Peneliti Memperingatkan Bahaya Aplikasi Malware Crypto

Para peneliti dunia maya kembali menemukan aplikasi yang dihinggapi Malware Crypto yang cukup berbahaya. Mereka menargetkan uang milik pengguna atau siapa saja yang memiliki dompet crypto. Biasanya aplikasi ini akan membuat akun palsu kemudian membuat korban tidak sadar diri melakukan login ke tempat yang salah. Jika sudah begini, korban pasti akan kehilangan aset mereka yang berharga.

Para peneliti ini berasal dari perusahaan keamanan Intezer Labs. Mereka mengatakan jika aktivitas malware ini kembali naik akibat harga crypto yang kembali menggila. Bahkan ini sudah dimulai akhir tahun kemarin, dan kejahatan di dunia Crypto meningkat pesat. Namun ternyata aktivitas ini baru diketahui pada awal tahun yang membuat para peneliti itu terkejut.

Malware Crypto

Malware Crypto Semakin Berkembang

Salah satu Malware Crypto yang cukup meresahkan adalah RAT atau bisa dikatakan trojan yang bisa di akses jarak jauh. Nama trojan baru ini disebut ElectroRAT dan menyasar pengguna Windows, Linux dan juga MacOS. Dan ElectroRAT ini juga telah menyusupi 3 aplikasi yang nyatanya banyak ada pengguna yang memakainya.

3 aplikasi ini adalah Jamm, eTrade, dan terakhir adalah DaoPoker. Jamm dan eTrade ini menjaring para korbannya dengan membuat perdagangan Crypto palsu dengan website mereka sendiri. Sedangkan untuk DaoPoker, ini merupakan semacam perjudian poker yang sangat berbahaya. Jadi jika kamu tidak tahu apakah aplikasi itu baik atau buruk, jangan pernah mencoba-coba jika memang meragukan. Karena itu memang tidak pernah disarankan jika kamu tidak mengerti.

Intezer Labs sudah memberitahukan hal ini ke masyarakat umum setelah menemukan masalah. Jadi pada dasarnya para peneliti pihak keamanan di seluruh dunia mulai berhati-hati dan membuat persiapan yang matang untuk menghapus malware itu.

Cara kerja malware ini adalah menginfeksi komputer korban dan menampilkan antarmuka yang menarik perhatian. Setelah korban melakukan klik, mereka akan membuat program yang berjalan di latar belakang. Program ini hampir tidak bisa di ketahui jika kamu tidak tahu seluk beluk komputer. Selain itu jika terkoneksi dengan internet, semuanya akan semakin membuat Malware Crypto ini lebih mudah dikendalikan.

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar