Payment Gateway Terbaik Dengan Segala Kemudahan

Payment Gateway Terbaik Dengan Segala Kemudahan

Dunia seakan hanya dalam genggaman tangan manusia. Istilah tersebut di era serba digital seperti saat ini rasanya sangat tepat. Bagaimana tidak? Sebab siapa pun bisa dengan mudah melakukan segala aktivitas hanya dengan menggunakan ponsel. Mulai dari mencari uang secara online, memesan makanan, jasa transportasi, boking hotel, dan transaksi keuangan yang lainnya. Ini semua tak lepas dari kemudahan akses internet dan payment gateway terbaik yang ada.

Hadirnya askses internet dan beberapa aplikasi payment gateway terbaik juga sangat mendukung para pelaku usaha untuk berjualan di toko online. Selain memudahkan transaksi, dengan adanya payment gateway calon pembeli lebih merasa aman dan percaya untuk melakukan pembayaran. Nah, tahukah Anda apa itu payment gateway? Dan aplikasi payment gateway apa saja yang direkomendasikan. Simak ulasannya di bawah ini.

Payment Gateway terbaik

Apa Sih Payment Gateway Itu?

Jika diartikan ke bahasa Indonesia payment gatewat ialah sebuah gerbang pembayaran. Memang betul, payment gatewat adalah sebuah gerbang yang mempermudah transaksi keuangan secara online. Baik menggunakan metode melalui transfer bank, virtual account, dan kartu kredit.

Fungsi dari payment gateway sendiri ialah sebagai gerbang yang menyambungkan antara toko online, konsumen, dan lembaga keuangan. Dengan demikian maka secara otomatis jika konsumen melakukan pembayaran, data transaksi akan diteruskan ke payment gateway.

Sebagai pihak ketiga, kemudian aplikasi payment gateway tersebut akan meneruskan pembayaran ke lembaga keuangan misalnya seperti bank. Jika transaksi sukses maka paymen gateway akan mengirim notifikasi ke toko online, dan pesanan pun harus segera dikirim ke alamat pembeli.

4 Rekomendasi Yang Terbaik

Anda seorang pengusaha dan ingin memanfaatkan payment gateway? Jangan asal pilih yah. Inilah beberapa rekomendasi payment gateway terbaik yang bisa Anda coba. Tentu daftar dibawah ini sudah memenuhi beberapa persyaratan dan kreteria tertentu.

Doku

Diartikel ini Doku sengaja ditempatkan di posisi pertama, sebab aplikasi payment gateway yang satu ini merupan yang pertama hadir di Indonesia. Doku juga bisa dengan mudah Anda download di PlayStore maupun AppStore, dan tentu aplikasi ini bisa digunakan secara gratis tanpa ada biaya bulanan.

Fitur dari aplikasi yang satu ini juga termasuk cukup lengkap. Berbagai macam pilihan metode pembayaran seperti misalnya menggunakan transfer bank, internet banking, dan digital banking juga sudah tersedia. Anda juga bisa memanfaatkan pengiriman invoice secara otomatis maupun sistem auto debit, dan beberapa fitur yang lain.

Biaya disetiap transaksi juga masih standar, tidak jauh berbeda dengan payment gateway terbaik lainnya. Masih di kisaran angka 2 ribu hingga 7 ribu rupiah, tergantung metode pembayaran yang di pilih.

Paypal

Di tingkat internasional tentu sudah tidak asing lagi dengan payment gateway terbaik yang satu ini. Resmi berdiri pada tahun 2000 Paypal menjadi sangat familiar bagi para pelaku bisnis online yang terjet penjualannya hingga ke seluruh negara. Bahkan sebelum bisa melakukan pembayaran langsung ke rekening Indonesia, Paypal merupakan alternatif terbaik sebagai metode pembayaran dari perusahaan luar negeri.

Ada banyak fitur menarik dan keunggulan dari Paypal, yang paling mencolok ialah di Paypal ini terdapat 22 mata uang yang bisa digunakan. Anda juga bisa memanfaatkan fitur penagihan dan pembuatan invoice, mengirim dan menerima dana, serta fitur-fitur lainnya yang harus Anda coba sendiri.

Didukung dengan sistem direct payment Paypal sangat cocok untuk digunakan sebagai metode pembayaran di website toko online. Bagaimana, tertarik menggunakan Paypal? Anda bisa mengunjungi website resminya di www.paypal.com dan melakukan pendaftaran, atau unduh aplikasinya di Google PlayStore.

iPaymu

Selain Doku sebagai aplikasi payment gateway terbaik asli karya anak bangsa, iPaymu juga merupakan salah satunya. Memiliki slogan “e-Money untuk e-Commerce” iPaymu sangat cocok dijadikan partner untuk mengembangkan website bisnis yang Anda kelola.

Dengan menggunakan iPaymu ada banyak kemudahan yang bisa dirasakan oleh pengusaha online. Diantaranya ialah toko online bisa terhubung dengan metode pembayaran di tempat dan cicilan tanpa menggunakan kartu kredit. Kemudian yang lebih menarik ialah, iPaymu juga menyediakan sistem otomatis pemotongan komisi untuk affiliate dan reseller.

Seluruh layanan dari iPaymu saat ini masih gratis dan tanpa biaya bulanan, hanya dikenakan fee Rp. 3.500,- per transaksi yang berhasil. Masih ragu menggunakan iPaymu? Jangan khawatir, iPaymu juga menyediakan Demo Shop sehingga Anda bisa mencoba dan mempelajarinya terlebih dahulu.

Xendit

Meskipun sebagai pendatang baru, sepak terjang dan pelayanan dari Xendit tidak bisa dipandang sebelah mata. Ini terbukti dari sudah mulai banyaknya perusahaan dan beberapa e-commerce yang menggunakan Xendit untuk mempermudah transaksi jual beli.

Setidaknya ada empat fitur unggulan dari Xendit yang menjadi daya tarik tersendiri. Diantaranya ialah XenPayments dengan segala kemudahan metode pembayaran, XenInvoice untuk membuat tagihan dan pengingat waktu pembayaran, XenDisburse memungkinkan bagi Anda menggunakan API untuk keperluan tertentu, dan XenCheck sebagai keamanan dalam bertransaksi online.

Xendit sendiri menegaskan bahwa ini ialah payment gateway yang dibangun khusus untuk pelaku bisnis yang siap go online di kawasan Asia Tenggara. Xendit juga mengklaim, Anda hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk membuat akun dengan segala kemudahannya.

Alternatif payment gateway lainnya :

  1. Midtrans
  2. Doku
  3. Xendit

Setelah mengetahui beberapa rekomendasi payment gateway terbaik, apakah Anda sudah siap untuk menggunakan salah satunya? Seperti yang sedikit ulasan di atas, bahwa untuk memilihnya Anda tidak bisa sembarangan. Setidaknya harus mengecek ulang beberapa kreteria seperti berikut ini.

Kreteria Yang Wajib Dicek Kembali

Agar kedepannya Anda tidak merasa dirugikan atau ada penyeselan di kemudian hari, sebaiknya perlu dicek kembali apakah payment gateway tersebut memiliki beberapa kreteria seperti di bawah ini.

  1. Biaya transaksi, cobalah memilih biaya terendah disetiap per transaksi dan Anda harus siap dengan nominal biaya tersebut. Selain itu calon pembeli juga tentu merasa enggan membayar fee yang terlalu besar.
  2. Bisa digunakan skala internasional, yang paling utama ialah payment gateway tersebut juga bisa digunakan di Indonesia.
  3. Mudah digunakan, ini sangat penting untuk Anda cek kembali termasuk tentang bagaimana cara instalasi payment gateway tersebut. Lihat juga apakah developer menyediakan tutorial penggunaan secara lengkap.
  4. Cek kelengkapan fitur, semua aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun setidaknya ada fitur wajib yang harus ada misalnya seperti keamanan yang terjamin, biaya transaksi standar, metode pembayaran lengkap, dan notifikasi otomatis.
  5. Tingkat keamanan, sebagai aplikasi yang didalamnya menyangkut data transaksi keuangan tentu faktor keamanan menjadi pertimbangan tersendiri. Usahakan sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang berlapis, serta kerahasiaan data betul-betul terjamin.

Anda sudah siap melejitkan usaha online dengan didukung metode pemabayaran yang mudah? Semoga pilihan payment gateway terbaik di atas bisa menjadi bahan referensi dan membantu mengembangkan bisnis online yang sedang Anda kelola.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Payment Gateway Terbaik Dengan Segala Kemudahan flagcounter