PCI Express 3.0 vs 4.0: Yang Terbaru Lebih Baik???

Antarmuka PCI Express 3.0 telah memantapkan dirinya sebagai standar selama 10 tahun terakhir dan dapat ditemukan di hampir setiap motherboard. Ini mungkin tidak akan terguncang tahun ini juga, meskipun penerus PCI Express 4.0 telah ada di pasaran sejak awal tahun.

Pertanyaannya adalah: Apakah ini sepadan dengan usaha? Bisakah mengharapkan kinerja yang lebih baik? Kita lihat saja penjelasannya.

Apa itu PCI Express?

Apa itu PCI Express?

Kami tidak ingin meragukan pengetahuan kamu, tetapi mungkin akan bermanfaat bagi sebagian dari kamu untuk mengetahui apa PCI-Express ( Peripheral Component Interconnect Express ) sebenarnya. Intinya adalah itu adalah antarmuka standar untuk kartu plug-in yang dapat di gunakan untuk memperluas atau meningkatkan sistem.

Ini biasanya terletak di mainboard komputer, server atau notebook dalam bentuk slot. Ini berarti dapat menghubungkan periferal seperti kartu grafis atau bahkan beberapa hard drive atau SSD langsung ke sistem dan berkomunikasi dengan prosesor dan chipset tanpa jalan memutar.

Versi pertama dari antarmuka PCIe diperkenalkan pada awal 2000-an dan menggantikan slot PCI konvensional, PCI-X dan juga antarmuka kartu grafis AGP yang kemudian banyak digunakan. PCIe memungkinkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi per pin. Selain itu, transmisi data berubah dari paralel ke serial, yang meningkatkan kinerja slot berulang kali.

Perbedaan

Lompatan dari PCIe 3.0 ke 4.0 tidak hanya membawa  bandwidth yang lebih tinggi. Sekarang maksimum 2 GB / s per lane membuka banyak kemungkinan baru sehubungan dengan beberapa kartu grafis atau SSD NVMe. Berkat pengendali baru, batas PCIe dapat memberikan kecepatan data yang lebih tinggi dengan peningkatan sistem. Namun, standar baru juga membawa fitur-fitur lain.

Bandwidth yang lebih tinggi dapat digunakan. Misalnya, untuk menggunakan memori sistem yang tersedia ( RAM ) untuk bertukar ketika memori grafis menjadi langka (gamer 4K dapat memberi tahu kamu satu atau dua hal tentang itu). Ini sudah bekerja di 3.0, tetapi dengan kehilangan kecepatan yang cukup dan penurunan frame.

Upgrade ke standar PCI Express 4.0 baru akan cukup dibenarkan dalam beberapa tolak ukur sintetis dan kasus penggunaan khusus seperti mengedit video, CAD atau rendering 3D. Namun, untuk gamer yang sangat keras, inovasi masih menawarkan terlalu sedikit keuntungan untuk membenarkan perubahan. Permainan saat ini mendorong kartu grafis paling sedikit ke batas bandwidth, sehingga masih ada sedikit waktu tersisa untuk bertaruh pada teknologi baru.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar