Pengaruh Liputan Media Berita terhadap Pendidikan

Pengaruh Liputan Media Berita terhadap Pendidikan

Berbagai penelitian telah mengeksplorasi bagaimana liputan media berita memengaruhi berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari, termasuk kebijakan pemerintah dan respons bencana. Namun, area yang belum tercakup secara memadai adalah bagaimana liputan media tentang peristiwa-peristiwa mempengaruhi pendidikan.

Untuk memahami dengan tepat peran mereka di sekolah, kita perlu memeriksa bagaimana media massa berkolaborasi untuk membangun realitas alternatif. Artikel ini membahas bagaimana penyajian berita di platform media massa mempengaruhi kebijakan dan praktik reformasi sekolah.

Liputan Media Berita terhadap Pendidikan

Mengapa Ada Liputan Media Berita dalam Materi Pendidikan?

Di Amerika Serikat dan di seluruh dunia, pendidikan dipandang sebagai salah satu masalah terpenting yang memerlukan kebijakan mendesak dan intervensi pemerintah. Sementara minat pada kualitas dan akses ke pendidikan terus tumbuh, ada sedikit mengejutkan cakupan masalah pendidikan di media berita di Amerika Serikat.

Menurut penelitian terbaru, dari sumber berita televisi, cetak, radio, dan web, hanya 1, 4 persen dari liputan media berita tentang topik terkait dengan pendidikan. Banyak dari ini terkait dengan persimpangan pendidikan dengan politik, keuangan sekolah, dan insiden kekerasan di sekolah.

Ini berarti bahwa sangat sedikit perhatian telah diberikan pada isu-isu yang lebih penting seperti reformasi sekolah, kurikulum, dan pengajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa cakupan pendidikan masalah kritis di media berita masih minim.

Pertanyaannya kemudian, mengapa penting bagaimana dan apakah platform media berita meliput masalah pendidikan? Sebuah tanggapan langsung adalah bahwa pemerintahan demokratis yang efektif tergantung pada keterlibatan publik yang diinformasikan. Adalah peran pers untuk menginformasikan kepada publik tentang reformasi dan masalah kebijakan yang berkaitan dengan pendidikan.

Namun, efek dari media berita pada pendidikan melampaui hanya memberi informasi kepada publik tentang isu-isu penting. Outlet media juga dapat membentuk masalah yang dilihat oleh publik sebagai hal yang mendesak dan kritis. Proses penetapan agenda ini membentuk perubahan transformasional.

Karena itu, berita ini sangat sukses dalam memberi tahu orang lain apa yang harus dipikirkan. Kekuatan ini untuk mengatur agenda atas nama publik memikul tanggung jawab besar untuk liputan media berita. Dan dari waktu ke waktu, harus membentuk persepsi tentang isu-isu penting seperti pendidikan guru.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Pengaruh Liputan Media Berita terhadap Pendidikan