mengisi informasi sesuai permintaan dan klik tombol next step. Konfirmasi informasi tersebut sebagaimana prosedur yang diminta. Anda juga harus menginput nomor handphon sebagai verifikasi.
  • Selanjutnya akses kembali blogger.com dan login menggunakan akun yang sudah Anda buat tadi.
  • Setelah mengakses laman, klik menu “blog baru” dan mulai membuat blog Anda.
  • Tuliskan judul sebagaimana konsep yang Anda inginkan dan masukkan alamat untuk diakses pengunjung nantinya. Nama blog seharusnya menarik, unik, namun mudah diingat. Selanjutnya pilihlah template yang ada dalam kolom dan terakhir klik “buat blog”.
  • Anda sudah selesai membuat blog. Untuk mengakses dashboard secara tersendiri akses blog Anda dengan mengklik judulnya.
  • Blog baru Anda sekarang membutuhkan artikel, ini misalnya sambutan untuk pengunjung laman Anda. Caranya sangat mudah, yaitu tinggal klik tombol “entri baru”.
  • Isilah blog pada laman tersebut dengan konten apa saja yang Anda inginkan sesuai konsep yang diangkat. Hal ini kira-kira sama dengan menulis status pada sossial media. Artikel-artikel atau konten apa pun yang Anda buat akan dapat diakses secara luas oleh pengguna internet di seluruh dunia.
  • Agar terlihat lebih menarik tambahkan foto, gambar, atau ilustrasi dalam artikel. Anda bisa mempelajari sendiri beragam menu yang terpampang di bagian atas kotak untuk menuliskan artikel. Rajinlah menulis artikel sebagai ajang berlatih agar keterampilan Anda semakin meningkat seiring berjalannya waktu.
  • Setelah menulis artikel jangan lupa klik tombol publikasikan untuk mengupload konten tersebut.

Kemudian agar lebih terlihat profesional Anda bisa mempelajari bagaimana cara merubah domain pada blog tersebut.

Cara Merubah Domain Blog Agar Lebih Professional

Bila Anda mulai serius dengan aktivitas sebagai blogger, berarti sudah waktunya untuk meng-custom domain blogger Anda menjadi blog pribadi. Ini artinya akhiran alamat blog Anda menjadi .com, .net, atau .org. Inilah keuntungan melakukan kustomisasi blog Anda:

  • Almat blog menjadi lebih singkat
  • Lebih gampang diingat pengunjung
  • Terlihat lebih professional
  • Memotivasi Anda untuk mengurus blog tersebut dengan serius
  • Dapat dipindahkan pada platform WordPress tanpa kehilangan traffic

Inilah Langkah-Langkah yang Dapat Anda Ikuti!

Untuk mengganti alamat blog Anda menggunakan domain personal yang harus dilakukan pertama kali adalah mendaftarkan nama domain pilihan Anda pada perusahaan penyedia nama domain. Walaupun setiap perusahaan memiliki langkah yang berbeda-beda untuk kustomisasi domain, tetapi secara umum berikut prosedurnya.

  • Akseslah perusahaan penyedia nama domain pilihan Anda.
  • Anda harus memeriksa ketersediaan nama domain yang Anda pilih tersebut. Artinya apakah nama yang Anda inginkan sudah digunakan orang lain atau belum.
  • Anda bisa memilih ekstensi domain misalnya .com atau .id. Ekstensi .com cocok bila target viewers Anda adalah global, sementara .id bila target yang dikehendaki meliputi lingkup jangkauan tertentu saja.
  • Lakukan pengecekan dengan meng-klik “cek domain”.
  • Bila domain yang Anda kehendaki tersedia Anda tinggal klik “pesan”.
  • Berikutnya ikutilah proses sesuai petunjuk yang tertera pada dashboard.
  • Anda juga akan ditawarkan untuk menyewa web hosting. Pilihan ini tentu terserah Anda.
  • Kembali ikuti proses sebagaimana petunjuk yang diberikan hingga Anda melihat tombol “check out”.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih metode pembayaran, melakukan pembayaran, serta mengonfirmasi pembayaran Anda.
  • Domain yang Anda kehendaki sudah menjadi milik Anda.

Rekomendasi Domain Untuk Blogger

Setelah mengetahui tentang bagaimana cara merubah domain pada blog Anda, selanjutnya silahkan pelajari tentang cara memilih domain agar blog Anda memiliki performa yang baik di internet. Domain bagi sebuah blog adalah identitas, tujuan atau visi, brand, serta konsep blog Anda.

Inilah sebabnya Anda harus benar-benar cermat dalam memilih nama domain karena akan berdampak kepada blog Anda. Nah, perhatikan panduan berikut!

• Pilihlah nama yang paling mewakili blog Anda. Singkatnya ada dua tipe nama domain dalam dunia blog, yaitu EMD dan Brandable. EMD adalah kependekan dari Exact-Match Domain, yaitu domain dengan keyword tertarget untuk mengoptimasi blog tersebut agar termuat di laman pertama search engine. Contohnya blog Anda mengulas tentang tips kecantikan, jadi domain EMD Anda misalnya tipskecantikan.com atau tips-tipskecantikan.com.

Domain brandable lebih memfokuskan pada brand/merk daripada keyword dan blog demikian ini cocok sebagai upaya branding atau brand awareness, yaitu untuk mempopulerkan suatu merk produk. Bila Anda memperhatikan, produk-produk yang terkenal selalu menggunakan nama brandnya sebagai domain, misalnya Google.com, Facebook.com, dan seterusnya.

Mana yang harus dipilih sebenarnya tergantung dari tujuan dibangunnya blog tersebut, tetapi banyak blogger yang berpendapat bahwa domain EMD lebih cocok bagi pemula. Alasannya adalah memberi Anda peluang lebih besar untuk direkomendasikan oleh mesin pencari di laman utamanya.

• Hindari menggunakan nama yang sudah digunakan orang lain. Anda bisa dituntut dengan tuduhan pelanggaran hak cipta.

• Nama domain seharusnya menarik, unik, mudah diingat dan mudah ditulis.

• Ekstensi nama domain juga perlu diperhatikan, misalnya .com, .net, .co.id, dan seterusnya. Bila nama domain yang Anda inginkan pada ekstensi .com sudah digunakan, Anda bisa memilih ekstensi yang lain dengan nama domain yang sama.

• Bila ingin menggunakan domain bekas, pastikan latar belakang domain tersebut tidak berkaitan dengan hal-hal yang bertolak belakang dengan konsep yang ingin Anda munculkan pada blog Anda.

PenyediaPromoRating
NiagahosterDomain GRATIS Januari 2022★★★★★
IdcloudhostHosting lengkap hemat 60%★★★★☆
Jagoan HostingTebus hosting murah cuma Rp. 10k★★★☆☆
QwordsFlash Sale Januari 2022 domain murah★★☆☆☆
DomainesiaDiskon hosting 30% SELAMANYA★☆☆☆☆
RumahwebDomain .ID super murah☆☆☆☆☆

Daftar Platform Blog Paling Direkomendasikan

Memang tidak mudah memilih platform untuk membangun blog Anda, tetapi beberapa rekomendasi berikut ini mungkin bisa membantu.

WordPress.com – Platform ini menyediakan aneka paket yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Medium – Tampilannya yang simple dan user friendly sangat cocok bagi pemula.

Tumblr – Blog ini cocok bagi Anda yang akrab dengan media social Twitter karena penggunaannya hampir sama.

Wattpad – Platform ini dikhususkan untuk blog-blog berupa cerita fiksi.

Wix – Membangun blog dengan Wix akan memudahkan Anda melakukan kustomisasi.

Nah, semoga informasi tentang blog dan cara merubah domain tersebut bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Pengertian Blog dan Cara Merubah Domain