Metode Untuk Mengetahui Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Banyak orang yang membeli laptop bekas karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan laptop yang baru. Selama masih dapat digunakan untuk aktivitas maupun bekerja, mereka tidak akan masalah sedikitpun dengan hal lainnya. Akan tetapi, orang awam cenderung hanya melihat bagian luar saja padahal penting bagi Anda untuk cari tahu cara melihat spesifikasi laptop sehingga tahu apakah semua bagiannya masih asli dan tidak diganti sama sekali.

cara melihat spesifikasi laptop

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Dengan Cara Umum

Tidak perlu menjadi seorang ahli komputer untuk dapat mencari tahu cara melihat spesifikasi laptop itu sebab hanya dibutuhkan waktu sebentar untuk hal ini dan tidak perlu juga mengutak-atik bagian sistem apapun di dalamnya. Jika masih ragu apakah laptop yang Anda beli sama seperti keterangannya apalagi jika membeli bekas, maka metode ini jelas dibutuhkan sehingga akan memberikan keyakinan dan tidak lagi ragu dengan laptop yang Anda beli dan tidak ada kerusakan.

Anda akan terlihat sangat konyol apabila sudah mengeluarkan banyak sekali uang untuk membeli laptop namun prosesor yang ada di dalamnya jauh lebih rendah dari yang Anda ketahui. Untuk dapat terhindar dari hal yang demikian, maka begitu penting bagi Anda untuk melihat spesifikasi dari laptop itu bahkan tidak perlu juga membongkar semuanya. Anda bisa melihat semuanya dari menu Control Panel yang terdapat di dalam windowsnya dan ini merupakan cara yang paling umum antara lain:

1. Dari Menu Control Panel

  • Klik kanan di dalam ikon Start dan kemudian pilihlah File Explorer. Bisa juga Anda langsung klik pada ikonnya yang terdapat di bagian Taskbar
  • Klik kanan di dalam menu This PC dan kemudian pilih Properties
  • Cek semua spesifikasi di dalamnya pada jendela yang sudah ditampilkan

Meskipun ini merupakan cara paling umum, namun para users hanya dapat mengecek bagian RAM maupun prosesornya saja dan sistem operasi yang terdapat di dalam PC ini. Cara yang telah ditunjukkan ini bisa diterapkan di dalam berbagai tipe Windows seperti Windows 7, 8 hingga 10. Akan tetapi, bagi Anda yang menggunakan laptop dengan Windows 10 di dalamnya, Anda pun dapat melihat spesifiksai ini langsung dengan menggunakan menu Settings dan inilah caranya yaitu:

2. Dari Menu Settings

  • Ketik Settings pada bagian kata kunci atau keyword yang terdapat di dalam Windows 10
  • Klik System dan kemudian pilih menu About
  • Anda bisa melihat keterangan dari laptop yang Anda miliki ini

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Dengan DxDiag

Selain dengan cara umum yang sudah sering digunakan dan paling mudah bagi orang awam sekalipun, masih ada cara melihat spesifikasi laptop yang lainnya yaitu dengan menggunakan DxDiag. Ini merupakan sebuah tool atau alat yang termasuk ke dalam bagian antarmuka dari pemrograman Direct X. Cara yang satu ini sedikit berbeda dengan yang sebelumnya dimana DxDiag ini seolah telah menjadi bagian ritual untuk para gamers sebab bisa digunakan juga untuk cara cek VGA. Cara yang satu ini juga dapat diterapkan untuk berbagai tipe Windows sehingga tidak perlu khawatir dengan tipe Windowsnya dan inilah beberapa metodenya yaitu:

3. Menggunakan DxDiag

  • Cobalah menekann tombol Windows dan juga R bersama-sama untuk dapat memasuki program RUN
  • Pada kolom yang terdapat di dalamnya, ketik dxdiag dan kemudian tekan OK
  • Cek dan baca spesifikasi laptop dengan lengkap di dalamnya pada jendela yang muncul
  • Klik Display untuk dapat melihat, mengecek dan membaca VGA laptop

Masih ada pula metode yang lain untuk dapat mengecek spesifikasi dari laptop dan itu dapat dilakukan dengan menggunakan HWiNFO. Ini merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk dapat mengecek sistem spek dari laptop ini. Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah Anda tidak hanya dapat menggunakannya untuk mengecek aplikasi saja melainkan juga bisa melihat sendiri dan memonitor seperti apa kondisi dari laptop yang Anda miliki saat ini dengan real time apalagi jika laptop yang Anda miliki ini sering digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan berat dan inilah metode yang dapat Anda gunakan yaitu:

4. Menggunakan HWiNFO

  • Untuh dan juga pasang aplikasi HWiNFO ini
  • Kemudian tekan Run yang muncul di dalam jendelanya
  • Cek spek dari laptop sesuai dengan yang diinginkan mulai dari Motherboard, RAM, GPU hingga CPU
  • Klik menu Sensors untuk dapat memantau dan mengontrol lebih dulu kondisi dari komponen di dalam laptop real time

Mungkin metode yang satu ini dianggap jauh lebih teknis dan spesifik namun ini merupakan aplikasi yang berguna untuk dapat selalu memastikan informasi yang ada di dalam laptop Anda dengan begitu lengkap tanpa ketinggalan satu informasi pun.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Dengan System Information

Ada pula metode yang berbeda untuk mengecek atau mencari tahu cara melihat spesifikasi laptop yang juga sering digunakan oleh banyak orang yaitu dengan menggunakan informasi sistem. Ini bukan merupakan tool baru di bagian Windows melainkan sudah ada sejak lama dan dapat dikatakan jika cara ini adalah yang paling mudah dan terbaik yang bisa digunakan untuk dapat melihat seperti apa spek dari laptop yang Anda miliki dan ikuti metode yang ada di dalamnya antara lain:

5. Menggunakan Informasi Sistem

  • Buka menu Start
  • Ketik di bagian kolom kata kuncinya yaitu msinfo32 atau System Information dan kemudian Anda bisa menekan Enter

Semua laptop memiliki sistem ini dan ketika Anda telah membuka informasi sistem tersebut, Anda pasti bisa melihat menu yang dinamakan Ringkasan Sistem dan di dalamnya terdapat banyak sekali informasi seperti halnya jenis sistem, model sistem, tanggal dari pembaharuan firmware, informasi tentang BIOS sampai dengan ukuran memori yang terpasang di dalamnya. Tapi untuk informasi mengenai kartu grafis, Anda tidak akan menemukannya di dalam Ringkasan Sistem. Akan tetapi, jika Anda ingin melihatnya, maka cobalah langsung tekan View.

Terdapat fitur yang begitu menarik dari System Information ini yang terdapat di dalam laptop Anda yaitu kemampuan untuk dapat membuat laporan yang lengkap tentang spesifikasi sistem ini. Hal tersebut sangat berguna apabila Anda sudah mengalami hardware failure atau kegagalan perangkat keras dan laptop tidak mau boot. Apabila Anda menjalankan laporan lengkap dan kemudian menyimpan pada bagian OneDrive, maka Anda tetap akan dapat mengakses sehingga tidak ada yang tahu apa yang ada dalam laptop Anda.

Untuk generate laporan tentang sistem spesifikasi laptop, maka cobalah melakukan beberapa metode berikut antara lain:

  • Bukalah menu System Information
  • Selanjutnya Anda dapat memilih informasi tentang spesifikasi apapun yang dibutuhkan. Contohnya adalah jika Anda memilih menu System Summary, maka Anda pun diberikan beragam informasi dengan detail tentang seluruh ringkasan dari PC maupun laptop yang Anda miliki. Akan tetapi, jika Anda butuh beragam informasi tentang kartu grafisnya saja, maka Anda cukup memilih menu Display.
  • Tekan File dan pilih Export
  • Browse atau cari lokasi dimana Anda akan mencoba menyimpan file itu dan klik Save

Inilah cara melihat spesifikasi laptop dengan menggunakan beberapa metode yang cukup mudah pula untuk dilakukan oleh orang awam atau user biasa yang tidak memiliki pengetahuan komputer.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar