Pekerjaan Online Yang Paling Populer di Tahun 2021

Di era modern seperti saat ini segala bentuk kegiatan bisa dengan mudah dilakukan dengan bantuan teknologi, seperti transaksi keuangan, sarana transportasi, dan lain sebaginya, termasuk apa yang terkain dengan pekerjaan online.

Dengan memiliki pekerjaan online Anda tidak perlu datang ke tempat kerja dengan tepat waktu, sebab beberapa pekerjaan online seperti menjadi blogger, youtuber, penulis artikel, dan desainer grafis bisa dilakukan kapan pun dan dari mana saja. Sehingga Anda bisa dengan bebas menentukan waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

Modal utama sebagai pekerja online ialah Anda harus memiliki laptop, atau jika tidak ada maka wajib memiliki smartphone, dan yang paling utama yakni adanya jaringan internet. Soal kemampuan, tentu seiring berjalannya waktu Anda akan bisa dengan sendirinya, belum lagi jika didukung dengan proses belajar yang serius.

pekerjaan online

Contoh Pekerjaan Online Paling Populer

Profit dari pekerja online juga cukup lumayan, Anda tidak hanya mendapatkan pembayaran atau gaji mata uang rupiah saja. Namun Anda juga sangat berpotensi mendapat penghasilan dari luar negeri yang pembayarannya menggunakan kurs dollar. Penasaran dengan bagaina dan apa saja jenis perkerjaan online? Simak ulasannya dibawah ini.

Menjadi Penulis Lepas

Bagi yang memiliki bakat menulis artikel atau hobi di dunia literasi menjadi penulis lepas sangat direkomendasikan. Anda bisa bergabung dan menawarkan jasa menulis dibeberapa situs freelance seperti Sribulancer dan Fiverr. Jika memungkinkan Anda juga bisa membuat website sendiri terkait jasa penulisan artikel dan mempromosikannya di media sosial.

Harga dari setiap artikel berbeda-beda, biasanya ditentukan dengan jumlah per kata dan bahasa yang digunakan. Semakin panjang artikel yang dibuat maka harganya juga semakin mahal, apa lagi jika menggunakan bahasa inggris. Pekerjaan online yang satu ini juga memiliki banyak komunitas, sehingga bisa saling belajar dan meningkatkan kemampuan.

Kelebihan yang harus dimiliki

Seorang penulis artikel setidaknya harus memiliki beberapa kelebihan, agar orang lain semakin yakin untuk bekerjasama dan merasa puas dengan hasil tulisan Anda. Diantara kelebihan tersebut yakni sebagai berikut.

  • Memahami teknik menulis dan gaya tulisan yang berkarakter.
  • Mampu bekerja tepat waktu sesuai dengan perjanjian.
  • Familiar dengan SEO penulisan artikel.
  • Biasa menggunakan plugin Yoast, ini merupakan nilai tambah yang hanya sering digunakan oleh jasa penulisan artikel profesional.

Jualan Online

Jika Anda memperhatikan beberapa tahun ini tentu ada banyak orang-orang disekitar Anda yang mulai jualan produk secara online, dan Anda pun bisa melakukan pekerjaan ini dengan mudah tanpa harus memiliki stok maupun memproduksinya sendiri. Caranya yakni dengan menjadi reseller dan mempromosikan produk tersebut secara online.

Ada banyak cara untuk mempromosikan produk dagangan di internet, misalnya yakni dengan rajin memposting di sosial media atau menjadi penjual di beberapa marketplace. Namun sayangnya di luar sana ada ratusan, bahkan bisa jadi ribuan orang yang memiliki produk yang sama persis dengan Anda. Untuk itu Anda harus menguasai trik atau keahlian tertentu agar siap bersaing dengan mereka.

Keahlian yang perlu disiapkan

Agar produk dagangan Anda bisa dilihat oleh banyak orang dan tentunya laris terjual, selain rajin memposting di media sosial dan marketplace seperti Shoppe, Lazada, maupun Tokopedia. Setidaknya Anda juga harus belajar dan menguasai beberapa trik berikut ini.

  • Bisa menulis atau mempromosikan dengan bahasa yang menarik (copywriting).
  • Menguasai teknik promosi berbayar misalnya Facebook Ads, Google Ads, maupun iklan berbayar yang disediakan oleh marketplace.
  • Menentukan produk dagangan melalui riset keyword.

Fotografi Online

Jika Anda seorang fotografer setidaknya ada beberapa kemungkinan yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan penghasilan secara online, yakni dengan cara menawarkan jasa memotret, cetak foto, dan edit foto secara online. Atau Anda juga bisa menjual hasil karya foto-foto tersebut di situs luar negeri seperti Pixabay maupun Shutterstock.

Diluar sana ada banyak orang yang membutuhkan foto atau gambar terbaik untuk menunjang pekerjaannya. Ada yang dimanfaatkan sebagai gambar pelengkap di artikel, ada juga yang dijadikan sebagai media untuk promosi produk. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan bagi seorang fotografi untuk go online.

Yang harus dipersiapkan

Fotografer termasuk pekerjaan seni yang tidak semua orang bisa, namun tentu Anda juga harus siap bersaing dengan orang lain. Agar hasil foto memiliki nilai lebih sebaiknya Anda juga perlu menyiapkan beberapa hal berikut.

  • Memiliki keahlian memotret yang mumpuni.
  • Terbiasa menggunakan aplikasi atau software edit foto.
  • Mau belajar mempromosikan hasil foto secara online, termasuk membuat akun di situs penjualan foto seperti di atas.

Desain Grafis

Pekerjaan online yang satu ini termasuk cukup menjanjikan. Selain banyak yang membutuhkan jasanya, menjadi seorang yang mahir dibidang desain grafis juga cukup sulit, sehingga masih sangat minim kompetitornya. Dan keahlian dibidang ini juga sering dibutuhkan di perkantoran, sehingga Anda juga bisa bekerja secara offline.

Seorang desain grafis biasanya memiliki tugas untuk membuat logo, katalog promosi, poster suatu kegiatan, dan lainnya. Bahkan untuk meningkat SDM dibidang ini banyak bermunculan sekolah kejuruan terkait desain grafis.

Keahlian yang disiapkan

Meskipun tidak pernah mempelajari seputar desain grafis di lingkungan sekolah atau dunia perkuliahan, namun tak ada kata terlambat bagi siapa saja yang ingin terjun di dunia desain grafis, asalkan mau dan mampu menguasai beberapa poit penting seperti berikut.

  • Terbiasa menggunakan software desain grafis seperti Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, dan lainnya.
  • Memiliki banyak referensi dan ide yang kreatif.
  • Membuat portofolio yang menarik.

Web Developer

Ini juga merupakan jenis pekerjaan online yang belum banyak orang bisa. Keahlian seorang web developer biasanya ditempati oleh para sarjana lulusan teknik infomatika. Meskipun demikian tentu siapa saja bisa menjadi ahli dibidang ini asalkan mau belajar dan menguasai sesuatu yang terkait tentang bahasa pemrograman.

Selain menawarkan jasanya secara online dengan sistem kerja kontrak hingga proyeknya selesai, web developer juga seringkali dijadikan sebagai pegawai tetap di perkantoran. Tugas utama dari seorang web developer ialah membuat website dan melakukan pemeliharaan terhadap kinerja website tersebut.

Keahlian yang harus disiapkan

Bekerja sebagai web developer memang tidak mudah dan tidak bisa asal-asalan, biasanya mereka sudah berpengalaman mengelola web milik pribadi. Selain itu ada juga beberapa keahlian yang harus dikuasai. Misalnya yakni:

  • Megnuasai bahasa pemrograman.
  • Familiar dengan JavaScript.
  • Bisa mengoptimalkan website melalui beberapa tools.
  • Dan masih banyak lagi.

Bagaimana, Anda tertarik dengan salah satu jenis pekerjaan online seperti di atas? Jika iya, mulailah ambil kesempatan itu sekarang juga. Tidak ada kata terlambat bagi siapa saja yang mau belajar dan bekerja keras. Siapa tau dikemudian hari perkerjaan tersebut justru mampu menjadikan Anda sebagai seorang yang sukses secara ekonomi.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar