Paket Hosting Murah Terbaik yang Layak Dicoba

Paket Hosting Murah Terbaik yang Layak Dicoba

Hosting secara sederhana berarti rumah untuk sebuah situs, di mana semua fail tersimpan dengan rapi. Jadi, menemukan paket hosting murah merupakan suatu kebutuhan untuk menunjang aktivitas blogging menjadi lebih baik. Namun, paket hosting sendiri terbagi menjadi beberapa macam. Kenali jenis-jenisnya sebelum Anda memutuskan untuk menjatuhkan pilihan.

Paket Hosting Murah Terbaik yang Layak Dicoba

Mengenal Tentang Hosting

Bagi blogger pemula, hosting masih menjadi sesuatu yang asing. Meskipun demikian, tidak lantas membuatnya menjadi sesuatu yang tidak penting. Sebab, hosting menjadi kunci utama sebuah website dapat diakses atau tidak. Hosting mengatur kelancaran lalu lintas hingga penyimpanan data. Bila gangguan, otomatis terjadi kegagalan akses atau disebut dengan down.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Hosting sendiri memiliki level yang bermacam-macam. Hal ini berkaitan dengan layanan yang diberikan, mulai kapasitas penyimpanan, lalu lintas server, uptime dan lain-lain. Banderol dari paket hosting murah disesuaikan dengan level layanan yang diberikan. Di Indonesia sendiri banyak vendor yang menawarkan variasi paket hosting terbaik untuk mengakomodasi para blogger.

Macam-Macam Jenis Hosting

Sebelum memilah aneka paket layanan hosting dari para vendor, Anda perlu memahami terlebih dahulu tentang ragamnya. Jadi, hosting sendiri terbagi menjadi tiga macam yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan :

1. Shared Hosting

Ini merupakan layanan hosting termurah dan biasanya diberikan secara cuma-cuma oleh domain website Anda. Maksud dari shared hosting adalah beberapa website berbagi satu server yang sama. Model hosting yang satu ini lebih ditujukan untuk situs dengan penggunaan skala personal. Kelebihan dari hosting berbagi ini :

  • Murah, bahkan tersedia secara cuma-cuma.
  • Tidak perlu repot soal maintance website, karena sudah diurus sepenuhnya oleh vendor.
  • Gratis biaya upgrade limit ke layanan lebih tinggi.

Namun, di balik itu, shared hosting memiliki beberapa kelemahan :

  • Resource use atau sumber daya penggunaan terbatas dengan limit yang kecil. Hal ini sangat berdampak setelah penggunaan selama beberapa saat di mana loading halaman menjadi lambat.
  • Tidak cocok untuk website dengan skala akses yang tinggi karena pasti sering mengalami down.
  • Jika server yang digunakan terganggu, tidak ada cadangan lain yang membuat paket hosting murah ini untuk menyetabilkan situs.

2. Web Hosting

Paket hosting selanjutnya disebut dengan web hosting di mana skalanya lebih tinggi dibandingkan dengan shared hosting. Metode hosting situs yang satu ini mengkhususkan satu server untuk satu situs. Disertai pula dengan paket resource use yang tinggi hingga unlimited alias tidak terbatas. Layanan ini cocok untuk website dengan lalu lintas padat, ada banyak paket web hosting terbaik yang bisa Anda manfaatkan.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman yang berhubungan satu dengan lainnya (istilahnya link antar halaman), website bisa dibuka melalui peladen (web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dsb).

Pada tahun 2021 ini keberadaan website sangat wajib bagi perusahaan, instansi, dan lembaga. Bahkan untuk pengembangan bisnis Anda, saat ini sangat dianjurkan untuk memiliki website agar bisa dijangkau oleh orang dari mana saja. Website adalah media promosi secara gratis yang jangkauannya tidak hanya Indonesia saja, melainkan juga luar negeri.

Bicara tentang web hosting, keunggulannya meliputi :

  • Harga terjangkau.
  • Layanan berspesifikasi tinggi dengan resource use kapasitas besar.
  • Loading halaman lancar meski pengunjung ramai.

Meskipun dapat dibilang minim kelemahan, tetap saja web hosting ini mempunyai satu kekurangan, yaitu server. Walaupun sudah lebih baik dari shared hosting karena satu server tidak dipakai bersama, tetap saja tidak ada jalur alternatif jika server sedang mengalami masalah. Bila terjadi kendala, mau tidak mau website gagal diakses.

3. Cloud Hosting

Lever tertinggi dari layanan hosting tidak lain adalah cloud hosting. Layanan yang satu ini menyediakan cluster server atau kumpulan beberapa server untuk menunjang kinerja satu website. Kebalikan prinsip dari shared hosting dan merupakan versi yang lebih stabil dari web hosting. Namun, banderol layanannya masih termasuk kategori paket hosting murah.

