Menilik Seberapa Pentingnya Matematika dalam Teknologi Terkini

Menilik Seberapa Pentingnya Matematika dalam Teknologi Terkini

Jika berbicara mengenai ilmu pengetahuan, tentu akan sulit dipisahkan dari matematika. Mata pelajaran yang bisa dibilang paling dibenci ini ternyata memiliki peranan penting dalam teknologi. Lantas, bagaimana pentingnya matematika dalam teknologi?

Era modern seperti saat ini membuat berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami kemajuan yang pesat di berbagai bidang. Dengan ilmu pengetahuan yang berkembang pesat, tentunya akan berdampak besar pada pola kehidupan masyarakat.

Kontribusi Matematika dalam Bidang IT

Berbagai teknologi yang ada saat ini sejatinya tidak terlepas begitu saja dari berbagai penerapan ilmu matematika. Ilmu eksakta yang satu ini bisa dibilang menjadi pondasi yang besar bagi terciptanya berbagai kemajuan teknologi yang berkembang saat ini.

Ambil contoh yang paling dekat dengan kehidupan kita saat ini adalah penggunaan smartphone. Kelebihan smartphone seperti melakukan berbagai kegiatan browsing, chatting, hingga berbelanja secara online tidak terlepas dari berbagai program yang disusun menggunakan logika matematika.

Matematika memiliki banyak kontribusi besar dalam berbagai perkembangan teknologi. Apalagi, matematika bisa dibilang menjadi salah satu ilmu dasar yang terkait dengan komputer dan ilmu teknologi. Ada berbagai penerapan ilmu matematika dalam bidang teknologi informasi seperti:

Probabilitas

Sebenarnya probabilitas mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya pada bidang pemrograman, namun juga bidang ilmiah, industri, pemerintahan, bahkan masalah-masalah lainnya.

Probabilitas akan mengetahui bagaimana sebuah program dalam melakukan evaluasi dalam sebuah hasil. Mudahnya, kemungkinan yang terjadi dihitung dengan nilai 0 dan 1 di mana 1 adalah kejadian yang pasti terjadi sedangkan 0 adalah kejadian yang tidak akan terjadi.

Jika nilai probabilitas semakin dekat ke angka 0, maka semakin kecil juga kemungkinan akan terjadi. Begitu pula sebaliknya jika semakin dekat ke angka 1, maka akan semakin besar pula peluang terjadi.

Algoritma

Adalah urutan langkah-langkah yang digunakan untuk memecahkan berbagai permasalahan masalah. Karena berkaitan dengan dunia IT, maka langkah-langkah tersebut dilakukan dengan menggunakan perintah komputer alias bahasa pemrograman sehingga hal inilah yang membuat pentingnya matematika dalam teknologi.

Dengan adanya algoritma, kita dapat mengatasi masalah yang sederhana sampai dengan yang kompleks sekalipun. Akan tetapi dengan ilmu matematika program yang dibuat harus mampu menggunakan bahasa yang dipahami komputer. Selain itu, adanya algoritma dapat mengatasi masalah logika secara berurutan.

Kalkulus

Buat Anda yang pernah belajar sistem komputer atau teknik informasi, tentu tidak asing lagi dengan ilmu yang satu ini. Ya, kalkulus banyak digunakan untuk membaca berbagai data dalam bentuk biner. Terdiri dari sejumlah persamaan matematika seperti turunan, limit, integral, dan deret tak terhingga.

Dalam bidang sains dan teknik, kalkulus digunakan untuk memecahkan masalah yang kompleks. Komputer akan membaca data dalam bentuk bilangan biner sementara ilmu kalkulus lebih banyak berkaitan dengan cara mencari bilangan biner itu sendiri.

Logika

Hal yang juga tidak kalah penting berkontribusi adalah logika. Inilah pentingnya matematika dalam teknologi yang memang tidak dapat dipisahkan dari logika.

Penerapannya dapat digunakan untuk berbagai dasar pengembangan perangkat keras maupun lunak, misalnya pada penulisan sejumlah bahasa pemrograman. Logika dalam teknologi juga sangat penting, salah satunya dalam menentukan alur pengembangan sebuah aplikasi, bahasa pemrograman, dan sebagainya.

Contoh Penerapan Matematika dalam Berbagai Teknologi

Berkembangnya matematika dalam bidang teknologi memiliki peran yang cukup besar dan pastinya penting. Matematika menciptakan logika sebagai dasar bahasa pemrograman di mana bahasa pemrograman sendiri menggunakan bilangan biner yang operasinya memakai ilmu aljabar.

Matematika adalah dasar untuk menentukan dan mengembangkan bit komputer, jaringan komputer, dan sebagainya. Namun, tidak cuma itu lho sebab ada beberapa penerapan ilmu matematika yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari termasuk pada teknologi.

Pengembangan perangkat lunak

Perkembangan ilmu matematika yang pesat tentunya berdampak luas terhadap kemajuan teknologi dan segala hal di dalamnya. Bahkan tetap saja ilmu matematika juga diharuskan untuk beradaptasi.

Berbagai penerapan ilmu matematika seperti algoritma hingga logika selalu digunakan dalam berbagai pengembangan software. Prinsip-prinsip logika hampir selalu dipastikan ada dalam setiap bahasa pemrograman.

Algoritma juga akan selalu digunakan untuk pembuatan berbagai perangkat lunak karena algoritma memuat urutan langkah pemecahan masalah menggunakan perintah komputer. Hubungan yang saling terkait ini dapat membuat sebuah aplikasi atau perangkat lunak memiliki fungsi yang maksimal.

Dalam menyusun berbagai software, logika matematika senantiasa digunakan. Hal ini dapat dilihat dari sejumlah coding yang dipakai, struktur data, sistem digital, rekayasa dari perangkat lunak, dan lain sebagainya yang menggunakan logika secara intensif.

Ada juga penerapan ilmu matematika yang lain seperti menghemat ukuran file menggunakan algoritma, pemrograman komputer hingga penggunaan segitiga pascal dalam berbagai kebutuhan.

Pembuatan perangkat keras

Penggunaan ilmu matematika sejatinya juga tidak jarang dipakai dalam proses pembuatan hardware atau perangkat keras komputer. Meskipun banyak orang menganggap bahwa ilmu matematika hanya dapat digunakan pada pembuatan software, pada kenyataannya tidak seperti itu.

Peranan matematika dalam ranah teknologi informasi di bidang hardware bisa dilihat pada saat pengembangan processor komputer. Adapun pentingnya matematika dalam teknologi dapat dilihat pada operasi matematika dalam processor yang dijadikan sebagai dasar untuk menerjemahkan perintah user.

Jika seorang pengembang processor ingin menghasilkan kinerja yang lebih cepat dan efisien, maka perlu paham dengan perintah-perintah dasarnya. Perintah inilah yang kemudian diterjemahkan oleh persamaan matematika sebagai dasar berbagai pengembangan.

Contoh lainnya seperti pada penggunaan harddisk dalam menyimpan atau mem-back up data. Adapun data-data yang disimpan akan terbaca dalam angka biner 0 dan 1. Dengan ilmu matematika, penyimpanan file dalam berbagai ukuran bisa disesuaikan dengan kapasitas harddisk tersebut.

Prediksi hal-hal penting

Penerapan matematika juga banyak dilakukan pada berbagai permodelan untuk menghitung peluang, prediksi, dan sebagainya. Sebagai contoh pada penghitungan dan identifikasi peluang penyebaran Coronavirus. Teknologi penelitian ini bisa menggunakan model stokastik yang kemudian menerapkan permodelan acak berdasarkan sejumlah data primer hingga berbagai data sekunder.

Ada juga beberapa penelitian yang dapat memprediksi kunjungan wisatawan dalam beberapa waktu. Perkembangan teknologi yang saat ini tengah berkembang ditandai dengan adanya sejumlah model penelitian yang mampu membuat para ilmuwan memprediksi berbagai kemungkinan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan kalau ilmu matematika yang lebih mengedepankan penghitungan secara sistematis dan logis tentunya membuat prediksi dan peluang tersebut dapat dihitung secara rasional.

Melihat peranannya yang begitu besar dalam perkembangan ilmu teknologi informasi dan komputer, tentu semuanya ini memberikan banyak kemudahan dalam membantu pekerjaan manusia. Permodelan masalah yang dihadapi dapat diselesaikan secara logis dan matematis sehingga pentingnya matematika dalam teknologi tidak dapat terpisahkan sampai kapan pun.

Nah, itulah beberapa hal penting yang berkaitan dengan matematika dan teknologi. Bagaimana, tertarik mendalami lebih jauh mengenai ilmu pasti ini?

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Menilik Seberapa Pentingnya Matematika dalam Teknologi Terkini flagcounter