Mengoptimalkan Google Drive Dengan Simple Part 2

Mengoptimalkan Google Drive Dengan Simple Part 2

Artikel mengoptimalkan Google Drive ini adalah lanjutan dari tips sebelumnya. Kali ini ada beberapa Tips dan Trik yang bisa kamu coba dan lakukan. Walaupun jika dilihat hal ini cukup simple, tetapi cara ini cukup bisa untuk sedikit membantu menggosongkan ruang dalam penyimpan itu.

Google Drive sendiri sudah banyak digunakan hampir oleh orang di seluruh Dunia. Alasanya yang pertama mungkin hal ini karena sudah terhubung dengan Gmail dan juga gratis. Apalagi kecepatan pemrosesan data juga sangat cepat dan juga handal. Kita tentu tidak akan meragukan kualitas dari produk Google yang terkenal ini. Nah langsung saja lihat dibawah ini caranya.

Google Drive

Optimalkan Google Drive Dari Konversi Dokumen

Kamu tahu Google memiliki office suite online sendiri yang disebut Google Documents. Seperti suite MS Office tradisional, Google Documents memungkinkan kamu membuat dokumen seperti Word, spreadsheet mirip Excel, dan presentasi seperti PowerPoint.

Terlebih lagi, semua file yang dibuat dengan Google Documents tidak diperhitungkan dalam penyimpanan Drive. Jadi, jika kamu memiliki MS Office atau file kantor lainnya yang tersimpan di penyimpanan, saatnya mengubahnya ke format ini untuk menghemat ruang penyimpanan.

Di sini kita akan melihat bagaimana cara mengubah spreadsheet MS Excel ke Google Sheet:

  • Buka Google Drive di Browser, temukan file yang ingin dikonversi, klik kanan pada file tersebut, dan pilih Buka dengan diikuti oleh Google Sheets.
  • Ketika file dibuka, klik pada menu File di bagian atas dan pilih Save as Google Sheets .
  • Ini akan dengan cepat mengkonversi dan meluncurkan versi Google Docs dari spreadsheet.
  • Sebagian besar item dokumen asli akan utuh. Namun, mungkin ada beberapa fitur yang tidak terbawa selama konversi. Simpan file asli  dan kecuali kamu telah memverifikasi dan memastikan versi yang dikonversi memiliki semuanya.

Simpan Objek yang Tidak Didukung di Google Documents

Google Drive hanya menyediakan penyimpanan tanpa batas gratis untuk beberapa jenis file. Jika memiliki bukan salah satu dari jenis file yang didukung, kamu dapat menggabungkannya dengan jenis file yang didukung untuk mendapatkan penyimpanan tanpa batas gratis.

Misalnya, jika memiliki gambar yang tidak ingin dimodifikasi, kamu dapat membuat dokumen Google Documents dan meletakkan gambar di sana. Karena dokumen Google Documents mendapatkan penyimpanan gratis, gambar di dalam dokumen juga akan mendapatkan hak istimewa yang sama.

Mengetahui beberapa tips pengoptimalan ini akan membuat kamu tidak membeli paket penyimpanan berbayar. Karena yang gratis akan bertahan seumur hidup untuk kamu dengan beberapa implementasi cerdas.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Mengoptimalkan Google Drive Dengan Simple Part 2