Mengenal Fitur Filezilla dan Fungsinya

Mengenal Fitur Filezilla dan Fungsinya

Untuk dapat terhubung pada server hosting serta menangani seluruh file yang tersimpan di dalamnya saat ini FileZilla semakin banyak diminati. Selain FTP client atau FileZilla sebenarnya Anda juga dapat melakukan pengelolaan file dengan aplikasi yang lain atau drag and drop File Manager.

Anda bisa menggunakan alternative tersebut jika merasa lebih nyaman melakukannya daripada FTP. Simak ulasan berikut untuk mengetahui pengertian FileZilla dan poin-poin penting lainnya yang berkaitan.

Singkatnya, FileZilla adalah software open source yang dapat dibagikan dan digunakan dengan cuma-cuma untuk memudahkan Anda mentransfer data berukuran besar secara singkat dan aman. Saat ini mayoritas hosting mempunyai space yang terbatas saat harus mengunggah file melalui script atau PHP. Tetapi keterbatasan semacam ini tak terjadi saat upload file dalam bentuk FTP. Inilah sebabnya software ini merupakan perangkat yang baik dan akan sangat bermanfaat bagi para pengembang website.

Satu lagi keunggulan software ini adalah userfriendly atau gampang digunakan sehingga semakin popular di kalangan FTP client yang lain. FileZilla juga support terhadap berbagai system operasi mulai dari Windows, BSD, MAC OS X, Linux, dan sebagainya. FTP yang satu ini juga melengkapi layanannya dengan beragam fitur dan bahasa, yaitu bookmarks, queues transfer, Site Manager, dan sebagainya.

filezilla

Menggunakan FileZilla

Sebelum mulai menggunakan FileZilla Anda harus melakukan instalasi dulu kemudian mengumpulkan informasi login FTP pada hosting Anda. Berikut langkah-langkahnya,

1. Cara mengumpulkan informasi FTP

Untuk membangun koneksi dengan software FTP ini terlebih dahulu Anda harus mendapatkan informasi FTP. Temukan informasi dimaksud pada control panel FTP Acceess di bagian bawah category Files.

Pada bagian FTP Access Anda akan menemui FTP Hostname, FTP Port, FTP Password, dan FTP Username yang diperlukan dalam menjalankan FileZilla. Jika tak ingat password FTP Anda lakukan reset dengan klik tombol Change account password. Demikian pula bila lupa memperbolehkan akses FTP misalnya kepada teman atau developer, Anda bisa membuat user FTP terpisah melalui control panel di akun FTP.

2. Menghubungkan Site Manager pada FileZilla

Bukalah FileZilla dan akses Site Manager untuk menambahkan situs kepada FileZilla. Anda dapat melakukan akses pada Site Manager ini dengan menekan CMD + S pada Mac atau CTRL + S pada Site Manager. Alternatif lainnya adalah klik pada aplikasi FileZilla ikon di bagian kiri atas.

3. Menambahkan situs pada Site Manager

Setelah mengakses Site Manager agar terhubung kepada FTP Anda juga perlu menambahkan situs kepada Site Manager. Cara melakukannya adalah dengan klik tombol “New Site” pada aplikasi dan isi detail informasi seperti yang diperlukan, yaitu:

  • Host – Diisi dengan nama domain sebagai host dengan format ftp.namadomainanda.com. Informasi ini juga dapat ditemukan pada layanan hosting yang Anda gunakan.
  • Port – Port data umumnya adalah 21 untuk server FTP, default port FTP. Bila tidak tahu tidak masalah karena kolom tersebut tidak wajib diisi.
  • Protocol – Manfaat fitur ini adalah untuk saling berbagi file melalui koneksi apa saja. untuk itu pilihlah FTP atau Fle Transfer Protocol.

Istilah yang perlu dipahami terkait dengan pengoperasian FileZilla:

1. FTP

“File Transfer Protocol”, yaitu layanan internet yang dibuat secara spesifik untuk membuat akses kepada server internet tertentu atau bisa juga computer. Dengan demikian user dapat melakukan download atau transfer file baik kepada komputer sendiri atau upload (mentransfer file sendiri) kepada server atau komputer.

