Meningkatkan Sinyal Wi-Fi Saat Bekerja Dari Rumah

Dengan pandemi coronavirus yang sedang berlangsung, orang-orang telah diperintahkan untuk tinggal di rumah dan menerapkan  social distancing. Kantor meminta karyawan mereka untuk bekerja dari rumah selama periode yang mungkin meningkat menjadi dua atau tiga minggu lagi. Dalam skenario ini, koneksi Wi-Fi yang tepat wajib untuk kamu miliki.

Kamu mungkin telah berinvestasi dalam koneksi broadband yang baik. Tetapi mungkin ada beberapa masalah yang dapat memperlambat kecepatan internet. Kami membuat daftar cara untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi saat bekerja dari jarak jauh dari rumah Kamu.

Wi-Fi

Penempatan Router Wi-Fi Yang Optimal

Jika kamu menerima sinyal hanya ketika berdiri tepat di sebelah router, kamu perlu mengubah lokasinya. Penempatan router dapat memengaruhi jangkauan wireless. Untuk kekuatan sinyal yang lebih baik, letakkan router di tengah rumah, jauh dari dinding. Jangan letakkan di dalam kabinet atau letakkan di ujung rumah. Pastikan juga tidak ada barang elektronik di dekatnya.

Lihat Frekuensinya

Jika kamu memiliki router dual-band, pastikan untuk mengkonfigurasinya untuk kinerja optimal. Ini mungkin merupakan band 5GHz alih-alih band 2.4GHz yang lebih umum. Pita yang lebih tinggi menawarkan kecepatan yang lebih cepat dan lebih sedikit gangguan dari jaringan dan perangkat wireless lainnya. Namun, band 5GHz tidak menangani penghalang dan juga tidak mencapai sejauh sinyal 2,4GHz. Jadi, pilih frekuensi router sesuai kebutuhan.

Atur pilihan channel ke Otomatis

Jika tinggal di daerah padat penduduk, sinyal dari jaringan wireless lain mungkin mempengaruhi sinyal terhubung ke perangkat. Setel router ke mode pemilihan otomatis sehingga router dapat memilih channel yang paling baik untuk kamu. Namun, jika router tidak memiliki opsi pemilihan channel Otomatis, kamu dapat secara manual memilih channel yang paling cocok.

Gunakan alat Yang berkualitas

Sebagian besar router modern akhir-akhir ini hadir dengan alat Quality of Service atau QoS yang memungkinkan menetapkan prioritas untuk berbagai jenis tugas. Kamu dapat mengatur bandwidth untuk panggilan video, unduhan file, atau penggunaan lengkap beberapa aplikasi. Dengan cara ini, streaming video tidak akan berhenti ketika seseorang mencoba mengunduh file besar melalui internet.

Pastikan Hardware Beroperasi Dengan Baik

Lebih baik meng-upgrade router dan menyingkirkan hardware lama. Peralatan lama kadang-kadang tidak cocok untuk firmware baru dan akhirnya memberikan bandwidth rendah. Kamu juga dapat menambahkan antena eksternal ke router  jika tidak ada. Antena terarah sering bekerja lebih baik untuk sinyal yang lebih kuat.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar