Panduan Membuat Blog Di WordPress Secara Gratis

Panduan Membuat Blog Di WordPress Secara Gratis

Bagi Anda yang ingin menjadi seorang blogger, mulailah dengan membuat blog di WordPress
terlebih dahulu. Inilah platform atau CMS untuk membuat website yang terkemuka di dunia serta digunakan lebih dari 30% situs online.

Banyak orang yang menyukai platform ini karena fitur-fiturnya yang dapat dikatakan sangat lengkap. Tak hanya untuk blog pribadi saja, perusahaan-perusahaan besar pun mempercayakan websitenya kepada platform tersebut, seperti SONY Music, The Walt Disney, The New York Times, hingga Mercedez Benz.

Mengenal Platform WordPress

Sebelum mulai membuat blog pribadi dengan WordPress ketahui terlebih dahulu perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org. Hal mendasar yang membedakan platform tersebut ialah host aktualnya. WordPress.com adalah platform yang disediakan gratis untuk membangun website sehingga Anda tak perlu merogok kocek sedikit pun untuk berlangganan hosting dan domain.

Tetapi fitur-fitur yang tersedia juga terbatas dan domain yang dikustom dari WordPress akan menyertakan nama wordpress.com dibelakang nama website, contohnya, www.namawebsiteanda.wordpress.com. Karena gratis dan cukup mudah digunakan, platform ini cocok bagi blogger pemula.

Bila Anda berniat mengembangkan blog Anda menjadi lebih professional, WordPress.org memungkinkan Anda untuk menggunakan beragam fitur lain dengan lebih leluasa. Nama website Anda pun menggunakan domain sendiri, yaitu www.namawebsiteanda.com.

Anda pun dapat menentukan ruang penyimpanan sesuai kebutuhan, dapat memasang plugin, mendaftar pada periklanan AdSense, serta menginstal tema sesuai keinginan. Soal harga domain juga Anda tidak perlu khawatir, masih banyak domain dengan harga murah.

Rekomendasi Penyedia Hosting

PenyediaPromoRating
NiagahosterDomain GRATIS Agustus 2022★★★★★
IdcloudhostHosting lengkap hemat 60%★★★★☆
Jagoan HostingTebus hosting murah cuma Rp. 10k★★★☆☆
Biznet GIOLayanan hosting kelas atas dengan biaya rendah★★☆☆☆
DomainesiaDiskon hosting 30% SELAMANYA★☆☆☆☆
QwordsFlash Sale Agustus 2022 domain murah☆☆☆☆☆
RumahwebDomain .ID super murah☆☆☆☆☆

Panduan membuat blog di WordPress Gratis

Inilah langkah-langkah yang dapat Anda coba untuk membuat blog secara cuma-cuma pada platform WordPress.

cara membuat website wordpress 2022

  • Langkah pertama yang harus dilakukan yakni membuat WordPress baik secara manual atau otomatis. Langsung saja klik https://wordpress.com/start/id/ dan klik tombol “Buat Situs Web”.
  • Situs akan membuat laman baru dan Anda diminta untuk mengisi form secara online, berikut keterangannya.

Alamat email: Anda harus mengisinya dengan alamat email Anda.

Username/nama pengguna: pilih username baik berupa nama asli Anda atau nama panggilan, dan sebagainya, contohnya, lina99. Username digunakan untuk login pada dashboard atau akun WordPress Anda.

Password: Buatlah kata kunci yang gampang diingat namun kuat dan tak terpikirkan oleh orang lain.

Alamat blog: Input sekali lagi alamat untuk website gratis Anda, yaitu beritateknologiindo.wordpress.com.

  • Selanjutnya klik tautan yang bertuliskan “akan menggunakan alamat yang gratis”. Bila semua kolom formulir telah terisi berikutnya Anda tinggal klik tombol di bagian bawah yang bertuliskan “buat blog”.
  • Berikutnya pihak WordPress akan memproses verifikasi dengan mengirimkan email ke alamat yang tadi diinput pada formulir. Anda tinggal membuka inbox email untuk mencari email dari WordPress.com dan akses website tersebut dengan mengklik tautan pada email.
  • Setelah verifikasi dilakukan, pada browser Anda akan terbuka tab baru, yaitu laman dashboard WordPress yang tadi Anda buat.
  • Setelah sampai pada langkah nomor empat sebenarnya Anda sudah berhasil membuat blog dari WordPress. Berikutnya Anda bisa membuat favicon atau logo untuk blog Anda untuk membuat tampilannya semakin keren. Aplikasi yang disarankan untuk membuat logo secara online atau logo maker Logaster.
  • Sekarang Anda bisa mengatur sendiri blog Anda sesuai keinginan. Lakukan settingan pada blog Anda contohnya membuat tag line, deskripsi singkat, membuat tema blog, memasang widget, mengganti themes, menambah laman, memasang plugin, menerbitkan blogspot, dan seterusnya.
  • Untuk mengakses dashboard WordPress sangat mudah, tambahkan “wp-admin pada bagian belakang domain. Contohnya : beritateknologiindo.wordpress.com/wp-admin. Selanjutnya Anda hanya perlu menginput username serta password yang tadi sudah dibuat saat menginstal WordPress.

wp-admin wordpress 2022

Mengubah Domain WordPress

Setelah membuat blog di WordPress berhasil dan traffic Anda disukai hingga mendapatkan traffic yang lumayan tinggi, mungkin Anda berniat semakin serius dalam bidang ini sehingga ingin mengganti domain WordPress dengan nama website sendiri. Dalam proses tersebut tentu saja Anda tak menginginkan konten-konten artikel dalam situs Anda hilang. Mungkin saja artikel yang sudah diunggah cukup lama pada blog Anda digunakan sebagai backlink oleh blogger lainnya sebagai rujukan pada salah satu tulisannya.

Rekomendasi Hosting : Review Niagahoster 2022

Agar tak perlu memulai semuanya kembali dari awal, ada dua cara yang dapat Anda coba!

  1. Anda bisa menyewa hosting serta membeli domain pada penyedia layanan domain atau para agennya. Berikutnya Anda tinggal memindahkan seluruh konten dari blog lama Anda kepada hosting yang baru. Setelah itu lakukan redirect seluruh artikel blog wordpress.com Anda untuk mempertahankan traffic. Walaupun kedengarannya rumit tetapi tak perlu khawatir karena prinsipnya sangat mudah.
  2. Anda tinggal membeli domain dan mengganti domain wordpress.com dengan nama domain yang sudah Anda beli. Seluruh konten pada blog lama Anda akan tetap seperti sebelumnya walaupun alamat blognya telah berubah menjadi domain pribadi Anda. misalnya, blog lama Anda beralaman https://beritateknologiindo.wordpress.com akan menjadi https://beritateknologi.id. Jadi walaupun alamat blog Anda berubah tetapi seluruh artikel akan tetap ada di wordpress.com.

Cara kedua lebih direkomendasikan karena lebih hemat biaya. Ini karena Anda hanya perlu membeli domain saja tanpa perlu membayar lagi biaya hosting atau yang lainnya. Sebaliknya, bila memilih cara kedua selain membeli domain Anda juga harus membayar ongkos tambahan untuk hosting, meskipun masih ada beberapa harga sewa hosting dengan murah.

Panduan mengubah WordPress domain

  1. Setelah membeli domain akses dashboard wordpress.com dan klik Store atau halaman Domain.
  2. Klik Add Domain untuk menambah Domain WordPress.
  3. Pilih Map Domain dimana Anda harus membayar biaya tahunan yang sangat terjangkau, yaitu sekitar US$ 13 dan input domain yang ingin Anda beli, contohnya, resepmasakanlina99.id. Input domain tersebut tanpa awalam http://www. Anda bisa membayar map domain tersebut melalui PayPal atau kartu kredit.
  4. Aturlah nameserver domain mengarah ke WordPress.
  5. Bila Anda membeli domain kepada reseller akseslah platform reseller pilihan Anda dan klik kelola domain atau manage domain dan ikutilah petunjuk selanjutnya. Tanyakan secara detail kepada reseller domain cara mengganti nameserver domain.
  6. Bahkan setelah nama domain Anda berubah blog lama Anda masih tetap dapat diakses. Jadi siapa pun yang mengetikkan nama blog Anda yang lama secara otomatis akan terhubung pada blog yang baru. Jadi kesimpulannya perubahan nama domain tak akan mengganggu traffic blog Anda.

Bagi Anda yang mengembangkan sejumlah blog sekali pun, tak perlu membeli domain tersendiri untuk tiap-tiap blog Anda karena tentu biayanya akan sangat besar. Untuk menghemat budget Anda cukup membeli sebuah domain saja sebagai domain utama dan seluruh blog Anda dijadikan sub domain dengan mapping.

Selain memperdalam segi teknis, agar blog Anda memiliki performa yang baik di kalangan pengguna internet, pelajari pula teknik SEO. SEO adalah Search Engine Optimization atau upaya untuk mencantumkan website Anda pada laman pertama rekomendasi mesin pencari.

Hal ini berkaitan dengan penempatan keyword, meta deskripsi, backlink, dan sebagainya. Nah, semoga informasi tentang membuat blog di WordPress bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Panduan Membuat Blog Di WordPress Secara Gratis flagcounter