Microsoft Dan Angkatan Darat AS Jalin Kerjasama Untuk HoloLens

Angkatan Darat AS telah menugaskan Microsoft untuk memasok 120.000 mixed reality headset yang bernama HoloLens. Kontrak tersebut akan menghasilkan Microsoft sekitar $ 22 miliar. Kerjasama ini jelas akan menguntungkan kedua belah pihak dan juga akan mempererat kedua hubungannya. Namun kerjasama ini juga tak terlalu mengejutkan karena sudah dari dulu keduanya sering melakukan hal itu.

Microsoft dapat bersuka cita, Departemen Pertahanan AS telah mengontrak grup tersebut untuk memasok Angkatan Darat AS. Mereka memesan mixed reality selama sepuluh tahun ke depan.

HoloLens

HoloLens Juga Masih Dalam Pengembangan

Microsoft telah memulai pengembangan HoloLens pada akhir 2019, dan ditugaskan sejak tahun 2018. Versi untuk Angkatan Darat AS disebut Integrated Visual Augmented System (IVAS), yang telah menelan biaya pengembangan untuk prototipe sebesar 480 juta dolar AS. Dengan headset IVAS, Angkatan Darat AS juga menggunakan layanan cloud Azure dari Microsoft. Perusahaan perangkat lunak mengatakan ini akan menyediakan platform yang aman dan efektif bagi tentara.

Kontrak raksasa dari militer AS akan menghasilkan laba bagi Microsoft sekitar $ 21,88 miliar selama sepuluh tahun ke depan. Dari pengembangan prototipe, rencananya sekarang pindah ke produksi massal IVAS. Dalam prosesnya, desain untuk memasangnya di kepala tentara telah direvisi untuk versi khusus untuk Angkatan Darat AS.

Casing IVAS juga telah direvisi sedemikian rupa sehingga headset terlihat seperti kacamata. Selain itu, berbagai sensor pada headset ini versi militer juga telah terlindungi dengan lebih baik. Berbeda dengan penyedia kacamata VR lainnya, yang terutama menawarkannya untuk bermain game, Microsoft telah mengembangkan khusus untuk aplikasi industri. Versi standar produk ini juga digunakan oleh Mercedes-Benz, L’Oréal dan Airbus, menurut Microsoft.

Perangkat lunak mana yang akan digunakan oleh IVAS dan juga fitur perangkat kerasnya belum diketahui. Apakah perangkat keras berbasis ARM dari HoloLens 2 atau platform perangkat keras yang lebih baru akan digunakan tetap terbuka untuk saat ini.

Dalam demonstrasi pertama IVAS oleh militer AS, tercatat bahwa setidaknya data peta akan tersedia. Selain itu, Pentagon mengumumkan bahwa IVAS akan memiliki kamera pencitraan malam dan termal beresolusi tinggi dan sensor untuk orientasi serta pengambilan keputusan.

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar