Peluang Usaha 2020 Reseller Atau Dropshipper

Peluang Usaha 2020 Reseller Atau Dropshipper


Di zaman sekarang ini semakin mudah untuk merintis dan menjalankan bisnis online dengan sarana internet, atau disebut bisnis online. Walaupun model bisnis di dunia maya ini sudah popular sejak beberapa tahun belakangan namun tetap termasuk peluang usaha 2020 yang mempunyai prospek menguntungkan.

Sebagai pemula Anda bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper terutama jika belum mempunyai produk dengan brand milik Anda sendiri atau hanya tersedia sedikit modal. Simak ulasannya.

Peluang Usaha 2020 Reseller Atau Dropshipper

Perbedaan dropshipper dengan reseller

Sebelum mengulas lebih jauh tentang kedua model bisnis online ini, ketahui dulu apakah perbedaan antara kedua sistemnya.

Reseller

Sebagai reseller Anda perlu stok barang dari supplier atau distributor untuk dijual. Sebagai reseller Anda tidak wajib memiliki toko fisik karena sasaran utama bisnis ini adalah para pengguna internet. Lakukan promosi di media social, marketplace, atau jika ada website milik pribadi. Jika belum memiliki website, cobalah belajar membuat website mulai dari awal.

Untuk stok barang memang dibutuhkan modal, tetapi yang pasti tidak sebanyak jika Anda membuka toko fisik. Jika ingin menjadi reseller tanpa modal besar, Anda bisa memilih supplier atau agen terdekat, atau paling tidak ada di satu kota. Jadi begitu ada order dari customer Anda bisa segera membeli produk dari agen dan mengirimkannya.

Dropshipper

Bagi Anda yang tidak mempunyai modal, bahkan tanpa skill berbisnis online, system dropship adalah solusinya. Peranan dropshipper adalah sebagai tenaga pemasar yang mempopulerkan suatu produk atau jasa di media social atau marketplace. Pilih saja marketplace atau toko online terbaik yang paling nyaman untuk digunakan.

Jika salah satu follower atau pengguna internet lain tertarik dan ingin membeli produk yang Anda promosikan, mereka akan melakukan order. Setelah menerima order tugas Anda berikutnya adalah meneruskannya kepada supplier. Nantinya supplier yang akan mengemas produk tersebut serta mengirimkannya kepada customer.

Yang menarik, produk tersebut dikirimkan atas nama Anda atau nama online shop milik Anda. Dengan begitu konsumen akan menganggap bahwa Andalah pemilik produk tersebut. Seru, kan? Tanpa perlu ribet mengurus packing, pengiriman, dan lain-lain Anda sudah bisa mendapatkan profit dari jualan online.

Cara Memulai Bisnis Online Sebagai Dropshipper

Tertarik dengan peluang usaha 2020 menjadi dropshipper. Inilah panduannya!

1. Memilih produk

Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memilih produk untuk dipasarkan. Pilihlah produk yang Anda minati serta laris di pasaran. Ada dua perangkat yang dapat menjadi acuan, yaitu Google Trend dan Marketplace.

Dengan menggunakan Google Trend Anda bisa mengetahui produk apa yang sedang disukai alias sedang trend saat ini. Hasil pencarian Anda akan ditampilkan dalam bentuk grafik trend berdasarkan pencarian pengguna internet pada mesin pencari.

Untuk mengetahui produk yang lagi hits di Marketplace, search saja pada “Hot Items” atau “Produk Terlaris”. Jangan lupa buatlah perbandingan pada beberapa marketplace untuk memperoleh hasil yang lebih pasti.

2. Menganalisa persaingan

Bisnis online shop dropshipper atau reseller memang berpeluang memberi keuntungan besar dengan modal yang terjangkau, karena itu tingkat persaingannya demikian ketat. Selain bersaing dengan pedagang ecer lainnya, Anda juga harus berkompetisi dengan distributor besar dan supplier tangan pertama yang sanggup menawarkan harga terendah.

Jangan berkecil hati dulu menghadapi persaingan, karena di sinilah naluri bisnis Anda akan bertumbuh. Suatu produk dengan kompetisi penjualan yang tinggi berarti bahwa produk dimaksud benar-benar diminati dan berpotensi menjadi bisnis yang langgeng.

3. Memburu supplier atau distributor mitra yang terpercaya

Sebelum memulai peluang usaha 2020 dengan system dropship, pastikan untuk memilih distributor professional dan terpercaya. Kriteria distributor yang terpercaya adalah menyediakan produk berkualitas, sanggup merespon mitra pemasarnya dalam waktu singkat, serta dapat mengirim order tepat waktu kepada customer.

Ingat, konsumen tidak akan peduli walaupun kesalahan bukanlah pada pihak Anda. Mereka hanya tahu suatu produk dibeli di toko Anda sehingga berbagai complain juga akan dialamatkan kepada Anda. Untuk mendapatkan distributor terpercaya Anda bisa mencarinya di marketplace terkemuka, melalui forum-forum bisnis online, atau media social.

Distributor yang serius dalam mengembangkan bisnisnya pasti akan membantu para dropshipper dan resellernya untuk sukses bersama-sama. Alasannya tentu saja keberhasilan mitra-mitra pemasarnya akan berdampak pada kemajuan perusahaan.

Distributor-distributor seperti inilah yang cocok menjadi mitra bisnis Anda karena mereka tidak segan berinvestasi untuk meningkatkan SDM para rekannya. Jadi bagi Anda yang tidak memiliki skill dan sama sekali tak berpengalaman dalam pemasaran online, tidak perlu khawatir. Kesempatan Anda untuk sukses sama besarnya dengan orang lain.

Nah, materi-materi marketing online yang biasanya dibagikan pada program edukasi bagi para dropshipper dan reseller adalah:

  • Membangun online shop

Anda akan belajar dari nol cara membuat online shop dengan konsep sesuai produk yang dijual. Online shop ini bisa dengan memanfaatkan platform marketplace atau menggunakan media social. Facebook dan Instagram paling disarankan mengingat kedua platform tersebut paling banyak penggunanya di seluruh dunia. Apa lagi jika Anda bisa menggunakan Facebook Canvas sebagai materi iklan, tentu akan lebih menarik.

  • Menarik perhatian pelanggan dan mempopulerkan produk

Agar cita-cita untuk kerja di rumah dan dibayar terealisasi lapak dagangan atau online shop milik Anda harus dapat menarik minat customer. Pada pemasaran online hal ini dilakukan dengan strategi khusus yang tentu saja berbeda dengan promosi pada toko konvensional. Contohnya Instagram yang lebih menonjolkan visual mengingat platform ini dirancang untuk berbagi foto/gambar.

Agar orang tertarik untuk mampir dan mengikuti akun Anda, tampilan feed Instagram harus rapi dan menarik. Nama akun sebisa mungkin harus gampang diingat dan mewakili produk yang Anda tawarkan. Gunakan hashtag agar postingan tersebut berkesempatan muncul di berbagai tempat.

Pelajari cara menulis caption dengan teknik copywriting agar tujuan soft selling yang dilakukan berjalan lancar. Lakukan interaksi dengan follower atau calon konsumen tertarget dengan memberikan like atau berkomentar pada unggahan mereka.

Jika bisnis sudah mulai berjalan dan menghasilkan keuntungan, pertimbangkan untuk mulai memasang iklan berbayar, baik Instagram Ads atau Facebook Ads. Jalin kerja sama dengan influencer untuk meng-endorse produk jualan pada akun mereka.

Kesimpulannya, setiap sarana pemasaran mempunyai teknik-teknik spesifik yang berbeda untuk menunjang aktivitas bisnis Anda.

  • Teknik closing

Inilah materi yang cukup berperan karena menjamin kesuksesan Anda dalam penjualan suatu produk. Tim mentor dari distributor mitra akan mengajarkan strategi untuk mendekati calon pelanggan dan meyakinkan mereka secara persuasive untuk membeli produk Anda.

Walaupun banyak kelebihan yang dapat Anda peroleh dari bisnis online ini, tetapi sedikit banyak masih ada kekurangannya, antara lain:

  1. Persaingan ketat, kemudahan prosedur pembuatan akun toko serta jangkauan yang sangat luas membuat persaingan pada bisnis online juga cukup ketat.
  2. Kredibilitas diragukan, salah satu yang membuat kepercayaan terhadap toko online rendah adalah karena barang yang dibeli tidak bisa dicoba terlebih dahulu oleh konsumen. Selain itu pemilik toko tidak melayani konsumen secara langsung ditambah dengan banyaknya penipuan dengan kedok onlineshop. Inilah penyebab membuat kredibilitas toko online yang sebenarnya amahan menjadi diragukan.
  3. Konektivitas internet, transaksi pada bisnis online berjalan sangat cepat. Konektivitas internet yang buruk walau dalam jangka waktu yang pendek pun akan berdampak besar. Pemilik toko online bisa rugi hingga jutaan rupiah karena konsumen bisa dengan mudah beralih mencari penjual lain yang mampu melayani lebih cepat.

Nah semoga ulasan tentang peluang usaha 2020 di atas menginspirasi Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Peluang Usaha 2020 Reseller Atau Dropshipper