Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menjanjikan

Krisis ekonomi global telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Tidak sedikit yang kehilangan pekerjaan, dan banyak yang harus menutup usahanya sementara atau bahkan selamanya. Terhentinya aliran pendapatan mempengaruhi kehidupan pribadi maupun sosial. Akibatnya, semua orang harus menyesuaikan diri dengan tatanan kehidupan normal yang baru, tidak terkecuali mahasiswa.

Para mahasiswa harus lebih kreatif mencari peluang bisnis untuk mahasiswa sehingga mereka bisa bertahan di tengah krisis apapun, tanpa harus bergantung kepada kiriman dari orang tua. Selain itu, berbisnis sejak di bangku perkualiahan adalah cara yang baik untuk menempa diri agar lebih baik dalam mengelola waktu dan menempa diri untuk hidup mandiri sejak dini.

Bisnis Untuk Mahasiswa

Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Kreatif

Generasi millenial, seperti mahasiswa, cukup beruntung karena generasi ini lebih cepat dalam menyesuaikan diri dengan tatanan kehidupan normal yang baru. Mereka dibekali kemampuan untuk memanfaatkan teknologi sebagai sumber penghasilan. Nah, jika anda ingin memulai usaha sejak dini, cobalah beberapa peluang bisnis untuk mahasiswa berikut yang bisa anda buka tanpa harus mengorbankan perkualiahan anda:

Bisnis Online

Ada banyak jenis usaha online yang bisa anda buka, mulai dari menjual barang-barang fashion, komestik, atau produk kesehatan secara online. Anda bisa membuka toko secara gratis di marketplace Indonesia, seperti Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak. Anda juga bisa berperan sebagai reseller untuk brand produk tertentu. Jangan lupa memanfaatkan sosial media, seperti Instagram, WhatsApp, atau Facebook sebagai sarana promosi.

Selain menjual produk, anda bisa menawarkan jasa secara online. Misalnya, jika anda adalah mahasiswa jurusan matematika, mengapa tidak membuka kursus matematika secara online? Demikian juga dengan mahasiswa jurusan lainnya. Untuk usaha semacam ini, anda tidak mesti membuka website sendiri. Namun, anda bisa bergabung dengan platform freelance online berdasarkan skill atau keahlian yang anda miliki. Di antaranya:

  • Proyek web design
  • Proyek content marketing secara freelance
  • Social media marketing atau digital marketing lainnya
  • Aktivitas Public Relation secara online
  • Proyek online lainnya berdasarkan keahlian anda
  • Penulis freelance
  • Jasa video editing secara online

Sebagai mahasiswa, bergabung di proyek online tidak hanya mengasah kemampuan anda, namun juga menjadi sumber pendapatan tambahan. Cukup menarik, bukan?

Bisnis Perlengkapan Kesehatan

Saat ini, masyarakat semakin menyadari pentingnya memperhatikan kebersihan dan kesehatan dirinya sebagai upaya mencegah penularan virus dan kuman. Ada beberapa perlengkapan kesehatan yang permintaannya meningkat belakangan ini. Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan, antara lain:

  • Hand sanitizer, anda pasti tahu bahwa saat di awal pandemi, hand sanitizer sempat menghilang dari pasaran. Hingga saat ini, permintaan terhadap produk ini masih tinggi dan diperkirakan masih akan sama hingga beberapa tahun ke depan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dirinya. Jadi, anda bisa memproduksi hand sanitizer yang memenuhi standar WHO dan melakukan uji laboratorium untuk memastikan khasiat maupun keamanannya.
  • Ramuan herbal, Salah satu kiat menangkal virus dan kuman penyakit adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Akibatnya, banyak masyarakat yang beralih mengkonsumsi ramuan-ramuan herbal untuk meningkatkan stamina. Anda bisa mencari referensi ramuan herbal alami yang bermanfaat menjaga sistem imun, seperti kunit, jahe, kencur, daun sereh, temulawak, asam jawa, dan sebagainya. Bisnis ramuan herbal ini sangat menjanjikan, karena permintaannya terus meningkat. Meski demikian, ada baiknya anda melakukan uji laboratorium terlebih dahulu sebelum meluncurkan produk anda kepada publik. Hasil uji laboratorium ini bahkan menjadi ‘alat promosi’ yang sangat ampuh bagi anda, karena memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa produk yang anda jual aman bagi mereka.

Bisnis Pengiriman Lokal

Meskipun pengiriman produk harus dilakukan secara langsung, anda bisa mengelolanya secara online. Saat ini, masyarakat lebih memilih berbelanja dari rumah. Berbelanja di rumah tentunya lebih aman dibanding harus ke pasar membeli kebutuhan sehari-hari. Akibatnya, bisnis pengiriman online baru pun bermunculan, baik skala lokal maupun skala nasional dan global. Ini bisa menjadi peluang usaha menjanjikan bagi anda.

Anda bisa membuka usaha pengiriman online skala lokal. Tidak perlu muluk-muluk membangun bisnis pengiriman skala nasional. Di tingkat lokal saja, permintaannya sangat tinggi. Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan, supermarket, atau minimarket lokal untuk menyediakan jasa pengiriman berbagai komoditi atau produk langsung ke rumah konsumen.

Untuk mempromosikan bisnis ini, anda bisa memanfaatkan media sosial yang ada. Anda bisa memilih fokus pada produk tertentu, seperti produk kesehatan (alkohol, antiseptic, hand sanitizer, atau masker) atau produk kebutuhan rumah tangga, seperti sembako dan lainnya. Jika anda memiliki kemampuan web design, di tahap pengembangan berikutnya, anda bisa membangun website untuk bisnis jasa pengiriman lokal ini. Anda juga bisa bekerja sama dengan perusahaan kurir yang telah anda untuk meningkatkan jangkauan pelayanan anda.

Bisnis Makanan Beku

Saat ini, masyarakat memang dianjurkan untuk tidak keluar rumah kecuali jika ada urusan mendesak. Akibatnya, masyarakat memilih untuk menyimpan stock makanan lebih banyak di rumah, sehingga kebutuhan keluar rumah dapat diminimalisir. Salah satu cara aman menyimpan makanan agar tahan lama adalah membeli makanan beku. Ini adalah peluang bisnis untuk mahasiswa yang jeli. Makanan beku bisa dibuat dari berbagai bahan, seperti ikan, daging, ayam, dan sebagainya.

Ada beberapa opsi bagi anda. Pertama, jika anda memiliki kemampuan memasak atau mengolah makanan (misalnya dari daging ikan menjadi bakso ikan, dan sebagainya), anda bisa memproduksi sendiri makanan beku dan menjualnya secara online. Apalagi ditambah layanan pengiriman gratis, maka masyarakat akan lebih menyukainya. Kedua, anda bisa bekerja sama dengan produsen makanan beku di daerah anda dan menawarkan diri sebagai distributor, agen, atau retailer di daerah anda.

Bisnis Jasa Disinfeksi

Meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan tidak hanya terjadi di lingkungan rumah, namun juga lingkungan perkantoran. Badan usaha atau perkantoran melakukan disinfeksi terhadap lingkungan kerja mereka secara berkala, misalnya, sebelum atau setelah mengadakan rapat. Ini adalah peluang bisnis untuk mahasiswa yang cukup menarik. Anda bisa bekerja sama dengan rekan-rekan sesama mahasiswa untuk membuka jasa disinfeksi. Modal yang anda butuhkan sangat minim, yakni kemampuan membuat disinfektan, peralatan penyemprot disinfektan, serta sarana promosi seperti media sosial.

Sebagai mahasiswa, anda harus optimis bisa menjalani kehidupan dengan baik. Banyak peluang bisnis untuk mahasiswa yang bisa membantu anda bertahan dan mengurangi ketergantungan terhadap kiriman uang bulanan dari orang tua. Selain itu, membuka usaha sejak dini akan menempa kemampuan anda dalam mengelola bisnis. Dengan demikian, anda tidak akan merasa ragu nantinya ketika akan benar-benar terjun ke dunia bisnis. Lebih penting lagi, orientasi anda kelak tidak lagi untuk mencari pekerjaan, namun untuk menciptakan lapangan kerja.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar