Pengalaman Pengguna Website: Strategi UX Untuk SEO Efektif

Pengalaman Pengguna Website: Strategi UX Untuk SEO Efektif

Apakah Anda tahu apa itu UX? User experience atau pengalaman pengguna merupakan aspek yang cukup krusial terkait performa aplikasi atau website. Untuk mendapatkan konversi yang menjanjikan, maka suatu website harus fokus pada kualitas pengalaman pengguna website tersebut. Kali ini kita akan mengkaji bagaimana strategi pengalaman pengguna atau UX yang tepat untuk SEO efektif.

Seberapa Penting Pengalaman Pengguna Website untuk SEO?

Untuk menunjang peringkat SEO yang menjanjikan, UX harus dioptimalkan dengan baik. Selama saya mengurus proyek SEO sebelumnya, UX berperan cukup krusial. Jika UX dibuat dengan tepat, maka pengunjung web cenderung bisa lebih lama berada di dalam situs. Mereka tertarik untuk lebih lama dan lebih intens mengeksplor halaman web.

Strategi UX bisa menunjang CTR lebih banyak, konversi, dan aspek-aspek lain sebagainya. Website Anda akan dinilai oleh Google dengan peringkat tinggi karena dianggap bermanfaat untuk pengguna internet.

Apa Saja Strategi Pengalaman Pengguna yang Harus Diterapkan?

Berdasarkan pengalaman saya mengurus klien terkait SEO, berikut beberapa strategi yang bisa Anda coba terapkan:

Awali dengan menganalisis pengguna

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda bisa manfaatkan alat-alat untuk menganalisis perilaku pengguna. Misalnya saja seperti tools Analytics dari Google atau tools sejenisnya. Tools SEO tersebut bisa kita manfaatkan untuk memahami apa saja topik yang dicari pengguna, interaksi dengan web, dan aspek lainnya. Dari data-data yang Anda dapatkan melalui analisis tersebut, maka bisa membuat Anda lebih mudah membuat keputusan terbaik.

Pastikan website punya desain yang disukai pengguna

Kita tidak bisa memperhatikan semua pengguna di dunia, tapi setidaknya buat website Anda memiliki desain responsif. Poin ini berkaitan erat dengan kemudahan pengguna menggunakan website terkait. Pastikan juga website tersebut ramah berbagai perangkat.

Jadi, website tetap relevan konteks dan desainnya mesti diakses melalui tab, PC, maupun perangkat mobile. Desain yang mobile-friendly berarti ukuran halamannya menyesuaikan dengan baik sesuai perangkat apa saja yang digunakan. Aspek satu ini juga terkait dengan penilaian peringkat SEO. Google umumnya akan mengutamakan web ramah mobile dan responsif.

Buat konten terbaik untuk pengguna

Konten seperti apa yang terbaik untuk pengalaman pengguna website? Anda harus fokus pada aspek kualitas dan relevansi. Semakin relevan konten Anda, maka akan semakin pasti pengguna mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Jika konten tidak relevan, maka visitor bisa saja memilih untuk meninggalkan halaman web.

Dari sisi kualitas konten, ini juga sama pentingnya karena kredibilitas website Anda akan dipertaruhkan. Jika website Anda ingin lebih dipercaya pengguna, maka pastikan konten-kontennya berkualitas semua. Jangan hanya fokus pada banyak keyword atau membuat isi konten secara sembarangan.

Dalam merancang konten, fokus pada informasi komprehensif dan mendalam. Jangan lupa untuk memastikan artikel tersebut juga mudah dipahami dan dibaca.

Kemudahan melakukan navigasi dalam website

Lalu poin yang terakhir yaitu seputar navigasi. Pastikan Anda fokus pada navigasi yang bukan hanya memudahkan tapi juga cepat. Beberapa orang tidak ingin berlama-lama untuk mendapatkan informasi.

Pada sisi lain, mereka akan lebih mudah mengakses informasi jika navigasi web dibuat semudah mungkin. Bukan hanya bisa mengakses fitur-fitur yang ada tapi juga bisa menunjang konversi seperti melakukan pembelian. Menu-menu harus dibuat lengkap dan jelas.

Intinya pengguna perlu menemukan hal-hal yang memang mereka butuhkan secara mudah. Sekian saja pembahasan di atas mengenai strategi pengalaman pengguna website, semoga bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Pengalaman Pengguna Website: Strategi UX Untuk SEO Efektif flagcounter