Hingga kini, belum ditemukan kelemahan dari sistem hosting ini. Cloud hosting sendiri sangat direkomendasikan untuk website dengan kebutuhan lalu lintas tingkat tinggi dan resource use besar. Contohnya halaman marketplace. Penggunaan layanan hosting bersistem cloud ini membantu uptime lebih baik dan memaksimalkan performa website secara keseluruhan.

5 Vendor dengan Paket Hosting Terlengkap

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia dan perkembangan internet yang pesat, kebutuhan akan layanan hosting di Indonesia memang semakin meningkat. Sehingga, tidak mengherankan bila banyak vendor yang berlomba-lomba menawarkan layanan tersebut. Namun, sesuai feedback konsumen, ada lima vendor jasa hosting terbaik :

1. NiagaHoster

Vendor yang satu ini merupakan cabang resmi Hostinger, penyedia hosting asal Eropa yang sangat populer di seluruh dunia, di Indonesia. Kantornya beralamat di Sleman, Yogyakarta. Paket hosting yang ditawarkan oleh NiagaHoster sangat lengkap dengan banderol harga mulai Rp10.000,- saja per bulan. Performanya diakui sebagai yang terbaik saat ini.

Dengan harga sangat murah, layanan yang diberikan tetap lengkap dengan kualitas memuaskan. Selain itu, ada jaminan garansi jika paket hosting murah yang ditawarkan tidak sesuai dengan fakta. Sayangnya, saat berlangganan dengan NiagaHoster, Anda tidak diperkenankan memilih server dari negara mana karena hal itu merupakan hak penuh perusahaan.

Kurang puas dengan informasi terkait Niagahoster, Anda juga bisa membaca beberapa review dari Niagahoster.

Apa Itu Niagahoster?

Niagahoster adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang penyedia server hosting dan domain yang mulai beroperasi pada tahun 2014, hingga saat ini niagahoster masih konsisten memberikan layanan terbaik yakni hosting murah 2021.

2. Jetorbit

Beroperasi sejak 2012, Jetorbit juga berlokasi di Sleman, Yogyakarta. Performanya, khusus untuk uptime dan loading page sangat bagus. Sayangnya, klaim garansinya sangat rumit, bahkan bisa dibilang tidak dapat diharapkan. Anggap saja Anda berlangganan tanpa jaminan. Jetorbit menetapkan banderol paket hosting mulai Rp12.650,- per bulan.

3. Jagoan Hosting

Paket hosting mulai Rp5.000,- per bulan? Jagoan Hosting merupakan solusi yang Anda butuhkan. Perusahaan ini telah berdiri sejak 2007 dan berlokasi di Malang, Jawa Timur. Jumlah klien yang ditangani mencapai 70.000 website. Load time Jagoan Hosting sangat memuaskan. Sayangnya, downtime servernya juga tinggi dan cukup mengecewakan. Namun masih banyak kelebihan Jagoan Hosting yang tentunya wajib Anda tahu.

4. ArdHosting

Dapat dibilang, ArdHosting merupakan salah satu senior di bisnis hosting. Berkantor di Jakarta, pengalaman perusahaan ini sudah lebih dari dua dekade. Layanan hosting-nya memang relatif lebih mahal, yaitu mulai Rp20.000,- per bulan. Namun untuk catatan performa bagus, terutama load time dan uptime. Sayangnya, tempo garansi singkat dan banyak biaya tambahan.

5. IdCloudHost

Vendor yang satu ini merupakan pesaing berat NiagaHoster dalam menyediakan paket hosting murah. Dibanderol mulai Rp15.000,- saja, Anda sudah dapat menikmati layanan hosting berspesifikasi tinggi. Sebab, IdCloudHost tidak menyediakan layanan hosting konvensional, melainkan versi terbaru sehingga performanya tidak perlu diragukan. Ada beberapa peket hosting IdCloudHost dengan harga dan spesifikasi yang berbeda-beda.

Tips Memilih Vendor Hosting untuk Website

Ketika memilih vendor hosting, Anda mungkin merasa bingung karena begitu banyak opsi. Namun, kunci dalam memercayakan keperluan hosting pada pihak ketiga sebenarnya sangat sederhana :

  • Sesuaikan paket hosting yang diperlukan dengan kebutuhan akses website Anda. Apakah situs tersebut hanya membutuhkan layanan hosting sederhana atau tingkat tinggi?
  • Sesuaikan dana yang dimiliki dengan paket hosting yang dibeli. Tidak perlu memaksakan diri untuk membeli paket di luar kemampuan Anda.
  • Pastikan paket hosting yang dipilih dapat memaksimalkan performa website Anda.

Jadi, paket hosting murah mana yang paling sesuai dengan kebutuhan situs yang Anda miliki? Jangan tergesa dalam menentukan pilihan dan tidak lupa pula mengumpulkan informasi mendetail tentang vendor dan paket yang diinginkan. Melalui jasa hosting ini, Anda dapat mengoptimalkan situs dan berpotensi menjadi sumber profit daring yang menjanjikan.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Paket Hosting Murah Terbaik yang Layak Dicoba