2. SFTP

“Secure File Transfer Protocol”, yaitu fitur pengaman untuk memastikan keamanan transfer data dengan jalur data pribadi. Fitur ini merupakan protokol transmisi data standar untuk diterapkan pada protokol SSH2. Server SFTP umumnya menerapkan port 22 dan FTP melalui SSL / TLS (mode implisit) dengan port 990 secara default.

3. Encryption

Ini adalah pilihan tentang enkripsi data Anda. Mayoritas provider merekomendasikan penggunaan Only user plan FTP (insecure). Alasannya penggunaan metode lain akan meminta Anda membuat sertifikat serta konfigurasi yang lain. Anda bisa memilih icon User explicit FTP over TLS if available. Tetapi bila Anda berniat menggunakan metode enkripsi lainnya dengan terhubung dengan server, hubungilah hosting yang Anda gunakan untuk mendapatkan bantuan.

4. Logon Type

Ini adalah berbagai tipe login, yaitu:

  • Anonymous: Dengan mode ini Anda tidak perlu menginput username dan password. Ini karena username yang tertera akan selalu tertulis “Anonymous”.
  • Normal: Mode ini dijalankan sebagaimana biasa yaitu dengan menginput nama pengguna dan jika diminta sekaligus juga password.
  • Ask for password: Tipe FileZilla membutuhkan password untuk melakukan login dan selama sesi pengoperasian berjalan akan mengingat password tersebut.
  • Interactive: Untuk tipe yang satu ini setiap kali ada koneksi baru pada server FileZilla akan meminta password untuk bisa berfungsi.
  • Account: Pada opsi akun pada setting bookmark akan muncul kolom account. Akun dimaksud hanya khusus untuk FTP, sementara SFTP tidak support tipe ini

Perlu digarisbawahi bahwa yang dimaksud user dalam hal ini adalah username akun FTP yang Anda gunakan untuk terkoneksi kepada FTP, sementara password adalah kata kunci akun FTP. Tentukanlah logon Type yang rekomendasinya adalah dibuat dalam mode normal dahulu kemudian baru menginpult username serta password.

Perhatikan bila domain tak menuju pada hosting Anda, hostname ftp.namadomainanda.com tidak akan berlaku. Alternatifnya adalah menggunakan IP server saat membuat FTP.

5. Terkoneksi dengan FTP server

Setelah input seluruh informasi berikutnya adalah klik tombol connect atau OK dan Anda akan segera terkoneksi kepada server. Sebelumnya cek kembali apakah seluruh informasi sudah benar dan periksa password Anda. Pada layar Anda akan mendapati layar inspeksi TLS certificate dan tinggal klik OK.

Buat tanda cek pada dialog box Always trust certificate in future sessions agar tak perlu mengulang-ulang prosedur setiap kali ingin membuat sambungan FTP dengan software FileZilla. Bila seluruh langkah di atas telah dilakukan dengan benar layar Anda akan menampilkan isi direktori dari server FTP Anda. Bila Anda merasa telah melakukan panduan di atas tetapi koneksi tidak berhasil diadakan mintalah bantuan kepada layanan jasa hosting Anda.

Aplikasi FileZilla mungkin mengalami error 530 Login Authentication failed yang artinya Anda salah mengibput username atau bisa juga kesalahan pada pengetikan password FTP. Lakukan reset ulang password serta update konfigurasi Anda dengan username dan kata kunci yang benar. Jangan lupa cek kembali kebenaran data yang Anda masukan.

Mungkin saja program FileZilla Anda memunculkan tampilan Connection established, initializing TLS… dan tidak terjadi koneksi. Bila demikian cobalah membuka File -> Site Manager dan melakukan perubahan Encryption menjadi Only use plain FTP (insecure). Bila sudah berhasil menghubungkan FileZilla serta terkoneksi pada server FTP, sekarang Anda dapat melakukan pengelolaan file hanya dari satu tempat termasuk download dan upload.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Mengenal Fitur Filezilla dan Fungsinya