Panduan Cara Screenshot di Windows 10

Suatu waktu Anda mungkin perlu melakukan screenshot atau tangkapan layar pada PC atau laptop. Bagi beberapa user Windows 10, bisa jadi ini adalah fitur yang sangat penting karena mungkin berkaitan dengan pekerjaannya. Misalnya seorang desainer grafis yang perlu memperlihatkan proses pengerjaan proyeknya, atau kebutuhan pengambilan laporan pada apps untuk diserahkan kepada klien, dan seterusnya. Bagi Anda yang membutuhkan informasi cara screenshot di Windows 10, berikut ulasannya!

Panduan Cara Screenshot di Windows 10

Mencoba beberapa cara screenshot di Windows 10 dengan mudah

Sebenarnya hal ini bukanlah teknik yang sangat sulit dilakukan. Cukup dengan beberapa shortcut saja Anda sudah dapat melakukan tangkapan layar. Sebagaimana pada macOS, dengan menggunakan Windows 10 Anda juga dapat melakukakn screenshoot pada seluruh bagian layar atau hanya sebagian saja sesuai keinginan. Setelah screenshoot Anda juga dapat meneruskannya kepada siapapun menggunakan beragam aplikasi, misalnya Microsoft Paint. Simak penjelasannya!

1. Melakukan tangkapan layar bagi sebuah jendela

Mungkin Anda perlu mengambil tangkapan layar pada jendela atau aplikasi yang tengah terbuka. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik pada jendela atau aplikasi yang akan di-screenshot. Perhatikan, jendela atau aplikasi tersebut harus berada di bagian utama, alih-alih di belakang aplikasi lain yang berfungsi.
  • Tekan tombol alt + Print Screen secara bersamaan.
  • Akses Microsoft Paint.
  • Klik tombol ctrl + v yang berfungsi untuk memindahkan tangkapan layar kanvas MS Paint. Alternative lainnya adalah software multimedia lainnya, misalnya Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Corel Draw, GIMP, dan lain-lain.
  • Berikutnya Anda tinggal save hasilnya dan menyuntingnya sesuai kebutuhan.

2. Menggunakan Snipping Tool

Manfaatkan Windows Snipping Tool jika Anda berniat mengambil bagian tertentu saja dari layar Windows 10. Inilah caranya:

  • Ketik Snipping Tool pada kotak search.
  • Dialog Box akan muncul dan Anda tinggal mengetik New pada Snipping Tool.
  • Klik Rectangular Snip atau Free-Form Snip. Fitur Rectangular Snip dapat menangkap layar dengan bentuk kotak, sementara Free-form Snip memungkinkan Anda untuk menangkap bagian mana pun yang dikehendaki dari layar, termasuk menggambar di atas layar.
  • Jika sudah selesai Anda dapat menyimpan hasil tangkapan pada hard disk serta memanfaatkannya sesuai keinginan.

3. Menggunakan game bar

Seringkali seorang penghobby atau pun gamers professional melakukan tangkapan layar pada momen tertentu yang istimewa pada permainannya. Kemudian aktivitas tersebut dibagikan kepada orang lain untuk memberikan tips. Anda juga dapat melakukan screenshot dengan game bar. Inilah langkahnya:

  • Pakailah tombol Windows key + G
  • Klik pada bagian camera untuk melakukan screenshot. Alternative lainnya adalah klik secara bersamaan pada tombol Windows + Alt + Print Screen saat game bar terbuka. Berikutnya akan mendapatkan notifikasi yang menginformasikan jika screenshot sudah berhasil disimpan.

4. Menggunakan tombol Windows Key + Prt Sc

Anda juga dapat menggunakan tombol Windows + Prt Sc untuk melakukan screenshot. Inilah langkah-langkahnya:

  • Setelah menyalakan PC atau laptop Windows 10 tentukan saja area yang ingin dilakukan tangkapan layar.
  • Setelah memilih area Anda bisa menekan tombol Windows Key atau tombol dengan logo Windows.
  • Hasil tangkapan layar secara otomatis akan tersimpan pada ruang penyimpanan internal laptop Windows 10 Anda.
  • Untuk mengaksesnya bukalah aplikasi Windows Explorer.
  • Cari menu Quick Access dan pilihlah folder pictures.
  • Pada folder tersebut pilihlah folder Screenshot.
  • Hasil tangkapan layar Anda terdapat dalam folder dimaksud.

Langkah ini dapat dipilih jika Anda ingin cara screenshot di Windows 10 yang praktis karena gambar tangkapan layar bisa segera disimpan dengan format gambar. Artinya Anda bisa segera mengirimkannya pada siapa pun yang diinginkan atau mengeditnya.

5. Menggunakan Snip and Sketch

Fitur Snip and Sketch adalah versi baru dari Snipping Tool Windows 10. Jika Anda sudah meningkatkan system operasi pada laptop atau PC, tentu perangkat tersebut akan tersedia. Untuk melakukan screenshot, lakukan langkah-langkahnya berikut ini!

  • Akses fitur Snip & Sketch. Caranya dengan mengetik snip pada bar pencarian dan klik Snip & Sketch pada bagian hasil pencarian. Jika ingin lebih mudah Anda juga dapat menggunakan pintasan, yaitu dengan mengetik secara bersamaan tombol Win + lambang panah ke atas + shift S
  • Klik New, yaitu tombol biru di bagian sudut kiri atas jendela Snip & Sketch.
  • Ada beberapa pilihan untuk melakukan screenshot, yaitu:
  1. “Rectangular snip:” Untuk melakukan tangkapan layar yang berbentuk bingkai segi empat.
  2. “Freeform snip:” Untuk melakukan tangkapan layar dengan bentuk bebas.
  3. “Windows snip:” Untuk melakukan tangkapan layar untuk seluruh layar di satu jendela. Gunakan opsi ini jika Anda ingin mengambil cuplikan layar dari satu jendela.
  4. “Fullscreen snip:” Untuk melakukan tangkapan layar untuk seluruh layar kemudian menampilkannya pada jendela program.
  • Anda juga dapat melakukan editing bila mau. Fitur ini menyediakan beberapa perangkat penyuntingan yang dapat digunakan untuk menandai screenshot layar, modifikasi, dan lain-lain sebelum tangkapan layar disimpan.
  1. Ikon jari yang dililit pita maksudnya adalah untuk menggambar pada screenshot seperti keinginan Anda. berikutnya Anda bisa memilih fitur-fitur untuk menulis dan menggambar serta menggunakan warna pada layar. Anda juga dapat membuat teks atau memberi bentuk-bentuk seperti keinginan.
  2. Ikon penghapus berguna untuk menghapus kesalahan saat menggambar pada screenshot.
  3. Ikon penggaris berfungsi untuk menampilkan penggaris pada bagian layar atas.
  4. Ikon persegi dengan garis adalah ikon pemangkas untuk memotong bagian yang tak dikehendaki dan menyimpan tangkapan layar yang dipilih.
  • Untuk menyimpan cuplikan layar klik ikon diska yang terletak di sudut kanan atas jendela Snip & Sketch.
  • Klik save untuk menyimpan setelah sebelumnya memilih lokasi penyimpanan dulu. Anda juga dapat memilih folder khusus dengan nama seperti keinginan sebelum menyimpan. Jadi seluruh hasil screenshot akan disimpan pada folder dimaksud.

Manfaat screenshot pada layar laptop atau PC

Mengapa orang perlu melakukan tangkapan layar? Ini biasanya untuk membagikan informasi, misalnya tutorial bagi orang lain. Screenshot juga perlu dilakukan untuk menerangkan suatu kondisi atau masalah yang terjadi pada perangkat. Sebagaimana Anda yang mungkin gemar melakukan tangkapan layar pada smartphone, misalnya riwayat chat, saat bermain game, dan sebagainya.

Hasil dari screenshot ini kemudian dapat dibagikan baik kepada orang-orang tertentu atau langsung mempublikasikannya melalui Instagram, Facebook, atau grup perpesanan singkat. Fitur screenshot ini dianggap penting terutama bagi penulis atau pengembang aplikasi. Untuk pengembang aplikasi mereka perlu membuat dokumentasi aplikasi dengan tangkapan layar. Sementara bagi penulis, ini umumnya dilakukan untuk melengkapi tulisan online yang mereka buat.

Screenshot juga dapat dilakukan untuk menghimpun informasi dari internet. Dengan begitu yang bersangkutan tak akan memerlukan banyak waktu untuk memprosesnya. Selain itu penyimpanan hasil screenshot juga lebih aman. Keunggulan menggunakan screenshot adalah tak perlu memboroskan waktu dan tenaga untuk mengetik, mencatat, atau menyalin data-data ke dalam folder.

Tangkapan layar berfungsi untuk mendokumentasikan teks atau gambar dari berbagai sumber. Ini sekaligus dapat dijadikan bukti nyata bahwa sebuah seumber memang benar-benar telah mempublikasikan suatu informasi atau pernyataan.

Nah, semoga informasi cara screenshot di Windows 10 ini bermanfaat! Selamat mencoba!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar